Home » Berita » 10 Fakta Menarik All New Range Rover Evoque, Berapa Banderolnya?

10 Fakta Menarik All New Range Rover Evoque, Berapa Banderolnya?

Generasi terbaru Range Rover Evoque resmi diluncurkan di Indonesia. (Foto: Carmudi/Santo)

JakartaAll New Range Rover Evoque resmi mendarat di Indonesia dengan spesifikasi yang mentereng. PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia membanderolnya dengan harga yang tidak murah, yaitu mulai dari Rp1,7 miliar (off the road Jakarta). Harga tersebut bisa berubah tergantung dengan spesifikasi tambahan pilihan konsumen. All New Range Rover Evoque diperkenalkan pertama kali oleh Land Rover di pasar global sejak November 2018 lalu.

All New Range Rover Evoque merupakan generasi ke dua yang sudah dibekali oleh berbagai spesifikasi unggul dan teknologi terbaru.

“New Range Rover Evoque adalah pionir Sport Utility Vehicle (SUV) kompak luxury di dunia yang telah terjual lebih dari 770 ribu unit di seluruh dunia termasuk hampir 300 unit yang telah terjual di Indonesia sejak 2013 lalu. New Evoque merupakan evolusi terkini yang mendapatkan berbagai teknologi terbaru milik Land Rover untuk memenuhi kebutuhan para konsumen SUV kelas premium,” ujar Jentri Izhar, Brand Director Jaguar Land Rover, di sela peluncuran All New Range Rover Evoque, di Senayan, Jakarta Selatan (2/8/2019).

Lebih lanjut mengenai All New Range Rover Evoque, berikut ini 10 fakta menarik tentang mobil asal Inggris itu seperti disampaikan oleh Tommy Handoko, Product Planning and Logistics Manager Jaguar Land Rover Indonesia.

  1. Desain Ekterior Range Rover Evoque

All New Range Rover Evoque. (Foto: Carmudi/Santo)

Bahasa desain khas Evoque tetap dipertahankan pada generasi kedua ini.

“Bahasa desain meneruskan bahasa desain dari Ranger Rover yaitu bahasa desain yang bersih dan minimalis. Sekarang dipadukan dengan Flush Deployable Door Handles yang membuat kendaraan itu menjadi menjadi semakin menarik,” ujar Tommy.

Selanjutnya, Tommy pun mengarahkan perhatian ke desain bumper depan dan belakang dari kendaraan yang didesain dengan minimal joins dan shut lines.

Tiap detail dari desain eksterior sangat diperhatikan betul oleh pabrikan. Hal itu ditunjukkan dari semakin kecilnya celah panel-panel pada All New Range Rover Evoque.

“Produk ini sudah mengalami perbaikan sehingga gap (jarak) antar panel di bagian luar berkurang sebesar 42 persen dibanding generasi sebelumnya. Detail semacam ini yang membuat Evoque menjadi produk yang semakin diminati,” papar Tommy.

Melihat bagian samping mobil, tampak desain coupe tetap dipertahankan dengan garis atap menurun. Kemudian terdapat floating roof dan sentuhan warna hitam pada pilar-pilar di sekeliling kendaraan.

  1. Interior Range Rover Evoque

Interior All New Range Rover Evoque. (Foto: Carmudi/Santo)

Tak kalah menariknya dengan eksterior, bagian interior dari All New Range Rover Evoque tampil lebih menawan terlebih jok dan pelapis kabin menggunakan material alam. Mereka menyebutnya Eucalyptus Textile and Ultrafabrics serta Kvadrat Premium Textile and Dinamica Suedecloth.

“Eucalyptus Textile and Ultrafabrics ini yang pertama kali diperkenalkan pada Evoque dan untuk material semua eco friendly. Eucalyptus sendiri adalah nama pohon,” terang dia.

All New Range Rover Evoque telah mendapatkan penyempurnaan spesifikasi dan desain sehingga semakin mewah. Perpaduan unik dari tampilan rapi dan material kontemporer, generasi terbaru SUV kompak ini memperkuat DNA sebuah Range Rover.

Ruang kaki dan lutut untuk penumpang di bangku baris belakang lebih luas berkat jarak sumbu roda yang bertambah panjang sekira 21 milimeter.

  1. Kemampuan Off Road

Kemampuan All New Range Rover Evoque di medan off road semakin tinggi. (Foto: Carmudi/Santo)

Kendaraan ini tetap mempertahankan capability off road dengan sistem respons yang sudah menjadi standar untuk semua varian Evoque.

“Sistem ini adalah sistem Automatic Setting yang akan memonitor kondisi mengemudi dan kemudian akan ter-setting yang sesuai dengan kondisi berkendaran,” terang Tommy.

Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur All Terrain Progress Control, sebuah sistem yang bekerja di bawah kecepatan 30 kilometer per jam (km/jam) pada saat kondisi jalan licin.

Ada pula departure angle All New Range Rover Evoque mencapai 30,6 derajat. Departure angle sendiri merupakan sudut yang dibentuk antara roda belakang dengan area terbawah dari bagian buritan. Sudut tersebut menentukan seberapa curam medan yang bisa dilalui oleh sebuah mobil.

  1. Mampu Terjang Banjir Lebih Tinggi

All New Range Rover Evoque saat demo off road. (Foto: Carmudi/Santo)

Berbeda dari generasi sebelumnya, All New Range Rover Evoque mampu menerjang banjir dengan ketinggian air 600 milimeter (mm). Nah, untuk generasi teranyar ini, kemapuannya naik sekira 100 mm dibanding generasi terdahulu.

Sebagai penyempurna, mobil ini juga dibekali Wade Sensing Technology.

“Teknologi ini menggunakan sensor ultra sonik yang terletak pada cover kaca spion kendaraan untuk mengukur ketinggian air. Informasinya akan ditampilkan di layar yang terdapat di konsol tengah,” papar Tommy.

  1. Sasis Baru

Kemampuan All New Range Rover. (Foto: Carmudi/Santo)

All New Range Rover Evoque dibangun menggunakan sasis baru yang disebut Premium Transverse Architecture. Lewat sasis baru ini Land Rover memperbarui handling kendaraan, mengurangi kebisingan, dan getaran kendaraan.

  1. Dibekali Teknologi Canggih

Sejumlah spesifikasi teknologi terkini telah disematkan ke Range Rover Evoque baru ini. Di antaranya Clear Sigh Ground View, di mana pengemudi bisa melihat bagian bawah mobil. Fitur ini sangat membantu jika sedang melalui jalan sempit atau rusak. Fitur satu ini sempat hadir di mobil konsep Discovery Vision.

“Sistem ini menggunakan kamera di kanan dan kiri spion serta satu kamera di gril depan. Sehingga kita bisa bermanuver dan sepresisi mungkin. Karena kita bisa lihat langsung kondisi di luar kendaraan. Namun sistem ini bekerja hanya sampai kecepatan 30 km per jam,” tutur Tommy.

Kamera di atas atap bagian belakang mobil yang terintegrasi spion tengah di dalam kabin. (Foto: Carmudi/Santo)

Teknologi lain yaitu Clear Sight Rear View Mirror atau dikenal juga dengan kaca spion kabin pintar. Ini pertama kali diperkenalkan di brand Jaguar Land Rover. Sistem ini bekerja Translight Video pada spion tengah yang mempunyai ukuran 9,5 inci dengan resolusi 1.600 x 320 pixel dengan 60 frame per second.

Dengan adanya fitur satu ini pandangan pengemudi ke belakang tidak akan terhalang oleh penumpang atau barang besar di kabin belakang. Fitur ini dibantu kamera yang ada di atas atap bagian belakang mobil.

  1. Sistem Infotainment Gabungkan 2 Layar Sentuh

Tampilan konsol tengah All New Range Rover Evoque. (Foto: Carmudi/Santo)

All New Range Rover Evoge punya sistem Infotainment Touch Pro Duo. Sistem ini menggabungkan dua layar sentuh beresolusi tinggi (High Definition/HD) berukuran 10 inci. Posisinya berada di konsol tengah. Layar panel instrumen 12,3 inci di belakang lingkar kemudi.

“Pengemudi dapat dengan mudah melihat informasi dari dalam kendaraan melalui display. Jadi sangat mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara,” tutur dia.

  1. Tuas dan Tombol Ergonomis

Tuas dan tombol di kabin didesain ergonomis yang mudah dioperasikan. Hal itu memungkinkan pengemudi mengendalikan berbagai teknologi melalui Touch Pro Duo.

Dudukan tablet Click & Go dengan kemampuan pengisian daya, hotspot wifi 4G, dan enam slot USB yang terdapat di seluruh kabin.

  1. Spesifikasi Mesin Range Rover Evoque

Mesin All New Range Rover Evoque. (Foto: Carmudi/Santo)

Sumber tenaga All New Range Rover Evoque berasal dari mesin 4 silinder segaris berkapasitas 2.0 liter dengan Turbocharger. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan daya maksimal 245 hp pada 5.500 rpm, dengan torsi puncak 365 Nm pada 1.200-4.500 rpm.

Tenaga dikirim ke roda depan dan belakang melalui transmisi otomatis 9 percepatan. Dibantu transmisi, akselerasi mobil ini dari 0 sampai 100 km per jam hanya 7,5 detik sebelum berlanjut hingga kecepatan tertinggi yang mencapai 230 km per jam.

Berdasarkan pengujian internal perusahaan, konsumsi bahan bakar dari mobil ini sekira 9,9 liter per 100 kilometer.

  1. Tersedia dalam Tiga Varian

All New Range Rover Evoque yang dipasarkan untuk konsumen di Indonesia punya tiga varian, seperti Evoque R-Dynamic SE, Evoque SE, dan Evoque S.

Meski baru saja meluncur, All New Range Rover Evoque sudah ada konsumen yang melakukan pemesanan. Dari 15 unit yang tersedia tahun ini separuhnya sudah terpesan. (dms)

Previous post
B’Brothers Indonesia Touring Libas Jalur Malaysia – Thailand
Next post
Kopdar Akbar Mobil Daihatsu di Prambanan, Mobil Tua Legendaris Unjuk Gigi