Home » Mobil » 7 Panduan Membeli Honda Brio Bekas Berkualitas

7 Panduan Membeli Honda Brio Bekas Berkualitas

Jakarta –  Di Indonesia, nama Honda Brio pastinya sudah tak asing lagi. Desain stylish dan konsumsi bahan bakar luar biasa irit menjadi alasan untuk membeli mobil satu ini. Sayangnya, banyak orang menilai harga baru Honda Brio cukup mahal. Mereka yang terbatas dana tentu akan membeli Honda Brio bekas berkualitas. Tapi jangan khawatir, kami akan mencoba membeberkan panduan membeli Honda Brio bekas berkualitas.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk membeli Honda Brio bekas berkualitas dan tentunya dalam keadaan yang cukup oke. Kira-kira, apa saja poin yang harus diperhatikan untuk membeli Honda Brio bekas berkualitas? Simak sampai habis artikel ini ya!

  1. Mesin Tidak Berbunyi Kasar

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan pada saat membeli Honda Brio bekas adalah pastikan mesin dalam kondisi yang sehat. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menentukan mesin Honda Brio yang akan dibeli sehat atau ada kerusakan. Biasanya mesin yang sehat memiliki beberapa ciri sebagai berikut.

  • Mudah distarter
  • Berbunyi halus
  • Tidak ada tetesan oli
  • Tidak bergetar parah
  • Biasanya ruang mesin yang terawat akan cenderung bersih

Kamu bisa melihat hal tersebut dengan cara menyalakan mesinnya terlebih dahulu. Dengarkan baik-baik suara mesin pada saat distarter dan pada saat sudah menyala. Buka kap mesin dan coba perhatikan dengan seksama mesin pada saat menyala. Biasanya mesin yang dalam kondisi baik tidak akan menimbulkan bunyi-bunyian kasar atau aneh.

All New Honda Brio Satya - Mesin (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Lalu, bagaimana dengan mesin Honda Brio yang sudah dalam kondisi kurang sehat? Berdasarkan pengalaman, biasanya mesin yang kurang sehat memiliki beberapa ciri sebagai berikut

  • Mesin berisik
  • Getaran cukup kasar
  • Terdapat beberapa area rembesan oli pada mesin
  • Ruang mesin cenderung kotor karena jarang diperiksa
  • Sulit pada saat pertama kali starter

Beberapa ciri di atas biasanya menjadi tanda jika mesin tersebut bekerja kurang optimal. Jika kamu ragu, kamu bisa mengajak orang yang mengerti mesin atau mekanik terpercaya untuk membantu memeriksa kondisi mesin.

  1. Cek Bagian Nat Bodi

Setelah memeriksa mesin, kamu bisa melihat sekitar nat-nat pada bodi mobil tersebut. Biasanya mobil dengan nat-nat bodi yang masih rapat menunjukkan jika mobil tersebut dipakai dengan apik oleh sang pemilik mobil. Nat-nat pada bodi yang masih rapat dan rata menunjukkan jika mobil tersebut belum pernah menabrak atau diperbaiki. Biasanya nat pada bodi yang sudah pernah diperbaiki akan memiliki tingkat kerapatan yang berbeda-beda. Ada beberapa bagian yang bisa kamu cek untuk melihat kondisi nat pada bodi mobil.

  • Cek bagian tulang di bawah kap mesin
  • Cek bagian engsel pintu
  • Cek nat pada kap mesin

All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Biasanya kamu dapat dengan mudah melihat beberapa nat yang biasanya sudah pernah diperbaiki. Karena cukup jarang menemukan bengkel bodi repair yang benar-benar memiliki pengerjaan yang sempurna. Biasanya masih meninggalkan beberapa kesalahan pada saat perbaikan. Namun akan lebih jelas ditanyakan kepada sang pemilik, apakah mobil tersebut memiliki riwayat menabrak.

  1. Cek Bagian Kaki-kaki Honda Brio Bekas

Bagian lain yang bisa kamu periksa adalah bagian kaki-kaki. Kaki-kaki pada mobil merupakan salah satu unsur penunjang kenyamanan pada saat berkendara di jalanan. Kaki-kaki pada mobil yang masih sehat tentunya akan memberikan kenyamanan pada pemilik mobil tersebut. Jika kaki-kaki pada mobil sudah mulai rusak, akan ada beberapa ciri yang bisa kamu lihat.

  • Pada saat berbelok terdapat beberapa bunyi
  • Kaki-kaki sudah terdengar bunyi berdecit
  • Bantingan keras
  • Cek bagian kolong mobil, apakah suspensi terdapat bocor atau tidak
  • Setir terasa berat saat berbelok
Honda Brio Satya
All new Honda Brio Satya masih menjadi yang terlaris di segmen LCGC. Foto/Carmudi.

Untuk mengetahui kondisi kaki-kaki masih bagus atau tidak kamu harus mencoba mobil tersebut. Usahakan melewati jalanan tidak rata, untuk mengetahui gambaran kondisi kaki-kaki pada saat dicoba. Maka dari itu, pada saat mencoba mobil usahakan sedetail mungkin merasakan dan mencatat apa yang ada pada mobil yang kamu coba.

  1. Nyalakan AC Mobil

Cek juga bagian ac mobil. Ac mobil juga menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan pada mobil bekas. Nyalakan ac mobil, dan rasakan sejenak apakah ac tersebut masih mengembuskan udara dingin atau tidak. Jika hembusan angin kurang dingin, biasanya Freon ac sudah mulai berkurang. Dengarkan juga ac mobil tersebut, apakah berbunyi berisik atau senyap layaknya mobil baru. Ac mobil yang kurang sehat biasanya mengeluarkan bunyi berisik ataupun bau tak sedap.

  1. Pastikan Kelengkapan Mobil Masih Lengkap

Biasanya mobil yang dibeli saat baru memberikan beberapa perlengkapan tambahan. Seperti kunci roda, dongkrak, buku manual, buku servis dan kunci-kunci lain. Sebisa mungkin cek beberapa item yang sudah disebutkan di atas agar kamu tidak kekurangan. Kelengkapan mobil seperti ini biasanya mempengaruhi harga jual. Biasanya mobil yang kelengkapannya sudah berkurang, akan memiliki harga jual yang lebih jatuh ketimbang yang masih memeliki kelengkapan penuh.

Letak dongkrak pada mobil berbeda-beda.
Letak dongkrak pada mobil berbeda-beda.

Selain aksesoris, usahakan mencari mobil dengan kondisi mobil yang standard tanpa modifikasi. Mobil yang standard akan lebih mudah merawatnya dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Karena mobil yang sudah dimodifikasi berpotensi mengalami kerusakan akibat calon pembeli tidak mengetahui ubahan apa saja yang sudah dilakukan.

  1. Periksa Surat-surat Honda Brio Bekas

Jika merasa sudah cocok dengan mobil Honda Brio bekas tersebut, ada baiknya kamu segera menanyakan surat-surat keabsahan mobil kepada penjual. Pastikan surat-surat mobil dalam keadaan yang lengkap, dan sesuai antara mobil dan surat-surat yang dimiliki. Cara untuk mengecek surat-surat ini bisa kamu lakukan dengan cara berikut.

  • Mengecek nomor mesin dan harus sesuai dengan STNK dan BPKB
  • Mengecek nomor rangka dan harus sesuai dengan STNK dan BPKB
  • Melihat pajak kendaraan, apakah sudah habis atau masih aktif
  • Menyesuaikan data antara STNK dan BPKB harus sesuai
STNK
Bayar pajak kendaraan bisa dilakukan setelah lebaran. Foto/Ilustrasi.

Cara tersebut bisa kamu lakukan untuk memeriksa keabsahan surat-surat dari mobil bekas yang akan kamu beli. Jika terdapat perbedaan, tanyakan kepada penjual. Jika perlu, cari saja unit lain yang memiliki keabsahan surat-surat yang bisa dipertanggung jawabkan.

  1. Memeriksa Cat Mobil

Menurut kami, poin terakhir ini merupakan poin yang menjadi faktor penambah. Mobil dengan cat yang masih asli sepenuhnya biasanya akan memiliki harga jual yang lebih baik ketimbang mobil yang sudah pernah di cat. Biasanya hal ini berlaku pada mobil keluaran baru maupun tua. Cat mobil yang masih asli dianggap menjadi faktor penentu harga jual yang stabil dan tinggi. Namun, bagi kamu yang sudah kepalang suka dengan unit yang di cek, namun mobil tersebut pernah di cat sebenarnya tidak masalah.

All new Honda Brio yang kini berubah tampilan. Foto/Carmudi.

Asalkan pengecatan terjadi di beberapa bagian seperti:

  • Bumper depan sudah di cat
  • Bumper belakang sudah di cat
  • Side skirt sudah pernah di cat
  • Pintu sudah pernah di cat

Beberapa bagian tersebut bisa saja baret yang diakibatkan oleh pengendara motor atau mobil lain. Sehingga sang pemilik melakukan pengecatan lewat asuransi yang dimiliki oleh mobil tersebut. Hal ini menurut kami menjadi hal yang cukup wajar.

Nah, itu tadi merupakan 7 panduan membeli Honda Brio bekas yang berkualitas. Ketujuh poin ini bisa kamu gunakan sebagai panduan sebelum benar-benar membeli Honda Brio.

Previous post
Dicaplok TVS, Apakah Norton Akan Punya Pabrik Produksi Sepeda Motor di India?
Next post
Hyundai Kerahkan Mobil Listrik Ioniq untuk Tenaga Medis di Jakarta