Reviews

Test Drive All New Honda HR-V SE, Menyusuri Keindahan Pulau Dewata

Setelah mencicipi All New Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika, Lombok, kami pun melanjutkan perjalanan ke Pulau Bali untuk melanjutkan sesi test drive bersama All New Honda HR-V SE. 

Pada test drive kali ini kami berkesempatan mengajak All New Honda HR-V SE untuk menyusuri Pulau Dewata.

Seperti apa impresinya?

Test Drive All New Honda HR-V SE

Pada test drive All New Honda HR-V SE ini kami diharuskan untuk mendatangi beberapa lokasi yang sudah disediakan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Kami memulai perjalanan dari Rumah Luwih di daerah Gianyar, Bali.

test drive hr-v se

Deretan All New Honda HR-V SE saat test drive di Bali. (Foto: Rizen/Carmudi)

Dari titik tersebut, kami melanjutkan ke beberapa lokasi seperti Pantai Melasti Ungasan, Seminyak, dan berakhir di Nusa Dua. 

Sebelum memulai test drive All New Honda HR-V SE, saya pun mengatur posisi duduk ideal. Posisi duduknya terbilang nyaman berkat jok semi bucket dengan bahan kulit yang digunakan.

Spionnya pun sudah dibekali pengaturan elektrik dengan pelipatan otomatis. Selain itu head unit tipe SE memakai ukuran 8 inci dengan pengaturan layar sentuh. 

Test drive All New Honda HR-V SE di Bali, photo: Rizen/Carmudi

Warna Sand Khaki Pearl Two Tone All New Honda HR-V SE. (Foto: Rizen/Carmudi)

Enaknya lagi, head unit tersebut bisa langsung terkoneksi dengan smartphone connection dan bluetooth connection. Cocok sekali untuk digunakan oleh anak muda yang menginginkan banyak teknologi pada mobil hariannya.

Performa Mesin All New Honda HR-V SE

Di atas kertas All New Honda HR-V SE dibekali dengan mesin 1.497 cc, 4 silinder, DOHC, 16 katup, VTEC, drive by wire. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 119 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm.

Spesifikasi Mesin All New Honda HR-V SE

Jenis mesin  4 silinder sejajar
Kapasitas  1.497 cc non turbocharg (Tipe S, E, SE)
Teknologi mesin DOHC, i-VTEC, drive by wire
Tenaga  119 hp @6.000 rpm
Torsi  145 Nm @4.300 rpm
Transmisi  Otomatis CVT 
Harga  Rp403,1 juta OTR Jakarta 

Harus diakui jika tenaga mesin yang dihasilkan All New HR-V SE ini berada jauh di bawah varian RS. Hal tersebut dikarenakan varian S, E, dan SE tidak dibekali dengan turbocharge.

Namun performanya bisa dibilang cukup untuk digunakan di dalam kota. Beberapa orang mengatakan jika tenaga di putaran bawah mesin ini terasa lemot dan kurang bertenaga.

test drive hr-v se

Performa All New Honda HR-V SE saat test drive di Bali masih terasa cukup baik meski non-turbo. (Foto: Rizen/Carmudi)

Apakah demikian? Menurut kami, performa mesin All New HR-V SE ini terbilang oke dan lebih bertenaga dibanding generasi sebelumnya.

Untuk bisa mendapatkan tenaga optimal, pengemudi harus paham bagaimana cara mengemudi mobil dengan transmisi otomatis CVT. Triknya hanya satu, injak pedal gas secara bertahap agar lonjakan tenaga bisa dirasakan di setiap putaran RPM-nya.

Dari daerah Gianyar, kami menuju kawasan Pantai Melasti Ungasan yang punya kontur jalan menanjak. Kami melewati jalan tol Bali Mandara yang dilanjutkan menuju Jl. Dharmawangsa.

Fitur Honda Sensing

Di jalan tol kami mencoba untuk menggunakan fitur Honda Sensing yang ditanamkan oleh Honda. Dalam fitur tersebut terdiri dari adaptive cruise control with low speed follow yang membuat kecepatan mobil dengan kendaraan di depan tetap terjaga otomatis.

Ketika adaptive cruise control dinyalakan, pengemudi diharapkan tetap memegang setir. Jika terlena saat melepas setir, maka mobil akan memberikan peringatan ketika setir tidak mendapatkan respon dari pengemudi selama 10-12 detik.

test drive hr-v se

Menariknya lagi, ada beberapa fitur lain yang terdapat pada Honda Sensing All New HR-V SE. Seperti di antaranya road departure mitigation system, auto high beam, lead car departure notification system, serta collision mitigation braking system.

Fitur keselamatan tersebut kini sudah tersedia dalam semua varian All New Honda HR-V mulai dari tipe S, E, SE, hingga RS. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi pecinta HR-V lantaran mobil idaman mereka kini sudah memiliki fitur keselamatan yang canggih. Top!  

Agar lebih lengkap menikmati suasana Bali, kami pun membuka panoramic sunroof yang ada di atas. Jujur saja, ketika penutup atau cover panoramic dibuka, suasana kabin menjadi terkesan sangat luas berkat penggunaan kaca yang lebih besar dari generasi sebelumnya.

Fitur Baru

Jangan lupa juga jika All New HR-V baru kini dilengkapi dengan beberapa fitur baru. Salah satu fitur yang kami suka adalah kisi AC yang disebut air diffusion outlet yang kini bisa mengatur arah semburan.

kisi ac hr-v

Kisi AC air diffusion outlet All New Honda HR-V. (Foto: Rizen/Carmudi)

Mode pertama AC akan menyemburkan ke sisi samping hingga atas, lalu mode kedua semburan akan mengarah kepada penumpang. Sementara mode ketiga menutup aliran udara sehingga penumpang bisa mengatur sesuai kebutuhan mereka.

Fitur lain yang cukup menarik yakni pelipatan jok baris kedua dengan long mode, utility mode, dan tall mode. Pengemudi bisa membawa barang sesuai kebutuhan dengan cara melipat jok baris kedua secara sebagian, rata lantai, ataupun pelipatan ke arah atas.

Sementara itu fitur baru yang cukup menarik ada electrostatic touch LED map light. Untuk mematikan dan menyalakan lampu kabin di atas, penumpang hanya perlu menyentuh bagian lampunya saja dan lampu akan menyala secara otomatis.

test drive hr-v se

Ini menjadi fitur baru yang ada di setiap All New Honda HR-V. Tak lupa juga Honda masih menyisipkan fitur hand-free access power tailgate with walk away close.

Untuk membuka bagasi, kini Anda hanya perlu mengayunkan kaki ke bagian bawah bumper belakang dan bagasi akan terbuka. Untuk menutupnya, cukup menjauh dari mobil dan bagasi akan otomatis tertutup dengan sempurna.

Oh iya, yang paling penting adalah kunci remote kini sudah dibekali fitur remote engine start untuk menyalakan mesin dan AC dari jauh. So, nggak ada lagi deh cerita kepanasan begitu masuk mobil saat mobil terjemur di bawah sinar matahari.

Suspensi Nyaman

Lalu, bagaimana dengan suspensinya? Sepanjang perjalanan kami dihadapkan dengan kontur jalan aspal perkotaan yang mulus walaupun ada sesekali jalan bergelombang.

All New Honda HR-V SE ini punya karakter suspensi yang nyaman. Bisa dibilang suspensinya tak empuk tetapi juga tak terlalu keras, pas untuk digunakan di perkotaan. 

Di bagian kaki depan Honda menggunakan suspensi MacPherson Strut, sementara di belakang memakai H-Shape torsion beam. Oh iya, pelek memakai ukuran 18 inci yang dibalut ban ukuran 225/50. 

Sistem pengeremannya pun juga sangat oke dan pakem berkat penggunaan ventilated disc brake di depan dan solid disc di belakang. Pengemudi juga tak perlu khawatir saat melakukan pengereman mendadak, sebab seluruh rem sudah dibekali dengan ABS.

Fitur Keselamatan

Selain Honda Sensing, All New Honda HR-V SE juga masih memiliki beberapa fitur keselamatan. Di antaranya brake assist, electronic brake distribution, sensor parkir, kamera belakang, uphill & downhill assist control, dan vehicle stability control system.

Dasbor All New Honda HR-V. (Foto: HPM)

Tak hanya itu, Honda juga menjamin keselamatan seluruh penumpang dengan memberikan 4 buah airbag ada di depan dan sisi samping. Ada juga child safety lock, ISOFIX, dan sabuk pengaman with 3 point ELR.

Kesimpulan Test Drive All New Honda HR-V SE

Walaupun kami mendapatkan sesi test drive yang cukup singkat bersama All New Honda HR-V SE tetapi setidaknya kami sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai rasa berkendaranya. 

Namun, ada beberapa pesan kami kepada Honda agar HR-V ini sebaiknya dibekali dengan pengaturan jok elektrik. Maklum, sampai tipe RS yang paling tinggi pun belum dilengkapi dengan pengaturan jok elektrik.

Jok baris kedua All New Honda HR-V. (Foto: HPM)

Soal panoramic sunroof, rasanya hal tersebut hanya butuh adaptasi saja bagi mereka yang terbiasa menggunakan electric sunroof ke sunroof manual. Buka tutupnya pun terbilang mudah dan tidak terlalu menyulitkan penumpang di belakang.

Dengan harga Rp403,1 jutaan, mobil ini memang cocok untuk dijadikan mobil harian. Kaya fitur dan teknologi menjadi daya tarik utama yang diberikan oleh Honda kepada masyarakat Indonesia. 

Tertarik melakukan test drive mobil All New Honda HR-V SE ini?

Simak juga video review All New Honda HR-V terbaru dari Carmudi berikut ini:

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas
Foto: Rizen/Carmudi

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/