Berita

Sambutan Konsumen Terhadap Subaru BRZ di Luar Prediksi

GIIAS, Tangerang — Subaru Indonesia menandai eksistensinya di ranah otomotif Indonesia dengan meluncurkan dua model mobil baru sekaligus dalam waktu bersamaan, yakni Subaru XV dan BRZ.

Peluncuran BRZ dilakukan tepat pada hari pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD Tangerang, Kamis (11/8/2022) lalu.

Subaru BRZ

BRZ resmi diperkenalkan ke publik pada GIIAS 2022. (Foto: Santo/Carmudi)

Sebelum resmi diluncurkan Subaru sudah lebih dulu membuka keran pemesanan untuk BRZ. Tak di sangka sambutan konsumen terhadap BRZ cukup tinggi.

“Karena permintaan BRZ cukup tinggi, jadi sebelum kami luncurkan resmi, kami sudah menerima beberapa pesanan sebelumnya,” ungkap Arie Christopher, Chief Operating Officer, Subaru Indonesia.

Sayangnya, Arie menolak untuk menyebutkan jumlah pesanan yang masuk. Dia hanya mengatakan sudah banyak, tapi tidak terlalu banyak.

“Karena memang BRZ itu unitnya juga terbatas terutama yang varian transmisi manual, itu sangat-sangat terbatas. Jadi memang antusias untuk BRZ ini memang di luar prediksi kami,” sambung dia.

BRZ 2022 Tampak Samping (Foto: Carmudi)

Spesifikasi dan Harga Subaru BRZ

Subaru BRZ yang dihadirkan merupakan generasi kedua yang telah mengalami sejumlah pembaruan terutama pada sektor jantung pacunya.

Mobil sport dua pintu ini dibekali dengan mesin Boxer 2.4 liter naturally aspirated bertenaga 233 hp pada 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm yang sudah dapat dirasakan mulai 3.700 rpm.

Mesin terbaru ini diklaim punya tenaga lebih besar sekitar 15 persen, lebih responsif, torsi lebih merata di semua putaran, namun tetap kompak dan ringan.

BRZ 2022 tampak belakang. (Foto: Santo/Carmudi)

Untuk pilihan transmisi ada dua, manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan dengan paddle-shifter.

Subaru BRZ keluaran terbaru juga sudah dibekali fitur keselamatan Subaru EyeSight generasi ke-4. Di dalamnya mencakup Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking System, Lane Departure and Sway Warning, dan Lead Vehicle Start Alert. Khusus di varian transmisi otomatis terdapat tambahan fitur berupa High Beam Assist.

Tampilan luar BRZ sarat dengan nuansa sporty mulai dari gril yang diposisikan rendah dan lebih lebar, side sill spoilers, air outlets, ducktail, serta dua muffler yang menyatu dengan diffuser.

Interior BRZ (Foto: Subaru)

Interiornya sudah dibekali head unit layar sentuh 8 inci dengan fitur Android Auto dan Apple CarPlay, Bluetooth, serta Reverse Camera.

Ada juga panel instrumen digital 7 inci terbaru yang menampilkan beragam informasi bagi pengemudi seperti menampilkan Lap Timer, Battery & Temperature Meter, Trip Meter dan lainnya.

Bicara soal harga, Subaru Indonesia meniagakan BRZ varian transmisi manual Rp825 juta sedangkan varian bertransmisi otomatis Rp850 juta on the road Jakarta.

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/