Home » Berita » Setelah ‘Dipecat’ Gaikindo, KIA Pastikan Diri Kembali Bergabung

Setelah ‘Dipecat’ Gaikindo, KIA Pastikan Diri Kembali Bergabung

Kia Indonesia yang sebelumnya dikeluarkan dari Gaikindo, kini memastikan diri bergabung kembali. (Foto: Carmudi)

Jakarta – PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia mengaku telah kembali bergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Hal tersebut disampaikan oleh Rizal Mulyadi, Promotion Dept Head PT KIA.

“Gabung ke Gaikindo? Sudah, kita sudah gabung ke Gaikindo sejak Januari 2020 ini secara resmi,” tutur Rizal kepada Carmudi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jumat (31/1/2020).

Adapun menurut Rizal, alasan mengapa Kia kembali bergabung bersama Gaikindo adalah karena asosiasi ini banyak memberikan keuntungan bagi pelaku industri otomotif. 

“Kita bicara industri otomotif ya, otomatis kita juga punya komunitas atau asosiasi. Karena pasti akan sangat menguntungkan kalau kita ikut dengan asosiasi tersebut, benefit-nya banyak,” sambungnya.

“Salah satunya adalah ikut pameran Gaikindo (GIIAS) akan lebih murah,” jelasnya.

Perlu diketahui, sebelum diambil alih oleh PT KIA sebagai anak perusahaan PT Indomobil, Kia memang dikabarkan ‘dipecat’ oleh Gaikindo dikarenakan tidak membayar iuran. Hal tersebut dikatakan oleh Kukuh Kumara selaku Sekretaris Umum Gaikindo pada Agustus 2019 lalu.

“Kami kirim surat, tidak adil dong kalau yang lain bayar dia enggak bayar. Kami kasih tahu, giliran nanti mau pameran baru sibuk mau melunasi. Kami ingatkan. Kami juga mengeluarkan surat buat mereka, isinya memberhentikan,” ucap Kukuh seperti dilansir dari laman CNN Indonesia.

Merek Kia yang saat itu dikelola PT Kia Mobil Indonesia (KMI) dikirimi surat keputusan ‘pemecatan’ pada Maret 2019 lantaran tidak membayar iuran bulanan sebesar Rp10-15 juta. Iuran tersebut merupakan salah satu syarat yang harus ditaati oleh setiap anggota Gaikindo.

Memastikan Diri Ikut IIMS dan GIIAS 2020

Kia juga akan tetap ikut serta di ajang pameran GIIAS 2020. (Foto: Carmudi)

Kini di bawah naungan Indomobil, Kia resmi menjadi anggota Gaikindo kembali sejak awal tahun 2020 ini. 

Atas bergabungnya PT KIA dengan Gaikindo, Rizal mengaku akan mengikuti pameran otomotif.

“Ikut pameran? Insya Allah ikut (IIMS) dan (GIIAS 2020),” kata Rizal.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Baru Seminggu, KIA Seltos Catatkan 100 SPK

Previous post
Cara Daihatsu Ajak Pelanggan Menggunakan Daihatsu Genuine Oil
Vinales-di-Catalunya
Next post
Harga Tiket MotoGP Indonesia Disesuaikan dengan Daya Beli Masyarakat