Produk

7 Alat Cuci Motor Terbaik, Harga Mulai Rp110 Ribuan

Alat cuci motor terbaik pasti dicari para pecinta sepeda motor untuk rutin menjaga kebersihan tunggangannya. Daripada mengeluarkan uang untuk mencuci di luaran, lebih baik berinvestasi memiliki alatnya sendiri di rumah.

Biasanya harga jasa cuci motor di Jakarta atau kota-kota besar lainnya mulai dari Rp15 ribuan hingga Rp50 ribuan tergantung tempat.

Terkadang saat mencuci motor di luaran pemilik motor kerap merasa sedikit kesal. Maklum, tidak semua tempat pencucian membersihkan motor dengan bersih.

alat cuci motor

Mencuci jadi salah satu cara terbaik merawat motor di musim hujan

Bahkan sering juga ditemui tempat pencucian motor yang hasilnya kurang memuaskan. Bagi pecinta motor sejati, hal tersebut tentu akan menimbulkan rasa sedikit kesal; sudah mengeluarkan uang, tetapi hasil pencuciannya kurang maksimal.

Alhasil, kita harus mencuci motornya lagi di rumah.

Daripada menyimpan rasa kesal di dada seperti disakiti mantan pacar, lebih baik membeli alat cuci motor saja. Selain bisa mencuci dengan bersih, pemilik juga akan lebih senang karena bisa menyimpan uang mencuci motor untuk ditabung.

Daftar Alat Cuci Motor Terbaik

Beberapa alat cuci motor yang sudah kami rangkum di bawah ini bisa menjadi referensi Carmudian untuk membersihkan motor dengan baik.

Produk Lokal Rakitan – Harga Rp115 Ribuan

Alat cuci motor yang bisa dibeli dengan mudah dan banyak tersedia di berbagai platform online adalah produk lokal rakitan. Umumnya penjual menawarkan produk ini dalam satu paket.

Pembeli ditawarkan dalam paket dengan selang maupun tanpa selang. Dalam paket tersebut terdiri dari dinamo, adaptor supply, klem selang, jack female, filter air, nepel set, dan sealtape.

alat cuci motor

Produk yang ditawarkan bersifat plug and play, alias tinggal pakai saja. Cara pakainya pun juga sangat mudah seperti menyalakan pompa air.

Yang cukup menarik adalah harga yang ditawarkan. Untuk paket tanpa selang harga termurah yang dibanderol mencapai Rp115 ribuan, sementara dengan selang mencapai Rp130 ribuan.

Listrik yang dibutuhkan juga tak terlalu besar, mencapai 50 watt saja. Biasanya selang yang diberikan memiliki panjang 5 meter dengan selang isap 2 meter.

Dengan harga tersebut, alat cuci ini jadi yang paling sering dibeli untuk mencuci sepeda motor di rumah.

Raiden – Harga Rp260 ribuan

Alat cuci motor kedua rekomendasi Carmudi ada merek Raiden. Merek asal Jepang ini punya harga sedikit lebih mahal di kisaran Rp260 ribuan.

Menariknya, alat cuci motor ini punya capit buaya yang bisa dihubungkan ke aki sebagai sumber listrik alternatif. Untuk kelistrikan utamanya tetap disediakan adaptor yang bisa dicolok ke colokan rumah pada umumnya.

alat cuci motor

Dalam satu paket terdiri dari mesin, adaptor 12 volt, capit buaya, selang 5 meter dan 3 meter, sikat, dan sprayer. Tekanan yang dihasilkan alat ini mencapai 180 psi dalam posisi kerja normal.

H&L ABW VRS 60 – Harga Rp665 ribuan

Jika kedua alat cuci motor di atas dirasa kemurahan, tenang masih ada merek H&L tipe ABW VRS 60, kok. Alat cuci satu ini punya harga di kisaran Rp660 ribuan.

Secara spesifikasi, alat ini memang berada di atas kedua alat yang sudah kami sebutkan. Mesin yang diberikan terlihat lebih rapi, proper, profesional. Setidaknya bisa buat bergaya sedikit di depan kawan yang sedang main ke rumah.

alat cuci motor

Dalam satu paket terdiri dari selang high pressure 5 meter, spray gun, botol sabun, quick connecting, gun cleaner, dan manual book serta garansi.

Untuk mengoperasikan alat ini dibutuhkan listrik yang cukup besar, yakni 700 watt dengan voltase 220 volt. Memang, ketika menggunakan alat ini listrik akan tersedot cukup banyak, tetapi hal tersebut diimbangi dengan semburan bertekanan 105 bar.

NLG HPC 40-TS – Harga Rp890 ribuan

Alat cuci motor lainnya ada merek NLG tipe HPC 40-TS. Mesin satu ini punya dimensi yang cukup mungil disertai roda di bagian bawahnya.

Dari segi harga, NLG HPC 40-TS punya harga yang cukup mahal dengan kisaran Rp890 ribuan. Walaupun mahal pembeli juga mendapatkan garansi 1 tahun.

Ketika membeli produk ini, pembeli akan mendapatkan spray gun, nepel, selang high pressure 5 meter, botol sabun, dan kepala spray gun yang berbeda-beda.

Untuk menyalakan mesin yang bisa memompa 4,6 liter air dalam 1 menit ini dibutuhkan daya sebesar 700 watt. Pastikan rumah Carmudian memiliki daya listrik yang cukup daripada listrik di rumah njepret, ya!

Hiu Dual Pump 160 Psi – Harga Rp490 ribuan

Selanjutnya ada merek Hiu dengan tipe Dual Pump 160 Psi. Secara desain, alat cuci motor satu ini terbilang cukup simpel seperti rakitan lokal tanpa merek yang banyak dijual di pasaran.

alat cuci motor

Harga yang ditawarkan berkisar Rp490 ribuan di berbagai platform online. Soal kelengkapan, pembeli akan mendapatkan selang spiral 12 meter, selang input 3 meter, pengunci, nosel, pompa, adaptor, dan stop kran.

Kyodo Prowash 80 – Harga Rp660 ribuan

Secara spesifikasi, alat cuci motor merek Kyodo tipe Prowash 80 ini tidak berbeda jauh dengan beberapa merek di atas. Untuk menyalakan mesin dibutuhkan daya 800 watt atau 220 volt guna menyemburkan tekanan 105 bar.

Mesin akan menyala dan memompa 6 liter air per menit. Kelengkapan yang didapat oleh pembeli terdiri dari selang high pressure, nosel, botol sabun, dan nepel guna mengunci sambungan-sambungan dari selang dan bagian lainnya.

Xenon X-HPW 400 – Harga Rp630 ribuan

Jika beberapa mesin di atas menyedot listrik yang cukup tinggi, merek Xenon X-HPW400 ternyata menawarkan mesin dengan daya listrik yang kecil.

Untuk menyalakan mesin pompa ini membutuhkan daya 400 watt dengan tekanan air 60-100 bar. Mesin tersebut bisa memompa 300 liter debit air per jam. 

Produk asal Jerman ini juga memberikan garansi pemakaian hingga 3 bulan sejak barang diterima.

Kesimpulan

Bagi Carmudian yang sedikit ‘repot’ untuk mencuci motor sendiri di rumah rasanya cocok membeli alat cuci yang kami sebutkan di atas. Selain sebagai alat cuci motor, membeli mesin di atas bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Misalnya bisa untuk mencuci mobil, AC rumah, lantai garasi, sepeda, bahkan merontokkan kerak yang ada di dinding atau pagar. 

Menggunakan alat semprot seperti ini memang lebih mudah dan tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga. Tinggal menekan tuas pada spray gun, air bertekanan tinggi pun akan membersihkan kotoran.

Coba bayangkan kalau cuci motor tapi hanya mengandalkan aliran air keran, pasti kotoran akan lebih sulit hilang. Enaknya lagi menggunakan alat semprot adalah bisa menyesuaikan arah semburan.

Mau dibuat menyebar atau fokus di satu titik rasanya sangat mudah. Nah, sekarang tinggal menyesuaikan bujet aja nih ketika hendak membeli alat cuci motor.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/