Berita

Terkuak, Hyundai Siapkan 4 Mobil Baru untuk Indonesia

Jakarta – Hyundai telah menyiapkan empat mobil baru yang akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat. Satu dari empat mobil baru tersebut adalah kendaraan listrik yang dirakit di Indonesia.

Rencana Hyundai meluncurkan empat mobil baru seolah menunjukkan keagrasifannya dalam menggarap pasar otomotif di Indonesia.

Penandatanganan MOU antara Hyundai dengan pemerintah Indonesia (Foto: Hyundai)

Sebenarnya langkah agresif Hyundai mulai ditunjukkan sejak 2019 lalu. Di mana Hyundai berkomitmen berinvestasi sebesar 1.5 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekira Rp21 triliun. Investasi sebesar itu, akan digunakan untuk membangun pabrik dan fasilitas penunjang lainnya.

Saat ini pabrik Hyundai di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sudah selesai dibangun dan telah masuk tahap finalisasi. Kemungkinan besar akhir 2021, pabrik mulai melakukan proses produksi mobil yang akan ditandai dengan peluncuran mobil baru.

“Pembangunan pabrik Hyundai Motor di Cikarang selama 1,5 tahun sudah selesai, baik itu pembangunan dan pemasangan mesin-mesin. Bulan Mei lalu sudah mulai final production dan akhir tahun ini kami akan meluncurkan satu mobil bermesin konvensional atau Internal Combustion Engine (ICE),” ungkap Lee Kang Hyun Chief Operating Officer (COO) Hyundai Motor Asia Pacific, dalam acara seminar online, Rabu (14/7/2021).

Memasuki 2022, lanjut Lee Kang Hyun, Hyundai juga telah menyiapkan tiga mobil baru lagi yang dihadirkan khusus bagi konsumen dan pecinta mobil Hyundai di Tanah Air.

“Tahun depan ada rencana mengeluarkan dua model ICE dan satu mobil listrik yang akan diluncurkan sekira Maret 2022 dalam bentuk Completely Knock Down (CKD),” sambungnya.

Mobil Baru Hyundai

Hyundai luncurkan kendaraan listrik Ioniq 5 (Foto: Hyundai)

Prediksi Mobil Baru Hyundai di Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Lee Kang Hyun memang tidak menyebutkan secara gamblang jenis dan nama mobil baru Hyundai apa saja yang akan meluncur di Indonesia.

Namun, berdasarkan rumor yang berkembang beberapa minggu belakangan, kuat dugaan bahwa mobil baru Hyundai yang akan diluncurkan adalah Staria, Stargazer, dan Ioniq 5.

Nama Hyundai Staria sudah tidak asing lagi bagi sebagian pecinta otomotif di Indonesia. Pada awal April lalu, nama Hyundai Staria sudah muncul di website Samsat DKI Jakarta.

Kepastian kehadiran Hyundai Staria semakin diperkuat oleh pernyataan juru bicara (jubir) Hyundai Motor Company (HMC) yang menyatakan bahwa Indonesia masuk dalam daftar negara yang bakal menerima kehadiran MPV mewah itu.

Mobil baru Hyundai

Hyundai Staria meluncur (Foto: Hyundai)

Hyundai juga berencana untuk mulai memperkenalkan minivan Staria di Vietnam, Malaysia dan Indonesia pada kuartal ketiga,” ucap jubir HMC.

Prediksi mobil baru Hyundai berikutnya adalah Stargazer. Nama mobil tersebut sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pendaftaran merek Hyundai Stargazer dilakukan pada akhir 2020.

Menurut isu yang beredar Stargazer akan bertarung di segmen low MPV, sekaligus menjadi pesaing baru bagi Toyota Avanza dan kawan-kawan.

Selanjutnya, mobil baru yang diperkirakan bakal masuk pasar Indoensia, yaitu Ioniq 5. Mobil listrik berbentuk Compact SUV ini kabarnya akan dirilis tahun depan dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama hasil rakitan pabrik Hyundai di Cikarang.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts