BeritaMobilSumber informasi

Tata Motors Akan Buat Mobil SUV Pakai Platform Range Rover Evoque

Tata Harrier (Foto: AutocarUK)

London – Perusahaan mobil dan kendaraan komersial terbesar di India, Tata Motors memiliki lisensi mobil mewah asal Inggris yaitu Jaguar dan Land Rover. Memanfaatkan kepemilikan tersebut, Tata Motors berencana membuat mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru menggunakan platform Range Rover Evoque.

Mobil yang diberi nama Tata Harrier itu bakal dipasarkan secara global mulai 2019. Tata Harrier merupakan versi produksi dari mobil konsep H5X yang pernah ditampilkan di pameran otomotif Geneva Motor Show, Jenewa, Swiss.

Bocoran desain Tata Harrier sudah diperlihatkan oleh Tata Motor lewat video teaser berdurasi kurang dari dua menit di Youtube awal Juli 2018. Mobil Harrier tampaknya memiliki sedikit perbedaan desain eksterior dibanding versi konsepnya.

Sedangkan interiornya belum terlihat sama sekali tetapi Tata Motors menjanjikan ruang yang lega. Kualitas material dan konektivitas terbaik di kelasnya. Demikian seperti dilansir dari AutocarUk.

Diperkirakan Tata Motors akan menggunakan material yang sama dengan Range Rover Evoque. Platform yang digunakan ke Harrier merupakan versi Land Rover D8 yang sudah disesuaikan dengan kondisi jalan di India.

Saat ini platform D8 digunakan untuk mendukung pembuatan Range Rover Evoque, Land Rover Discovery Sport dan Jaguar E-Pace tujuh kursi. Kemungkinan Harrier akan tersedia dalam versi lima dan tujuh jok.

Sumber Tenaga Tata Harrier

Belum banyak informasi yang diungkapkan oleh Tata Motors terkait Tata Motors termasuk soal sumber tenaga. Sekarang ini Harrier yang dipasarkan di India didukung oleh mesin diesel Fiat Chrysler 2.0 litre empat silinder.

Bisa jadi di model terbaru Tata Motors menawarkan sistem penggarak empat roda. Disamping itu mobil ini berpontensi memiliki varian hybird.

Tata Harrier (Foto: AutocarUK)

Sementara itu Range Rover Evoque ditawarkan dalam dua pilihan mesin yatu bensin dan diesel. Untuk mesin bensin diklaim memiliki tenaga sekuat 240 ps. Sumbernya berasal dari mesin empat silinder 2.0 litre Si4 dan dibantu oleh transmisi otomatis 9 percepatan sebagai standar.

Sedangkan untuk Range Rover Evoque versi diesel dibekali beberapa pilihan tipe mesin seperti twin turbocharged SD4 bertenaga 240 ps. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi otomatis 9 percepatan. Ada juga tipe mesin eD4 150 dan TD4 dengan transmisi manual enam percepatan sebagai standar. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 180 ps.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts