BeritaMobilProdukSumber informasi

Range Rover Velar, SUV Tercantik yang Resmi Hadir di Indonesia

Jakarta – Merupakan hari yang indah untuk para pecinta SUV mewah di Indonesia, karena PT Wahana Auto Ekamarga selaku distributor Jaguar Land Rover di Indonesia akhirnya membawa Range Rover Velar resmi ke Tanah Air.

Para kaum “The Have” pun juga boleh berbangga bila meminang SUV ini, karena Indonesia jadi negara pertama yang kedapatan Range Rover Velar di antara setiap negara di Asia Pasifik lainnya.

“Range Rover Velar membawa dimensi kemewahan, modern dan keanggunan baru dalam keluarga Range Rover. Velar menawarkan tingkat kemewahan, kesempurnaan, sekaligus kemampuan di segala medan yang belum oernah ada di kelas SUV mid-size,” unar Roland Staehler, Chief Operating Officer

Meski wujudnya sebagai SUV (Sports Utility Vehicle) yang konon biasanya berbentuk macho. Namun Land Rover memberi sentuhan yang berbeda untuk mahakaryanya kali ini dengan memberi desain serba bersih.

Tema clean itu jelas tercermin pada beberapa hal misalnya eksterior yang tampil futuristik dengan handel pintu yang menyatu rata. Dengan keseluruhan bodi karena menggunakan model “Flush Deployable”.

Selain itu, interior dengan dua monitor rata yang disebut Touch Pro Duo juga semakin menegaskan karakternya tersebut.

Tak salah, kalau tipe yang diposisiman di tengah-tengah Range Rover Evoque dan Sport ini bisa disebut SUV tercantik yang pernah anda lihat.

Tentunya, tanpa mengurangi kapabilitas menjelajah semua medan seperti yang dimiliki setiap jajaran produk Land Rover lainnya. Contohnya, mode berkendara Terrain Response 2 tetap hadir untuk mengatur distribusi dari penggerak empat roda Intelligent Driveline Dynamics, juga kemampuan menembus genangan airnya mencapai 650 mm.

Kenyamanan dan Tenaga

Bahkan, desain bersih hasil goresan Gerry McGovern, Chief Design Officer Land Rover, tersebut juga membuat nilai aerodinamika Range Rover Velar semakin membaik dengan angka koefisien drag di 0,32 cd saja. Dengan kaya lain, sebuah Land Rover yang memiliki nilai efisiensi aerodinamika terbaik yang pernah dibuat.

Varian Range Rover Velar entry level yang masuk Indonesia mengadopsi ukuran velg 20 inci, yang lebih tinggi 21 inci dan semua dapat memilih opsi velg raksasa 22 inci untuk tampilan lebih sangar.

Perihal mesin, PT WAE memutuskan untuk membawa dua tipe mesin bensin ke dalam negeri. Yang pertama adalah mesin Ingenium 2.0L 4-silinder segaris bertenaga 247 hp dan torsi 365 Nm. Diklaim dapat menembus 0-100 km/ jam dalam 6,7 detik saja.

Satu lagi, adalah mesin 3.0L V6 dengan Supercharger seperti yang ditemukan di bawah kap mesin Jaguar F-Pace di Indonesia. Sanggup menghasilkan tenaga 375 hp dan torsi 450 Nm. Disambungkan ke transmisi otomatis ZF 8-percepatan, Velar V6 diklaim dapat menempuh 0-100 km/jam dalam 5,9 detik saja.

Soal kenyamanan, varian V6 sudah kedapatan opsi suspensi udara (air suspension) sebagai standar. Panoramic sunroof jadi fitur standar untuk setiap varian. Juga sound system premium Meridian Surround Sound 825 Watt.

Harganya, Range Rover Velar dibanderol Rp 2,05 miliar off the road untuk tipe 2.0 R-Dynamic SE. Sementara 3.0 R-Dynamic SE seharga Rp 2,35 miliar off the road. Ingin versi First Edition? Siapkan Rp 2,65 miliar off the road dan siap-siap untuk berlomba dengan empat pelanggan lainnya di Indonesia ya!

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts