BeritaMobilSumber informasi

Tiga penghargaan Desain untuk Kia Ceed, Ceed Sportswagon dan ProCeed

Jakarta – Di 2019 Kia kembali berjaya di Red Dot Awards, memboyong tiga penghargaan bergengsi untuk desain. Menyusul peluncuran Kia Ceed generasi ketiga yang baru, yang sekarang dijual di seluruh Eropa, ketiga gaya bodi baru dalam jajarannya masing-masing telah menerima Penghargaan Red Dot untuk desain.

Tiga Kemenangan dalam kompetisi desain terkenal di dunia ini mewakili tahun kedua berturut-turut Kia mengambil sekaligus tiga penghargaan desain Red Dot. Ini mengikuti kesuksesan serupa pada tahun 2018. Pabrikan juga membawa pulang tiga penghargaan Desain iF sebelumnya pada tahun 2019.

Prestasi ini menggarisbawahi reputasi pabrikan Korea untuk desain kelas satu, yang selama lebih dari satu dekade dibentuk oleh Peter Schreyer, Presiden Desain dan Chief Design Officer untuk Kia Motors.

Sebagai informasi Kia memenangkan Red Dot Award pertamanya pada 2009, dengan Kia Soul. Sejak itu, Kia telah dianugerahi total 24 Red Dot Awards untuk desain kendaraannya

Tiga Desain untuk jajaran New Kia Ceed

Penghargaan terbaru telah diberikan kepada masing-masing dari tiga varian New Ceed: model hatchback Ceed lima pintu dan model Sportswagon. Dimana diluncurkan pada pertengahan 2018, dan five-door shooting brake New ProCeed, yang mulai dijual di Eropa pada awal 2019.

Rekayasa dan pengembangan dilakukan oleh pusat penelitian dan pengembangan merek di Rüsselsheim, dan ketiga tipe body diproduksi di Slovakia. Garis-garis yang bersih dan lurus menjadi ciri desain New Ceed Family. Mengambil inspirasi dari sedan sport fastback New Kia Stinger – yang juga merupakan pemenang Penghargaan Red Dot pada 2018.

Hatchback Ceed lima pintu lebih lebar dan lebih rendah dari pendahulunya. Kabin diposisikan lebih jauh ke arah belakang mobil, memberikan sikap dan bentuk yang lebih sporty. Dalam profil, pilar-C memberikan garis jendela atas bentuk ‘setengah bulan’ yang elegan.

Ceed Sportswagon membawa lebih banyak ruang dari sebelumnya ke kelas kompak: model generasi ketiga telah bertambah panjang. Menawarkan ruang bagasi lebih banyak (625 liter) daripada sebagian besar pesaingnya, dan bahkan sejumlah kendaraan dengan segmen lebih tinggi. Dengan proporsi yang cerdas dan desain baru yang dinamis, Ceed Sportswagon lebih sporty daripada pendahulunya.

Semenatara ProCeed baru memiliki desain yang sama sekali baru untuk Kia, dan merupakan compact shooting brake pertama dari pabrikan utama. ProCeed menggabungkan desain yang menakjubkan dan elegan dengan ruang dan keserbagunaan, menonjol dari saudara kandungnya dengan postur dan proporsi yang unik.

Tinggi 1.422 mm, itu adalah kendaraan terendah di segmen mobil keluarga. Elemen yang menentukan dari profilnya adalah garis atap dinamis, yang berakhir pada kaca depan belakang yang tajam.

Desain khasnya terutama terlihat dari belakang, dengan garis yang menyala yang menghubungkan lampu belakang LED, memberi ProCeed cahaya yang unik.

Baik ProCeed dan Ceed tersedia sebagai model ‘GT’ berdaya tinggi, ditenagai oleh 150 kW (204 ps) mesin 1,6 liter T-GDi (turbocharged gasoline direct-injection) .

Total enam mesin bensin dan diesel rendah emisi, masing-masing sesuai dengan standar emisi Euro 6d-TEMP baru, tersedia di seluruh tipe Ceed. Spektrum luas dari teknologi terbaru ini mencakup sistem Lane Follow Assist ‘Level Dua yang otonom dan kaca depan yang dipanaskan.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts