Mobil

Sudah Berusia 40 Tahun, Intip Spesifikasi Mitsubishi L300 Terbaru

Jakarta – Nama Mitsubishi L300 di segmen mobil komersial ringan memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya Mitsubishi L300 ini sudah hadir di Indonesia sejak 1979 atau 40 tahun lalu dan masih terus diproduksi hingga saat ini.

Selama itu pula mobil bak terbuka ini menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia, terutama kalangan pengusaha.

Tegar Adisura, Head of After Sales Marketing and Promotion Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membeberkan alasan mengapa L300 tetap diminati.

Menurutnya salah satu alasan L300 tetap laris adalah mudahnya perawatan serta harga jual kembali yang bagus.

“Adanya jaminan genuine parts atau suku cadang yang asli mudah ditemui. Sehingga ini menjadi daya tarik masyarakat yang ingin membeli dan yang terpenting, harga jual kembali akan tetap tinggi,” ujarnya kepada kami beberapa waktu lalu.

Mitsubishi L300 sukses mempertahankan posisi sebagai mobil pikap pilihan selama empat dekade. (Foto: MMKSI)

Penjualan Mitsubishi L300 sendiri bahkan mengasapi penjualan Pajero Sport. Sepanjang bulan September 2021 lalu, L300 menyumbang penjualan sebanyak 33%, sedangkan Pajero Sport hanya mencatatkan angka 18% dari seluruh penjualan MMKSI.

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan jika penjualan L300 di bulan September naik sebanyak 760 unit dibanding bulan sebelumnya.

“Mitsubishi L300 ini sukses menjadi model legendaris yang sudah ada selama 40 tahun di Indonesia,” sambungnya.

40 Tahun Mitsubishi L300, Spesifikasi Masih Sama

Mitsubishi L300 sendiri memiliki spesifikasi panjang 4.170 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.810 mm. Ground clearance-nya mencapai 200 mm dengan radius putar 4,4 meter yang terbilang cukup baik untuk melakukan manuver kala putar balik.

Mesin diesel berkode 4D56 yang digendong L300 ini sudah terkenal tangguh. Mesin berkapasitas 2.477 cc, 4 silinder, SOHC ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 86 hp dengan torsi maksimum di angka 133 Nm.

40 tahun mitsubishi l300

Kiprah 40 tahun Mitsubishi L300, kerap jadi pilihan masyarakat (Foto: Mitsubishi)

Mesin berpenggerak roda belakang ini hanya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Walaupun di atas kertas performanya dinilai biasa saja, tetapi mobil satu ini kerap menjadi mobil andalan di berbagai wilayah pedesaan yang ada di Indonesia.

Soal harga, Mitsubishi L300 ini dijual dengan harga Rp189 juta hingga Rp195 jutaan. Melihat spesifikasi di atas, tak heran jika mobil yang dijuluki sebagai ‘elsapek’ ini mampu bertahan selama 4 dekade di Indonesia.

Perawatan L300 pun terbilang mudah, cukup rutin melakukan servis, mengganti filter solar, dan mengecek air radiator sebagai pendinginan mesin.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts