BeritaMobilReviewsSumber informasi

Si Nyaman yang Terlupakan, Nissan Grand Livina

Jakarta – Pasar Low-MPV di Indonesia memang sangat gurih dalam meraih pasar, meskipun beberapa merek tumbang dalam persaingan. Namun Low-MPV besutan Nissan yaitu Grand Livina hingga saat ini masih bertahan dan mempunyai pasar tersendiri.

Jauh sebelum kehadiran Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina telah muncul lebih dahulu sekitar 2013. Nissan telah melakukan beberapa kali “inovasi” untuk menarik konsumen. Nissan Grand Livina yang telah diluncurkan sejak Mei 2013 lalu, dimana generasi pertamannya muncul saat 2007.

Peluncuran Nissan Grand Livina generasi pertama disambut dengan sangat positif dan berhasil menjadi salah satu kendaraan MPV idaman yang nyamanuntuk keluarga Indonesia. Dengan perubahan desain ekterior yang signifikan, namun apakah saat ini Nissan Grand Livina masih kompetitif dibanding pesain-pesaingnya?

Masih bercerita sejarah Juni 2014 Nissan juga mengeluarkan Grand Livina Highway Star Autech, varian tertinggi dari line-up Grand Livina lainnya yang hadir di Indonesia. Autotech sendiri merupakan perusahaan konversi Nissan yang menghadirkan solusi unik dan inovatif demi meningkatkan nilai yang superior dan terukur pada tiap kendaraan Nissan yang diproduksi.

Bisa dikatakan kendaraan ini “tua” tapi jangan diremehkan, varian murahnya masih dibanderol diatas Rp200 jutaan dan yang paling mahal sekitar Rp260 jutaan. Grand livina juga mendapatkan pengakuan sebagai MPV medium 7 penumpang yang penuh fungsionalitas dengan tampilan elegan. Serta interior yang luxurious serta penuh kenyamanan seperti layaknya berkendara sebuah mobil sedan.

Perubahan Eksterior yang Signifikan

Meskipun “tua” Nissan Grand Livina punya desain yang luxurious dengan tampilan elegan dengan kesan berani. Bagian depan dari spesifikasi Nissan Grand Livina terdapat penambahan pada bumpernya yang makin tegas dengan diberikan aksen garis.

Front grille Grand Livina ini mempunyai tampilan baru, lebih berani disempurnakan dengan frame logo Nissan. Mempunyai spoiler yang panjang mengikuti bodi dengan satu garisan tajam berlapis chrome.

Head lamp yang dimiliki mobil MPV ini mempunyai bentuk besar namun menyipit dengan penggunaan lampu berjenis halogen. Sementara Fog lamp menambah kesan sempurna pada desain eksterior dari Nissan Grand Livina.

Kesan tegas juga tampak pada spesifikasi Nissan Grand Livina highway star ini dengan hadirnya aksen garis yang terdapat pada kap mobil. Selain itu juga pada wujud fender yang didesain agak menonjol.

Semenatara bagian belakang bemper buritan tampil lebih menawan dan kokoh. Bagian sampingnya mempunyai side body molding yang mempunyai fungsi sempurna, yaitu untuk meminimalisir terjadinya penyok. Serta menambah kesan eksterior yang stylish dan tegas.

Bentuk tail lamp dibuat menyirip ke dalam, mengesankan sedang memandang dengan tajam. Mobil ini menggunakan velg berukuran 15 inci (dual tone) yang terbuat dari alumunium.

Interior Luas dan Nyaman

Masuk dalam kabin kabinnya mempunyai kesan yang tetap elegan seperti generasi sebelumnya. Apalagi varian tertentu seperti SV, VX dan High Way Star mempunyai interior yang lebih mewah. Mengalami perubahan pada desain kursinya yang dibuat lebih ergonomis dan mempunyai ukuran besar yang semakin membuat nyaman penumpang.

Untuk varian High Way Star dilengkapi dengan Display Wide 6 inci touch screen, DVD, AM/FM, USB, iPhone/iPod conectivity dan lain-lain. Penempatan AC untuk penumpang di baris ke dua dan ketiga diselipkan pada bagian tengahnya atau tepat pada konsol tengah untuk handrest. Hembusan AC cukup dapat menyejukkan hingga baris kebelakang.

Pada interior Nissan Grand Livina ini anda dapat menemukan berbagai kantung untuk menyimpan barang. Mulai dari celah dibelakang kopling, didalam dashboard tempat duduk penumpang bagian depan.Hinga tempat duduk penumpang untuk menaruh barang yang ukurannya kecil.

Optimalkan Fitur Keamanan dan Keselamatan

Selain memiliki desain bodi yang stylis, spesifikasi pada sektor dimensi juga tergolong cukup luas. MPV ini memiliki dimensi 4485 x 1700 x 1595 mm membuatnya terlihat panjang mwempunyai bobot 1250 kg.

Dengan dimensi ini memiliki ruang yang luas pada bagian interiornya. Selain itu dengan jarak sumbu roda 2600mm dan turning radius 5.5m membuatnya mudah dikendalikan meskipun dikendarai pada medan jalan yang berkelok-kelok. Sementara mempunyai ground clearance atau jarak terendah dari tanah mobil ini memiliki jarak hingga 175 mm.

Mobil ini menawarkan beberapa fitur modern dan akan membuat berkendara semakin aman dan nyaman. Dibekali Dual SRS air bags yang akan melindungi pengemudi serta penumpang pada kursi bagian depan saat terjadi kecelakaan. Juga dibekali kombinasi pengereman antara ABS+EDB+SA pada semua varian kecuali semua varian SV.

Mobil MPV ini juga diberikan fitur parking sensor yang mempunyai jarak 3 meter dari bagian belakang. Serta ada Rearview Camera yang membantu pengemudi untuk melihat langsung objek apa saja yang berada di belakang kendaraan.

Mesin Handal dan Tangguh

Nah sekarang Mas Sena akan mengajak anda untuk beralih pada dapur pacu dari spesifikasi Nissan Grand Livina yang dijejali dengan mesin baru. Dengan desain mesin baru mempunyai kode HR15DE berkapasitas 1.5 L konfigurasi 4 silinder 16 valve berteknologi DOHC dengan Twin Dual Injector. Power maksimal sebesar 107 HP di 5.600 rpm menghasilkan akselerasi yang cukup mumpuni.

Dengan kombinasi Dual Injector serta Twin VTC ( Intake serta Exhaust) akan meningkatkan efiensi pembakaran bahan bakar. Fitur kemudi yang lebih baik juga dijejalkan pada Nissan Grand Livina ini yaitu Electric Steering yang memiliki keunggulan penyesuaian kendali yang dihubungkan pada power yang ditetapkan.

Sektor transmisi, spesifikasi Nissan Grand Livina ini diberikan teknologi terbaru yakni Xtronic CVT ini memuluskan pergantian gigi pada power yang merata. Sementara suspensinya, menggunakan premium suspensi yang akan menghasilkan respon kemudi yang sangat baik dalam menghadapi rintangan dijalanan dengan aman.

Bagian suspensi depan menggunakan double pivot poros, menambah kelincahan mengemudi serta akan meredam guncangan bila berkendara di medan berat.

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control)
Isi Silinder1498 cc
Diameter x Langkah78.0 x 78.4 mm
Daya Maksimum107 PS/5600 rpm
Torsi Maksimum14.6 kg.m /4000 rpm
Sistem Pemasukan Bahan BakarECCS (Electronic Concentrate-engine Control System)
Kapasitas Tangki52,4 L
SteeringRack and pinion with EPS (Electronic Power Steering)
Dimensi
P x L x T4485 x 1695 x 1595 mm
Jarak Poros Roda2600 mm
Turning Radius5.5 m
Konstruksi rangkaMonocoque
Jarak Terendah175 mm
Sasis
TransmisiM/T 5-Speed
Suspensi DepanMcPherson Strut with Stabilizer
Suspensi BelakangTorsion Beam with Stabilizer
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDrum
Ukuran Ban185/65 R15
Fitur
Kenyamanan
  • Low-fatigue front seat
  • Circular ac vents
  • Rear ac vents
  • Sound-absorbing materials
  • 2 din touchscreen wide display headunit
  • Roof monitor (hws autech type only)
Keamanan
  • ABS (anti-lock braking system)
  • EBD (electronic brake-force distribution)
  • Parking sensors
  • Rearview camera

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts