Berita

Kejar Target, Volkswagen Kebut Produksi 800 Ribu Mobil Listrik Tahun 2022 Ini

Jerman — Volkswagen (VW) memasang target produksi 800 ribu unit mobil listrik pada tahun 2022 ini. Target tersebut ditetapkan oleh raksasa asal Jerman tersebut demi mencapai 1,3 juta unit mobil listrik hingga 2023 mendatang.

Seperti diberitakan Reuters, Selasa (17/5/2022), Chief Sales Volkswagen AG Hildegaard Wortmann mengatakan pihaknya memang mengakui bahwa memproduksi dan menjual mobil listrik cukup sulit. Namun, Wortmann pun berharap dan optimis target besar tersebut bisa tersentuh akhir tahun ini.

“Penjualan mobil listrik saat ini memang cukup sulit, tetapi kami optimis bisa meraih hal tersebut,” kata Wortmann.

volkswagen produksi mobil listrik

Mobile charging robot hasil pengembangan dari Volkswagen (Foto: Autoindustriya)

Herbert Diess, Chief Executive Officer (CEO) Volkswagen juga turut menyampaikan bahwa mereka tengah menyuntikkan dana investasi dan menjalin kerja sama dengan perusahaan listrik terbesar di Spanyol, Iberdrola.

Dalam kerja sama tersebut VW dilaporkan telah menanamkan investasi senilai 10 miliar Euro setelah sebelumnya VW hanya berminat menggelontorkan 7 miliar Euro.

“Kami sudah mengumumkan kerja sama kemitraan dengan pembuat kendaraan listrik yang ada di Spanyol. Kami berencana untuk mendirikan pabrik baterai di lokasi dekat Valencia,” ujarnya dari sumber yang sama.

Volkswagen Rebadge Scout Jadi Mobil Listrik

Di Amerika Serikat, Volkswagen akan menghidupkan lagi merek legendaris Scout yang sudah absen sejak 1980-an.

Pada tahap awal, Scout akan fokus menghadirkan pikap dan Sport Utility Vehicle (SUV) dengan teknologi elektrifikasi.

Sementara itu, Carscoops melaporkan VW akan mulai memamerkan prototipe Scout pada tahun 2023. Langkah itu diawali dengan kemunculan dua sketsa yang menggambarkan sebuah SUV dan pikap double cabin.

Mobil Listrik VW

Volkswagen I.D. Buzz Concept. Foto/Istimewa.

Sketsa tersebut menampilkan desain mobil yang secara garis besar masih mencerminkan karakter model orisinal Scout zaman dulu. Ciri khas kuat yang tampak ialah desain boxy dengan overhang pendek baik di depan maupun belakang.

Menurut VW, produk yang bakal dijual Scout nantinya akan menggunakan platform baru yang lebih canggih dan dijual eksklusif di Amerika Serikat.

Sementara untuk proses produksinya sendiri bakal ditargetkan akan mulai pada tahun 2026 mendatang.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts