Mobil Reviews

Mobil Legendaris yang Kian Terkikis

Suzuki Carry Futura (Foto Youtube)

Bagi pecinta otomotif yang sudah berumur lebih dari 24 tahun, tentu rasanya paham dengan Suzuki Carry Futura. Yap, di era 1990-an mobil ini menjadi salah satu mobil yang kerap menghiasi jalanan Ibukota. Mobil ini menjadi salah satu mobil yang cukup laris di zamannya, karena punya berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitornya saat itu.

Mobil ini adalah Suzuki Carry Futura yang merupakan mobil keluarga, mampu mengangkut penumpang hingga 9-10 orang. Terdengar lucu? Memang hehehe. Jadi begini, 4 penumpang dapat duduk secara berhadapan di baris paling belakang atau baris ketiga. Di baris kedua, dapat diisi hingga 3 orang dan 2 orang lagi duduk di bagian depan mobil ini.

Pertama kali meluncur, mobil ini saling berbagi platform dengan Mitsubishi Colt T120ss yang kala itu menjadi salah satu competitor terdekatnya. Sampai saat ini, mobil ini masih diproduksi dalam bentuk minibus oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Di tangan beberapa perusahaan karoseri seperti Adiputro, mobil ini berubah nama menjadi Suzuki Adventura.

Sesaat meluncur pertama kali, mobil ini tersedia dalam beberapa tipe mesin seperti 1.300 cc, 4 silinder karburator yang keluar pertama kali tahun 1991. Setelah itu keluar Suzuki Carry Futura bermesin 1.600 cc karburator.

Sayangnya, karena ada peraturan pajak barang mewah untuk mobil diatas 1.500 cc, Suzuki akhirnya mengganti tipe 1.600 cc ini dengan mesin G15 1.500 cc multi point injection yang juga digunakan pada Suzuki APV. Salah satu kelebihan dari mobil ini adalah kuat dan tidak mudah rusak!

Nggak percaya? Lihat saja angkutan umum dan juga beberapa mobil yang kerap digunakan untuk mengangkut sayuran dan kendaraan dinas ini selalu punya performa yang bagus. Spare part yang sangat melimpah menjadikan mobil ini benar-benar bandel. Itu kan versi beberapa puluh tahun yang lalu, gimana ya Suzuki Carry Futura yang versi lebih modern ini?

Suzuki Carry Futura Mempertahankan Desain Lawas (Foto: Mobil Motor Lama)

Desain Tak Banyak Berubah

Suzuki Carry Futura ini memiliki dimensi panjang 3.875 mm, lebar 1.570 mm dan tinggi 1.915 mm. Di zamannya, mobil ini memiliki ground clearance yang cukup baik diantara mobil lainnya. Kala itu, mobil ini berhadapan secara langsung dengan Toyota Kijang sebagai salah satu competitor mobil keluarga.

Secara tampilan, mobil ini tidak memiliki desain yang berbeda dibandingkan dengan saat pertama kali meluncur. Desain, dimensi, eksterior dan interiornya seakan abadi tak pernah berubah.

Nasibnya sama-sama lah kaya Isuzu Panther yang modelnya gitu-gitu aja hehe. Bagian desain depan mobil ini masih terlihat sangat kuno, karena benar-benar tidak ada ubahan sejak zaman dahulu.

Di sisi samping, mobil ini menggunakan pintu model geser di bagian tengah. Bentuk bodinya memang memberi kesan kotak dari depan hingga belakang. Di bagian belakang, mobil ini punya pintu bagasi yang sangat besar dan lebar. Velgnya menggunakan ukuran 13 inci yang dilapis dengan ban berukuran 175/70. Ban ini tentu saja cukup kecil jika dibandingkan dengan mobil yang ada di pasaran saat ini.

Interior Suzuki Futura

Bagian dalam dari Suzuki Futura benar-benar sangat sederhana. Bagi Anda yang tidak suka kemewahan, mobil ini layak dibeli karena tidak menggambarkan kesan mewah, elegan, dan juga nuansa mahal saat Anda duduk di dalamnya. Tapi, di zaman dahulu interior mobil ini menjadi salah satu yang paling nyaman lho.

Dashboardnya benar-benar sangat sederhana. Jika melihat kondisi interiornya saat ini, tentu saja ini akan menjadi salah satu mobil yang cukup mengenaskan karena tidak pernah mendapatkan penyegaran walaupun masih dijual hingga saat ini. Panel instrument cluster juga masih menggunakan model jarum analog, belum mendapatkan sentuhan digital. Duh, jadi harus menghela nafas panjang lagi deh. Fyuuuuuuhh!

Kabin Jadul Khas Suzuki Carry Futura

Di sisi kiri dan kanan pintu depan, Anda akan mendapatkan pembuka kaca dengan model window by power, alias membuka kacanya harus pakai tenaga, masih engkol brooo. Jangan harap ada perangkat elektronik pada mobil ini, karena semuanya masih manual. Tapi, inilah yang menjadi nilai ekonomis dari mobil ini. Karena semuanya masih pakai tenaga, jadinya nggak perlu ribet lagi mikirin buat benerin ini itu saat macet.

Di baris kedua, joknya memang terasa cukup besar dan lebar. Tapi, biasanya kalau masuk di baris kedua ini agak berebut tempat duduk. Hayo, yang umurnya udah lebih dari 24 tahun pasti tau alasannya. Soalnya bagi yang duduk di bagian tengah, Anda akan mendapatkan bagian potongan jok. Makanya, penumpang di baris kedua biasanya mau duduk di bagian samping baris kedua supaya dekat kaca. Di baris ketiga, tempat duduknya itu lebih seru lagi.

Dengkul bisa saling mentok cyiin, soalnya duduknya hadap-hadapan gitu deh hehehe. Tapi, justru karena posisi duduk yang seperti itu, mobil ini jadi salah satu mobil yang bisa membuat akrab antar keluarga yang menumpang. Nggak bisa deh tuh yang namanya sebel sama salah satu orang keluarga, soalnya pasti nempel atau dempet-dempetan.

Performa Mesin Suzuki Futura

Karena masih diproduksi, Suzuki Futura di zaman modern dibekali dengan mesin berkode G15A berkapasitas 1.493 cc, 4 silinder segaris yang dapat mengeluarkan tenaga 78,8 hp dengan torsi 120 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang melalui transmisi manual 5 percepatan. Mobil ini sebenarnya tidak punya performa yang di atas rata-rata, hanya saja konsumsi bahan bakar dari mobil ini sangat layak untuk diacungi jempol. Mantap djiwa iritnya broooo!

Kira-kira suspensi yang dimiliki oleh Suzuki Futura seperti apa ya? Kini, Suzuki menanamkan Sistem Kemudi Rack & Pinnion, Suspensi Depan MacPherson Strut & Coil Spring serta Suspensi Belakang Leaf Spring. Untuk pengeremannya, rem depan memakai system Ventilated disc di bagian depan, dan drum, leading & trailing di bagian belakang. Jangan harap ada fitur seperti ABS, EBD, VSC, dsb nya ya. Karena mobil ini masih benar-benar kuno.

Dalam website resmi Suzuki, mobil ini ditawarkan kepada masyarakat Indonesia hanya dalam satu varian warna saja yakni putih. Sedangkan untuk harganya, mobil ini dijual di harga Rp 152 jutaan untuk model RV dan GX.  Terlalu mahal? Memang mobil ini cukup mahal. Tetapi jika Anda mencari mobil yang dapat diajak untuk bekerja, Carry Futura ini jadi salah satu alternatif pilihannya.

Spesifikasi Suzuki Carry Futura

Memang tak banyak impresi mengenai mobil ini, tetapi mobil ini menjadi salah satu mobil nostalgia yang cukup menarik bagi Anda yang tinggal di era 1990-an.

Suzuki Carry Futura

DIMENSI

 

Panjang Keseluruhan 3.875 mm
Lebar Keseluruhan 1.570 mm
Tinggi Keseluruhan 1.915 mm
Jarak Poros Roda 1.970 mm
Jarak Pijak Depan 1.345 mm
Jarak Pijak Belakang 1.330 mm
Jarak Terendah 187mm
Radius Putar Minimum 4.2 m

 

MESIN

 

Jenis G15A
Isi Silinder 1493 cc
Jumlah Katup 16
Jumlah Silinder 4 In-Line
Diameter x Langkah 75 x 84.5 mm
Perbandingan Kompresi 8.95:1
Daya Maksimum 78.8PS/5.500rpm
Momem Puntir Maksimum 120Nm/3000rpm
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection

TRANSMISI

Perbandingan Gigi Akhir 3.727 (5M/T)
Ratio Gear
Gear MT
1 3.579
2 2.094
3 1.530
4 1.000
5 0.855
Mundur 3.727

BERAT

Berat Kosong 1.070 kg
Berat Kotor 1.745 kg

RANGKA

Sistem Kemudi Rack & Pinnion
Suspensi Depan MacPherson Strut & Coil Spring
Suspensi Belakang Leaf Spring
Rem Depan Ventilated disc
Rem Belakang Drum, Leading & Trailing
Ukuran Ban 175/70 R13

KAPASITAS

Tempat Duduk 7-9 Orang
Tangki Bahan Bakar 42 Liter

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts

/