Sepeda motor Tips dan Trik

3 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Bermain Vespa Klasik

Vespa klasik

Vespa klasik. (Foto/Istimewa)

Jakarta – Beberapa bulan belakangan ini, ramai di sosial media tentang pehobi yang mulai membangun Vespa klasik. Alasannya pun bermacam-macam. Mulai dari nostalgia masa kecil bersama keluarga, motor impian, hingga incaran yang baru bisa dibeli saat memiliki dana.

Namun bagi kamu yang hendak membeli Vespa klasik, ada beberapa tips yang harus diketahui. Om Beng, pendiri Indonesia Vespa Days menjelaskan beberapa hal sebelum membeli Vespa klasik.

Kepada Carmudi, Om Beng menjelaskan secara detail mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dokumen dari sepeda motor asal Italia tersebut.

“Yang pasti sesuaikan dahulu nomor mesin dan nomor bodi yang ada di sepeda motor dengan yang ada di BPKB dan STNK. Untuk nomor mesin Vespa klasik biasanya ada di batang mesin yang terhubung dengan baut chasis,” ujar Om Beng kepada Carmudi, Rabu (6/5/2020).

Vespa World Days

Vespa World Days. (Foto/istimewa)

Lebih lanjut Om Beng menjelaskan mengenai letak nomor bodi pada Vespa klasik. “Biasanya sebagian seri berada di bagian laci karburator untuk tahun 1950-an. Ada juga yang di bawah boks kiri atau boks bagasi untuk tahun 1960-an. Lalu ada juga yang di sebelah kanan boks mesin dekat dengan mesin. Itu biasanya untuk model di atas tahun 1960-an,” lanjutnya.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah komposisi bodi set. Biasanya bagi orang awam, akan sulit membedakan bodi set yang asli dengan replika. Untuk itu, perlu kejelian yang sangat detail dan harus diperhatikan dengan seksama. Tenang, om Beng pun membeberkan sedikit rahasianya.

“Bodi sebisa mungkin jangan pernah melirik bagian yang sudah pernah dipotong atau pernah dibentuk. Yang kedua usahakan setang sesuai dengan seri Vespa tersebut. Ketiga itu parts seperti tangki bensin, boks kiri-kanan, dan spatbor depan usahakan cari yang masih bawaan aslinya. Kalau sudah diganti masih mudah dicari partsnya kok,” jelasnya seru.

Mesin Sebisa Mungkin Dipertahankan Keasliannya

Hal terpenting yang terkadang dilupakan oleh para pemain Vespa adalah mesin. Mesin Vespa klasik terkadang sudah mengalami sedikit modifikasi. Sehingga hal tersebut mengurangi nilai keaslian dari Vespa. “Pastikan mesin masih berada pada posisinya. Vespa yang tahun tua itu belum banyak pakai kelistrikan dan pakai platina. Sebisa mungkin disesuaikan aslinya saja,” tutupnya.

Vespa klasik lansiran 1950-an kerap menjadi incaran

Vespa klasik lansiran 1950-an kerap menjadi incaran

Vespa tua saat ini bisa dibilang menjadi salah satu motor incaran para pehobi. Harga yang dibanderol pun tak main-main, karena bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta. Hal itulah yang membuat saat ini banyak orang ingin memiliki Vespa tahun tua untuk dikoleksi di rumah.

 

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts