Reviews

Saat Honda Supra X Diubah jadi Blade Versi Eropa

SELALU tidak puas pada tampilan motornya, Aden Sinaga selalu punya cara untuk memuaskan hasrat modifikasi besutannya. Tidak hanya sekali, bahkan sudah kesekian kalinya ia merombak motor hariannya.

“Rombakan ini sudah ketiga kalinya, habis hobbi sih, kapan lagi bisa punya motor keren, mumpung lagi ada uang,”seloroh  Aden  mengumbar senyum.

Untuk ubahan ini, Aden tidak mau repot, modifikasi diserahkan seluruhnya pada Penyek seorang modifikator dari rumah modifikasi Dave Motor Concept yang terletak di Jalan Raya Depok Sawangan No.15, Depok.  Penyek yang punya nama asli Budi Tricahyono, bagai ketiban pulung, selain dapet pesanan modifikasi, dia juga bebas berekspresi pada besutan konsumennya.

Berbagai majalah, situs otomotif yang membahas roda dua ditelusuri untuk mencari rujukan modifikasinya. Akhirnya sang modifikator memilih gaya tampilan Blade versi Eropa.  Setelah  dipikir dan diselami rancangannya, dia pun bereksperimen dengan menuangkan karakter Honda Blade pada  Honda Supra X 125  tahun 2005.

Mirip Ayam Jago

Sebagai material bodi dipilih pelat Galvanis dengan tebal 0,8mm yang mudah dibentuk. Pelat diketok, dipotong, di las dan dibentuk per bagian. Hasilnya, engine guard, struut bar, spak board depan-belakang  dan bodi merucing di buritan.

Sekilas jika diperhatikan, besutan mirip dengan sosok ayam jago Suzuki Satria FU, ini terlihat dari model lampu assesori, sayap depan dan buritan yang meruncing, hanya pada besutan ini, tulang kaki jauh lebih berotot. Hal ini terlihat dari dari swing arm berdimensi besar yang disematkan di bagian belakang motor, sementara tulang kaki depan dipakai shock Yamaha RX King yang punya tipikal lebih besar dan sedikit panjang.

supra 25

Supra 25

Imbasnya, tapak roda mengikuti ubahan kaki-kaki, pijakan ke aspal penyek mempercayakan pelek Yamaha TZM untuk mengawal si hitam bundar merek Dunlop berprofil  90/80.17” depan dan ban BT 45 berdimensi 130/70/17 di belakang.  Sektor rem dipercayakan pada disc brake Nissin di belakang dan disc brake Honda cb 400 untuk rem depan. Sebagai tahap finishing, bodi dibalur warna two tone hitam-merah, hasilnya, bebek semakin macho dengan warna yang melekat,   Aden pun puas dengan hasilnya.

DATA MODIFIKASI

ModifikatorKonsepLampu DepanStang

Sok Depan

Pelek

Ban Depan

Ban Belakang

Disc Brake Depan

Disc Brake Belakang

Lampu Belakang

Knalpot

Bodi

Dave Motor Concept (DMC)Bebek SportVariasiSuzuki Satria

Yamaha RX King

Yamaha TZM

Dunlop 90/80/17

BT 45130/70/17

Honda CB 400

Nissin

Honda CB 400

Custom by DMC

Custom by DMC

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts