: Disarankan

3.5 Juta Nego

Indonesia

Ikhlas Motor Magelang
  • 56,000 Km

Suzuki Thunder 2008 bekas warna hitam ini dijual oleh Ikhlas Motor Magelang. Dealer ini berlokasi di Jl. Mayjen Bambang Soegeng, Mertoyudan, Magelang, Central Java, Indonesia. Terdapat perleng...

6 Juta Nego

Indonesia

Andi Motor Semarang
  • 19,000 Km

Suzuki Thunder 2009 bekas warna hitam ini dijual oleh Andi Motor Semarang. Dealer ini berlokasi di Jalan Majapahit, Pandean Lamper, Semarang City, Central Java. Terdapat perlengkapan seperti:...

8.5 Juta Nego

Indonesia

Beki Motor
  • 165,930 Km

Suzuki Thunder 2010 bekas warna hitam ini dijual oleh Beki Motor. Dealer ini berlokasi di Jalan Raya Pemda Sukahati, Sukahati, Bogor, West Java. Terdapat perlengkapan seperti: kickstarter, el...

5.5 Juta Nego

Kota Jakarta Timur

Rifky Timotius
  • 15,000 Km

Dijual Suzuki Thunder 125 Thn 2010 warna hitam atas nama sendiri pajak bln september 2017 kondisi prima. Harga nego Rp.5.500.000 peminat serius langsung hubungi  dgn sdr.Rifky.Kendaraan ini dijua...

4 Juta Nego

Jakarta Barat

Rabel Motor
  • 40,000 Km

Dijual segera motor dengan kondisi oke, mulus dan siap pakai. Terima cash-kredit dan tukar-tambahKendaraan ini dijual di Carmudi dengan harga yang bersaing dan kondisi yang berkualitas. Hubungi l...

5 Juta Nego

Indonesia

Yudha Motor PLM
  • 15,000 Km

Suzuki Thunder 2008 warna ini merupakan tawaran menarik dengan harga hanya Rp 5000000. Kendaraan ini datang dilengkapi dengan sistem transmisi Manual dan juga mempertimbangkan kilometernya yan...

12.5 Juta Nego

Kota Tgr. Sel.

Worlwideartho Worlwideartho
  • 120,000 Km

Dijual Suzuki Thunder 250. modifikasi japstyle alamat Bukit Pamulang indah Blok B10 No.3.Pamulang Barat.Tangerang Selatan Mesin Ok +Tokcer .BPKB+STNK completed Phone 081256300078

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Suzuki Thunder di Indonesia

jual suzuki thunder

Ketika era sepeda motor 2-tak berakhir, Suzuki juga ikut ambil bagian mengeluarkan produk baru mereka berupa sepeda motor bergenre 4-tak, Suzuki Thunder. Suzuki menghadirkan Thunder untuk bersaing di segmen motor sport, karena semakin menjamurnya animo masyarakat Indonesia yang menggemari sepeda motor model polos/naked untuk bisa dimodifikasi menjadi model balap atau pun touring. Jika dilihat dari segi desain, tampilan sebagai sebuah naked bikemasih tetap terlihat pada Thunder.

Segmentasi Pasar dan Model Motor

Ada dua varian Thunder yang dikeluarkan Suzuki untuk pasar Indonesia, yaitu Suzuki Thunder 125 dan Suzuki Thunder 250. Thunder kali pertamanya diperkenalkan ke publik luas adalah untuk versi Thunder 250 pada 1999. Setelah itu, produksinya dilanjutkan oleh sang adik, Thunder 125. Pasar yang disasar oleh Suzuki adalah mereka yang menggemari sepeda motor dengan model sport, yang terkadang gemar ke luar kota. Biasanya yang menggemari Thunder adalah mereka kaum pekerja yang membutuhkan sepeda motor tangguh untuk dijadikan tunggangan harian, dan anak-anak muda yang gemar memodifikasi motor berjenis batangan untuk dijadikan motor balap.

Review Suzuki Thunder

Makin maraknya pangsa pasar sepeda motor tipe sport menjelang tahun 2000, membuat Suzuki meluncurkan produk terbaru mereka, Suzuki Thunder 250, pada 1999 silam. Untuk model Thunder 250 yang beredar antara kurun waku 1999-2002, masih didatangkan secara utuh dari Jepang (CBU). Sementara itu, untuk Thunder 250 yang diproduksi dari 2003-2005, sudah dirakit di Indonesia (CKD).

Dengan pangsa pasar yang semakin terbatas, akhirnya membuat Suzuki menghentikan produksi Thunder 250 pada kisaran 2005. Meski begitu, pabrikan asal Jepang tersebut tetap mengeluarkan varian terbaru tapi dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, Thunder 125. Sambutan hangat pun langsung menyapa Thunder 125, karena Suzuki sudah tak terlalu mementingkan masalah akselerasi, tapi lebih memfokuskan diri pada keiritan bahan bakar dan daya tahan mesin. Hal inilah yang membuat Thunder 125 sebagai motor paling populer di Tanah Air.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Thunder

Hadir di segmen motor sport dengan tipe polos (naked) standar dan bukan sport, Suzuki Thunder memiliki beberapa kelebihan. Harga Thunder lebih murah dibandingkan para kompetitor di segmen sejenis, kapasitas tangki bahan bakar yang cukup besar, irit bahan bakar, suku cadang murah dan mudah diperoleh, serta nyaman baik untuk penggunaan dalam maupun luar kota.

Sedangkan kelemahan Thunder terdapat pada segi performa. Bobot Thunder tak sesuai dengan kapasitas mesin yang diusung, tampilannya kurang gagah sebagai motor sport karena menganut sistem rangka bulat, kemudian lengan ayunnya sangat kecil dan tak seimbang dengan bodi Thunder yang besar. Lalu, Thunder tak bisa mengeluarkan performa maksimal karena disematkan limiter rpm, lampu kurang terang, dan komstir sering mengalami masalah.

Performa Suzuki Thunder

Untuk Suzuki Thunder 250, tipe mesin yang diusung adalah 4 langkah SOHC, TSCC, berpendingin udara, kapasitas 249 cc, dengan transmisi manual 5 percepatan. Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 20 dk pada 7.500 rpm, dengan torsi maksimalnya 2.1 kgm pada 6.000 rpm. Sementara untuk Thunder 125, mengusung mesin berkapasitas 125 cc, 4 tak, SOHC, transmisi manual 5 percepatan, serta sistem starternya engkol dan listrik. Untuk tenaga yang bisa dihasilkan sebesar 11.8 PS pada 9.000 rpm, dan torsi maksimalnya 9.4 Nm pada 7500 rpm.

jual beli suzuki thunder

Desain dan Fitur-fitur Suzuki Thunder

Awalnya Suzuki Thunder dihadirkan sebagai motor sport dengan model polos (naked), di mana disematkan lampu model bulat dan indikator analog. Namun seiring waktu, gempuran dari para pesaing semakin hebat, dan Thunder seperti tak berdaya. Terlebih lagi dengan dihadirkannya teknologi injeksi dan motor-motor skutik, sehingga model Thunder dianggap ketinggalan jaman, seperti halnya dengan fitur-fitur yang disematkan.

Karakteristik Kendaraan

Suzuki Thunder disodorkan dengan konsep sebagai motor sport, tapi tak lagi mengandalkan kecepatan atau performa seperti halnya produk-produk Suzuki lainnya, melainkan lebih mengandalkan sisi efisiensi bahan bakar dan daya tahan mesin. Teknologi yang dicangkokkan pada Suzuki Thunder, terbilang masih tertinggal beberapa langkah dibandingkan para kompetitornya. Jika sistem pengereman para pesaing sudah menggunakan rem cakram di bagian depan dan belakang, Thunder masih mengandalkan rem tromol di bagian belakang.

Kompetitor Suzuki Thunder

Bersaing di segmen motor sport, Suzuki Thunder menghadapi para petarung dari yang datang dari Honda Tiger, Yamaha Scorpio, dan Bajaj Pulsar di kelas 200 cc ke atas. Sedangkan pangsa pasar Thunder di kelas 125 cc juga semakin tenggelam, terlebih setelah para kompetitor mengeluarkan motor di kelas 150 cc seperti Honda New Megapro dan Yamaha Byson pada 2010 lalu.

Keterpurukan yang di alami Thunder semakin menjadi, karena para pesaing kembali mengeluarkan senjata andalan mereka di 2012 lalu, di mana Yamaha dan Honda masing-masing menggelontorkan sepeda motor sport terbaru berjenis full fairing, yakni Yamaha New V-Ixion dan Honda CBR 150R. Sementara keruntuhan Thunder semakin jelas terlihat, ketika Honda mengeluarkan motor ekonomis mereka di segmen 150 cc, Honda Verza.

Harga Suzuki Thunder dan Ketersediaan Motor

Produksi Suzuki Thunder masih terus berjalan sampai dengan saat ini, tapi tetap tak ada inovasi yang dilakukan Suzuki untuk menggerus pasar motor sport di kelas 125 cc. Persaingan di segmen ini pun akhirnya juga sudah tak ada lagi, karena para pabrikan lebih fokus menggarap segmen motor sport full fairing dan juga naked bike. Kemunculan skutik juga turut menyumbang kehancuran Thunder. Di segmen ini, para pabrikan berlomba-lomba untuk mengisi ceruk pasar yang sangat terbuka dan berusaha untuk menjadi pemimpinnya.

suzuki thunder dijual

Kesimpulan

Suzuki Thunder pernah mengalami puncak kejayaan sebagai motor terlaris di segmen motor sport untuk kelas 125 cc. Tapi, seiring waktu keberadaannya sudah semakin tak dilirik lagi oleh para konsumen, karena tak ada inovasi berarti yang dilakukan Suzuki untuk menghadapi terjangan para kompetitor. Inilah yang menjadi penyebab mengapa Thunder bisa tergerus posisinya dari para pesaing. Selain itu, kehadiran sepeda motor berjenis skutik ternyata lebih dilirik oleh konsumen dan membuat mereka meninggalkan Thunder.

Harga jual Thunder terbaru cukup menguras kantong, di mana harga motor bekasnya semakin tenggelam dan dipatok dengan harga yang sangat murah. Namun, jika mencari model motor sport yang cukup nyaman untuk harian, siap untuk diajak touring dan irit konsumsi bahan bakarnya, maka Thunder bisa dijadikan alternatif pembelian. Selain itu, jika tertarik meminang Thunder, tak usah menguatirkan mengenai suku cadangnya karena masih banyak tersedia di pasaran dan harganya relatif masih terjangkau.