2 Hasil ditemukan
  • 32,000 Km
  • Depok
  • 9,800 Km
  • Kota SBY
Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Yamaha Lexam di Indonesia

harga Yamaha Lexam

Maraknya penjualan sepeda motor berjenis skutik, membuat Yamaha berusaha membuat perubahan yang radikal pada sepeda motor berjenis cub atau bebek. Mengikuti jejak pesaing beratnya, Honda, yang sudah terlebih dulu mengeluarkan varian sepeda motor bebek matik, Yamaha pun menggelontorkan varian yang sama dengan nama Yamaha Lexam. Sepeda motor jenis ini atau yang kerap disebut dengan bebek matik (betik), diharapkan bisa membawa angin segar ke pangsa pasar otomotif Tanah Air. Mengambil desain seperti layaknya motor bebek, tapi mengusung transmisi otomatis seperti skutik.

Segmentasi Pasar dan Model Motor

Hadir di segmen sepeda motor betik, Yamaha Lexam mengincar konsumen yang ingin mencari sensasi mengendarai sepeda motor berjenis bebek, tapi transmisinya otomatis seperti skutik. Sebagai kendaraan komuter, Lexam dihadirkan untuk anak-anak muda dan para pekerja kantoran yang memiliki mobilitas tinggi. Modelnya yang seperti motor bebek, tapi berkendara seperti skutik, membuat Lexam sangat nyaman dikendarai sebagai kendaraan harian.

Meski begitu, ternyata penjualan bebek matik (betik) di pasar Indonesia sangat mengecewakan. Hal ini karena masyarakat lebih senang mengendarai skutik, ketimbang sepeda motor yang memadukan antara bodi motor bebek (cub) yang disematkan transmisi otomatis (CVT). Model bodi yang dianggap kurang menarik juga menjadi salah satu faktor mengapa betik tak laku di Indonesia.

Review Yamaha Lexam

Yamaha Lexam hadir di pangsa pasar otomotif nasional pada medio Januari 2011 lalu. Lexam diperkenalkan sebagai sepeda motor bebek matik atau betik. Modelnya mengusung konsep layaknya seperti sepeda motor bebek pada umumnya, tapi transmisinya mencangkok transmisi otomatis seperti yang terdapat pada motor-motor bejenis skutik.

Sebelum dipasarkan di Indonesia, Yamaha Lexam sudah lebih dulu diluncurkan di Vietnam, dengan mesin berkapasitas 110 cc yang dibenamkan di dalamnya. Mengadopsi teknologi Yamaha Compact Automatic Transmission (YCAT), meski berbentuk layaknya motor tipe bebek, tapi transmisi Yamaha Lexam sudah otomatis dengan continuously variable transmission (CVT) layaknya skutik.

YCAT sendiri merupakan teknologi andalan Yamaha untuk menghadapi teknologi CV-Matic yang dikeluarkan oleh Honda. Teknologi ini mengandalkan drive belt dengan elastisitas tinggi yang terbuat dari bahan resin. Keunggulan teknologi ini adalah performa maksimal yang bisa diperoleh mesin pada saat putaran rendah. Hal inilah yang membuat mesin untuk bisa mencapai kinerja maksimum tak perlu mengonsumsi banyak bahan bakar.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexam

dijual Yamaha Lexam

Yamaha Lexam memiliki beberapa keunggulan, seperti desainnya yang terlihat elegan, mengusung teknologi Yamaha Compact Automatic Transmission (YCAT) yang diklaim lebih irit dalam konsumsi bahan bakar dan tak membuat mesin cepat panas, dan rem parkir yang mudah dioperasikan. Sedangkan untuk kekurangannya terletak pada desain lampu belakang yang kurang menarik dan harganya yang dibanderol sangat mahal dibandingkan kompetitornya. Selain itu, harga suku cadang yang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan skutik atau pun motor bebek, membuat banyak orang enggan meminang Lexam.

Performa Yamaha Lexam

Betik lansiran Yamaha ini mengusung mesin bertipe 4-langkah, 2 katup SOHC, berpendingin udara, silinder tunggal, dan memiliki kapasitas mesin sebesar 113.7 cc. Kapasitas tangki bahan bakarnya 4.1 liter, dengan sistem pengabutan menggunakan karburator dan pengapiannya menggunakan CDI. Tipe transmisinya V-belt otomatis dan reduksi secondary rantai, dengan pola pengoperasian transmisinya CVT otomatis. Sementara tenaga yang mampu dihantarkan 6.18 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 8.23 Nm pada 6.500 rpm.

Desain dan Fitur-fitur Yamaha Lexam

Yamaha Lexam ditampilkan dengan desain yang terlihat elegan dan berkesan futuristik. Dibandingkan dengan model yang dikeluarkan oleh Vietnam, Lexam untuk pasar Indonesia mengusung model lampu depan yang membulat. Fitur-fitur yang disematkan antara lain adalah teknologi mesin YCAT yang diklaim lebih kompak dibandingkan kompetitor, dan rem parkir yang mudah untuk dioperasikan.

Karakteristik Yamaha Lexam

Seperti layaknya motor-motor lansiran Yamaha lainnya, Lexam terbilang sangat enak untuk dikendarai. Selain efisien dalam penggunaan bahan bakar, bodi Lexam yang ramping membuatnya sangat nyaman ketika menikung atau saat melewati jalanan yang rusak. Hal ini didukung oleh suspensinya yang sudah menggunakan teleskopik di bagian depan, dan lengan ayun dengan suspensi ganda di bagian belakang.

Mengadopsi tipe rangka pipa baja tulang bawah atau steel tube underbone, membuat Yamaha Lexam memiliki bodi ringan tapi kokoh, sehingga tak menyebabkan ringsek. Untuk sistem pengereman, Lexam sudah menyematkan rem cakram di bagian depan dan belakangnya memakai tromol. Karakteristik seperti inilah yang membuat Lexam berbeda dibandingkan dengan skutik atau motor bebek lainnya.

Kompetitor Yamaha Lexam

Berada di segmen bebek matik (betik), tak ada pemain lain di segmen ini selain Honda. Pabrikan-pabrikan sepeda motor lainnya lebih tertarik untuk menggarap secara serius segmen motor bebek atau skutik yang penjualannya terus meningkat. Untuk segmen yang terbilang baru ini, Yamaha Lexam berhadapan secara langsung dengan Honda Revo AT, yang dikenal sebagai pelopor segmen bebek matik di pasar otomotif Tanah Air.

Harga Yamaha Lexam dan Ketersediaan Motor

Karena kurangnya peminat untuk segmen bebek matik, produksi Yamaha Lexam akhirnya dihentikan pada 2013 lalu. Pada saat diluncurkan, Lexam dibanderol sebesar Rp. 16.4 juta. Banyak yang mengeluhkan mengenai desain dan juga model dari Lexam, karena mengusung model bodi motor bebek tapi menggunakan transmisi skutik. Selain itu, suku cadang yang sulit didapatkan dan juga harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan suku cadang motor bebek dan skutik, membuat banyak orang berpikir ulang untuk meminang betik lansiran merek berlogo garpu tala tersebut. Berikut ini merupakan kisaran harga jual Lexam dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Yamaha Lexam bekas dan baru

Kesimpulan

Meskipun mengusung model perpaduan antara motor bebek dengan skuter matik, dengan desain yang terbilang futuristik, tapi untuk jenis sepeda motor bebek matik ternyata kurang diminati oleh konsumen di Tanah Air. Sepinya peminat, membuat Yamaha menghentikan produksinya. Banyak orang lebih cenderung untuk memilih jenis motor bebek atau skutik, ketimbang sepeda motor betik.

Namun, jika Anda mencari sepeda motor harian yang memiliki bodi ramping dan sanggup melibas kepadatan jalan, Lexam bisa dilirik untuk dijadikan bahan pertimbangan. Selain itu, teknologi terbaru dari Yamaha yang disematkan pada Lexam, menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kompetitornya.

Dengan teknologi terbaru yang dibenamkan oleh Yamaha, Lexam diklaim lebih irit konsumsi bahan bakarnya dibandingkan dengan motor bebek atau skutik. Performa dan kegesitan juga menjadi salah satu keunggulannya. Namun, kendala yang masih harus dihadapi adalah mengenai ketersediaan suku cadang dan juga harganya, yang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek dan skutik.

Detail Kontak Penjual

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Berikut tips-tips dari kami Carmudi
Sebutkan Anda melihat kendaraan yang akan dijual di Carmudi, agar penjual cepat merespon.
Selalu bertemu dengan penjual sebelum melakukan pembayaran uang muka.
Telepon SEKARANG! Mobil bagus terjual dengan cepat!
Detail Kontak Penjual
Untuk melihat detail kontak Penjual, silakan isi detail di bawah ini
Butuh pinjaman untuk kendaraan ini
Dengan klik tombol di atas, Anda menyetujui Persyaratan kami
Kirim pesan ke Penjual

One-Time Password (OTP) terkirim via SMS

Untuk verifikasi permintaan kredit Anda, masukan OTP di bawah ini

Oops! Sepertinya kami sulit melakukan verifikasi OTP yang anda masukan. Coba sekali lagi

Maaf, sepertinya ada sedikit kendala pada permintaan OTP Anda. Silakan verifikasi nomor Anda lagi pada kunjungan selanjutnya ke www.carmudi.co.id setelah 24 jam.

Belum mendapatkan kode OTP? Tunggu detik Permintaan OTP baru


Kami sudah menerima permintaan anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Verifying ...