BeritaMobilProdukSumber informasi

Tangan Tak Sampai Ngetap GTO, Sudah Punya “Tongtoll”?

Jakarta – Kebijakan Gerbang Tol Otomatis (GTO) di ruas jalur bebas hambatan akan dilaksanakan serentak per 31 Oktober 2017. Artinya, sudah tak ada lagi transaksi menggunakan uang cash, diganti dengan kartu e-toll.

Kebijakan ini menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat yang kesehariannya memanfaatkan jasa tol. Banyak yang mengeluh karena posisi mesin “reader” GTO yang bagi sebagian orang masih sulit dijangkau.

Menjawab ‘kegalauan’ tersebut, sekarang banyak dijual secara online alat yang memudahkan pengguna jasa jalan tol melakukan transaksi. Namanya tongkat e-toll aka “tongtoll”.

Tongkat ini seketika jadi booming dan viral di media sosial. Cari aja dengan keyword “tongtoll” (tongkat e-toll). Seabrek akun bakal muncul menawarkan tongkat inovasi ini.

Tongtoll

Fungsi Tongtoll membantu pengguna tol melakukan transaksi (Google)

Sistem kerjanya cukup sederhana, sama seperti tongsis yang biasa kalian pakai, tinggal jepit kartu kartu e-toll di ujung tongkat, sudah bisa dipakai nge-tap di mesin “reader” GTO, simpel…

Jenisnya juga macam-macam, ada yang berbahan plastik, ada juga yang berbahan logam. Bedanya, yang plastik ukurannya statis alias tidak bisa diubah lagi panjang-pendeknya. Standar ukurannya sekitar 25cm.

Sebaliknya, “tongtoll” yang berbahan logam, mirip banget dengan tongsis yang biasa dipakai selfie. Ukuran panjang-pendeknya bisa diatur sesuai kebutuhan.

Harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat kok, mulai dari Rp15 ribu sampai Rp 75 ribu, tergantung model dan bahan.

Barang inovasi ini tentu menjadi solusi dan menjawab keresahan sebagian pengguna jalur tol yang merasa lengannya tak bisa menjangkau “reader” GTO.

Sekarang udah tau fungsi “tongtoll” kan? Buruan beli mumpung belum 31 Oktober 2017….. (Amel/Zie)

Tongtoll

Mesin “reader” GTO untuk melakukan transaksi di jalur tol (Carmudi Indonesia/Amel)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts