Sumber informasi

6 Bengkel Mobil Balap Buat yang Pengen Modifikasi Performa

Bengkel mobil balap dapat menjadi tujuan bagi Anda yang berniat meningkatkan performa kendaraan. Bengkel semacam ini terkadang memang lebih fokus menggarap mobil kompetisi. Tapi beberapa di antaranya juga terbuka melayani mobil harian.

Tak sedikit pemilik mobil yang merasa belum puas dengan performa standar pabrikan. Akhirnya modifikasi pun dilakukan demi memuaskan hasrat untuk melaju lebih kencang. Langkah tersebut sah-sah saja dilakukan asal tetap memerhatikan aspek keselamatan.

Tapi penting diingat, ada baiknya modifikasi atau ubahan menyentuh sektor performa dilakukan bengkel profesional yang memiliki spesialisasi di bidang tersebut. Dalam hal ini bengkel mobil balap atau yang juga akrab disebut speedshop dapat menjadi pilihan.

Rekomendasi Bengkel Mobil Balap

Cukup banyak bengkel yang dikenal memiliki spesialisasi bikin mobil tambah kencang. Tapi di antaranya ada beberapa nama yang cukup mencolok, contohnya RFT Motorsport, Sigma Speed, Garden Speed, Rev Engineering, AFJ Motorsport, atau Engine Plus Motorsport.

Mari simak ulasan berikut untuk mengenal lebih dekat satu per satu.

1. RFT Motorsport, Pondok Cabe – (021) 74703549

Bengkel Mobil Balap RFT Motorsport

(Foto: Google)

Bengkel RFT Motorsport beralamat di Jl. Pondok Cabe Raya, No. 89, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Bengkel ini milik pereli Rizal Sungkar dan Rifat Sungkar.

Dalam sebuah pemberitaan, Rizal menyampaikan bahwa RFT Motorsport fokus melayani pembuatan mobil-mobil kompetisi untuk bermacam-macam kategori, seperti reli, drifting, slalom, time attack, gymkhana, touring, dan off road.

Dijelaskan, biaya membuat mobil kompetisi dapat disesuaikan dengan bujet pemilik, tapi tentu jumlahnya tak bisa dibilang murah. Ambil contoh untuk mobil reli berkisar antara Rp200 juta sampai Rp500 juta.

Angkanya akan lebih tinggi jika termasuk mengubah sistem penggerak menjadi 4WD, yakni mulai dari Rp300 juta sampai Rp1 miliar.

Proses pengerjaan mobil-mobil seperti itu membutuhkan waktu yang variatif, mulai dari 20 hari sampai 1,5 tahun. Hitungan tersebut berlaku untuk mobil yang dibangun dari nol sampai benar-benar siap balap.

2. Sigma Speed, Jatibening Baru – 0851-0168-1756

Bengkel Mobil Balap Sigma Speed

(Foto: Sigma Speed)

Sigma Speed memiliki nama yang sangat harum di dunia balap mobil Indonesia. Tak terhitung banyaknya jumlah pembalap yang naik podium dengan mobil garapan bengkel ini.

Bengkel yang telah berdiri sejak tahun 1981 tersebut sekarang beralamat di Jl. Jati Bening II, No. 33, Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi. Fokusnya antara lain, servis, racing support, tuning, dan dyno.

Bengkel ini didirikan oleh M. Soleh Yusuf yang merupakan jebolan PT Indokaya, produsen mobil Datsun pada era 1970-an. Soleh mendirikan Sigma Speed setelah perusahaan tempatnya bekerja ditutup.

Memasuki awal era 2000-an, Sigma Speed mulai bermain dengan mesin dyno dan piggyback. Kala itu, dua hal tersebut merupakan gebrakan dalam dunia tuning di Tanah Air. Hal tersebut seiring makin jamaknya teknologi komputerisasi yang terdapat pada kendaraan.

Kabarnya, Soleh juga punya andil terhadap lahirnya beberapa produk piggyback Dastek Unichip. Jenama asal Afrika Selatan tersebut menerima masukan-masukan dari Soleh untuk penambahan fitur dan agar dapat dipasang pada mobil bermesin diesel ataupun bensin.

3. Rev Engineering, Kebon Jeruk – (021) 56969026

Bengkel Mobil Balap Rev Engineering

(Foto: Rev Engineering)

Saat ini terdapat sejumlah cara untuk meningkatkan tenaga mesin kendaraan. Salah satunya melalui remap Electronic Control Unit (ECU). Dalam hal ini, bengkel Rev Engineering dapat dikatakan salah satu ahlinya di Indonesia.

Bengkel yang dimiliki oleh pria bernama Teddy Suryajaya tersebut beralamat di Jl. Panjang No. 70, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Remap ECU sendiri cukup populer di kalangan penyuka kecepatan. Prosesnya dilakukan dengan melakukan kalibrasi ulang ECU mobil sesuai dengan keinginan penggunaan sehingga didapat tenaga mesin lebih besar.

Dalam sebuah pemberitaan disebutkan, biaya remap ECU di bengkel ini sekitar Rp4-5,5 jutaan. Tenaga ekstra yang didapat variatif, mulai antara 30-50 hp.

Selain remap ECU, di bengkel ini konsumen juga melakukan pemasangan piggyback, tune up, servis kaki-kaki, hingga melakukan swap engine.

4. AFJ Motorsport, Duren Sawit – (021) 8620770

AFJ Motorsport

(Foto: Google)

Dalam profil media sosialnya, bengkel AFJ Motorsport menyatakan pihaknya berpengalaman membangun mobil balap yang sukses menjadi juara sejak era 1990-an. Bengkel ini digawangi oleh pembalap top nasional bernama Jimmy Lukita.

Bengkel AFJ Motorsport bisa ditemui di alamat Jl. Jenderal Basuki Rachmat, No. 1, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Hingga saat ini, Jimmy sendiri masih aktif balapan dan tergabung dengan tim ABM Motorsport. Tak jarang mobil balap BMW yang digunakannya ikut mejeng di halaman bengkel ini.

Walau punya banyak pengalaman membuat mobil balap, tapi bengkel ini juga terbuka untuk perbaikan atau servis mobil harian. Jenis-jenis perawatan rutin seperti halnya servis, tune up, atau ganti oli sudah tentu bisa dilayani.

Di samping itu, bengkel ini juga bisa jadi tujuan konsumen yang ingin ganti ban sekaligus melakukan spooring dan balancing.

5. Garden Speed Motorsport, Cilandak – 0813-8382-4343

Bengkel Mobil Balap Garden Speed

(Foto: Garden Speed)

Garden Speed Motorsport merupakan salah satu bengkel berpengalaman yang disegani di dunia balap mobil. Bengkel ini telah berdiri sejak tahun 1995. Saat ini Garden Speed Motorsport memiliki dua lokasi.

Tempat pertama ialah markas divisi balap mereka yang beralamat di Jl. Pahlawan No.17, Rempoa, Bintaro. Lokasi kedua ditujukan untuk melayani pelanggan yang ingin melakukan perbaikan dan perawatan di Jl. Muhasyim VII, No. 45A, Cilandak, Jakarta Barat.

Di tempat ini konsumen juga dapat melakukan pembelian komponen-komponen yang dibutuhkan untuk mobilnya. Bahkan komponen yang sifatnya condong pada peningkatan performa. Bengkel ini termasuk sebagai diler resmi piggyback Dastek Unichip.

6. Engine Plus Motorsport, Tanjung Priok – (021) 22657244

Bengkel Engine Plus

(Foto: Google)

Rekomendasi bengkel mobil balap berikutnya ialah Engine Plus Motorsport yang beralamat di Jl. Indokarya 1, Blok A, No. Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bengkel ini didirikan pada 2010 oleh pria bernama Luckas Dwinanda yang berprofesi sebagai pembalap sekaligus tuner.

Di bengkel ini konsumen bisa mendapatkan komponen-komponen untuk mendongkrak performa kendaraannya, semisal modifikasi cylinder head, connecting rod, piston dengan kompresi tinggi, hingga turbo.

Kesuksesan Bengkel Engine Plus Motorsport saat ini merupakan hasil dari yang dilakukan Luckas pada masa lalu. Sebelum besar seperti sekarang, Luckas lebih sering kerap melakukan modifikasi performa mobil milik kawan dekatnya.

Tapi untuk sekarang sudah banyak konsumen dari kalangan masyarakat umum yang datang untuk memanfaatkan keahliannya.

Demikianlah daftar rekomendasi bengkel mobil balap yang bisa jadi rujukan bagi konsumen. Bengkel semacam ini akan melayani pemilik mobil seandainya membutuhkan perawatan rutin atau perbaikan yang sifatnya umum.

Tapi selain itu mereka juga siap dan mampu konsumen seandainya ingin melakukan modifikasi yang menyentuh sektor performa pada kendaraan harian.

Dengan pengalaman puluhan tahun berkecimpung di dunia balap mobil, mereka paham apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Langkah seperti itu sah-sah saja untuk dilakukan asalkan tetap memerhatikan faktor keselamatan dan perilaku berkendara yang penuh tanggung jawab di jalan raya.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts