Berita Sepeda motor Sumber informasi

Mengenal Sistem Kerja ABS Pada Sepeda Motor

ABS sepeda motor (Foto: Quora)

Penulis: Gede Widiastra

Karawang – Industri otomotif saat ini sudah semakin pesat, terbukti banyak produsen kendaraan bermotor berlomba-lomba menyematkan teknologi muktahir pada tiap kendaraanya, mulai dari fitur kenyamanan, fitur hiburan, hingga fitur keselematan salah satunya adalah ABS (Antilock Breaking System).

Pada awalnya sistem ABS hanya dapat kita dapatkan pada mobil saja, itupun dengan tipe yang menengah ke atas. Namun kini, seiring berjalannya waktu fitur ABS juga sudah mulai disematkan pada motor.

ABS merupakan fitur aktif keselamatan yang terpusatkan pada sistem pengereman. Tujuannya agar roda depan tidak terkunci dan menghindari kendaraan tergelincir ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Baca juga: Sistem Pengereman Otomatis pada Mobil Bisa Mengurangi Kecelakaan, Benarkah?

Menurut Project Manager Chassis System Control Bosch Malaysia, John Chong secara keseluruhan pola kerja sistem ABS pada motor hampir sama dengan sistem kerja ABS pada mobil. Semua dikontrol oleh Wheel Speed Sensor.

“Pada sepeda motor, fitur ABS berupa ring yang terdapat di lingkaran cakram, nantinya ring inilah yang dikemudikan dan dikontrol oleh Wheel Speed Cencor,” jelas John Chong di sela ASEAN Automobile Safety Forum 2018, di Karawang, Jawa Barat (13/11).

Kemudian Wheel Speed Cencor nantinya akan mengirim informasi ke modulator dan tentunya modulator tersebut yang akan memerintah pompa hidrolik untuk memberikan tekanan rem. Nantinya modulator itu sendiri akan menghitung seberapa besar tekanan yang harus diberikan oleh pompa hidrolik, sehingga akan terjadi proses tekan dan lepas rem untuk menyesuaikan tekanan yang dibutuhkan oleh rem.

Pengujian rem ABS sepeda motor (Foto: Gede/Carmudi)

Ada Dua Jenis Channel ABS Pada Motor

Berbeda dengan mobil, ABS pada sepeda motor ada dua jenis yaitu ABS dengan satu channel dan ABS dengan dua channel. Lantas apa yang membedakan?

Secara fungsional dan performa keduanya tidak memiliki perbedaan, hanya saja keduanya tidak bisa dipasang secara sembarangan pada sepeda motor. Untuk ABS dengan satu channel hanya bisa disematkan pada motor yang memiliki rem cakram pada roda depan saja. Sedangkan ABS yang memiliki dua channel khusus untuk motor yang memiliki rem cakram pada roda depan dan belakang yang nantinya ABS tersebut terpasang di kedua rem.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts