HomeBeritaSegera Meluncur di Indonesia, Kia Sonet Mulai Menggoda

Segera Meluncur di Indonesia, Kia Sonet Mulai Menggoda

Kia Sonet Meluncur
Penampakan Kia Sonet di situs web resmi Kia Indonesia sebelum resmi meluncur (Foto: KIA)

JakartaKia Sonet akan meluncur dalam waktu dekat ini di Indonesia. Sebagai penggoda, PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia mulai menunjukkan gambar Sonet di situs web resminya.

Hanya saja, belum diketahui pasti kapan waktu peluncuran dari adik Kia Seltos itu.

Penampakan gambar siluet tersebut seolah memberikan sinyal bahwa perusahaan tidak lama lagi akan meluncurkan Kia Sonet. Berdasarkan rumor yang beredar belakangan ini, Kia akan meluncurkan pasaing Daihatsu Rocky itu pada November 2020.

Spekulasi tersebut bisa saja benar. Sebab baru-baru ini beberapa pengguna media sosial mengunggah foto yang memperlihatkan sekumpulan mobil tengah terparkir di suatu tempat. Bila melihat tampilan luar dari mobil tersebut, tidak sedikit yang menduga bahwa itu adalah Kia Sonet.

Kembali ke gambar siluet Kia Sonet yang ada di situs web KIA. Tidak banyak informasi yang didapat dari gambar tersebut, selain mobil dengan lampu senja menyala dan tagline “Get Ready Live Extra”.

Masih dari gambar yang sama, terdapat tulisan “Register Your Interest”. Hal ini seakan memberikan sinyal kalau KIA sedang mengumpulkan data konsumen yang tertarik untuk meminang SUV kompak asal Korea Selatan itu.

Namun sayang fitur tersebut belum berfungsi.

Sudah Uji Jalan di Indonesia

Dugaan Kia Sonet bakal masuk Indonesia sudah tercium sejak beberapa bulan lalu. Di mana, ada sebuah mobil terbungkus kamuflase kedapatan sedang melakukan uji jalan.

Tak berselang lama setelah foto mobil tersebut menyebar seantero media sosial, KIA akhirnya mengonfirmasi bila mobil itu adalah Sonet.

Kia Sonet Meluncur
Perayaan produksi pertama Kia Sonet di India sebelum resmi meluncur (Foto: Indianautosblog)

“Saat ini prinsipal lagi melakukan tes jalan Sonet di Indonesia. Kalau sudah menjalankan tes di Indonesia sudah pasti akan masuk. Persentasenya 90 persen pasti masuk, 10 persen lagi tinggal tunggu hasil dari mereka yang melakukan pengetesan mobil,” ungkap Marketing and Development Division Head PT KIA, Ario Soerjo saat berbincang-bincang secara virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Agustus lalu.

Mengetahui Sonet menjalani tes di Indonesia, dirinya merasa bahwa ada perhatian khusus yang diberikan oleh prinsipal terhadap pasar otomotif di dalam negeri.

“Kami bangga artinya Kia di sini dianggap dan yang mereka kerjakan di sini suatu positif dan mudah-mudahan ke depannya dapat mendukung dan lebih bagus lagi untuk Kia,” katanya.

Harga NJKB Kia Sonet

Nama Kia Sonet telah tercantum di laman resmi Samsat Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta. Setidaknya ada dua varian yang terdaftar yaitu Sonet 1.5 MT dengan harga NJKB Rp174 juta dan Sonet 1.5 AT Rp181 juta.

Perlu diketahui NJKB bukan patokan harga jual Kia Sonet yang akan ditawarkan ke konsumen. Untuk menjadi harga on the road (OTR) ada beberapa komponen pajak yang nantinya akan ditambahkan. Mulai dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hingga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Kia Sonet Meluncur
Interior Kia Sonet (Foto: Kia)

Artinya, jika Sonet resmi dipasarkan maka harga jualnya akan naik sampai belasan juta rupiah dari NJKB.

Kia Sonet telah lebih dahulu meluncur di India dengan harga jual mulai dari 671 ribu Rupee (Rp135 jutaan) sampai 11.99 ribu Rupee (Rp242 jutaan).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Daftar Mobil Kia yang Dapat Gratis General Check Up

Daihatsu merek mobil terlaris
Previous post
Daihatsu Gelar Pameran Digital, Bisa Ngobrol Santai Bareng Kaesang
Pembagian masker dilakukan di jalan raya
Next post
Tips Pilih Masker Motor Selama Pandemi Covid-19, Nyaman dan Melindungi