Mobil

8 Alasan Mobil Daihatsu Rocky Versi Lama Masih Lebih Disukai

Mobil Daihatsu Rocky versi lama ternyata masih cukup disukai karena beberapa alasan.

Bagi pecinta otomotif tentu tak asing dengan nama Daihatsu Rocky. 

Rocky merupakan SUV berdesain kotak yang sudah ada sejak tahun 1985 hingga 2000-an awal di Indonesia.

Namun, di Jepang sebagai negara asalnya, Daihatsu sudah meluncurkan mobil ini pada tahun 1984 dengan kode bodi F70 untuk pasar Eropa dan Jepang dan F75 untuk pasar Indonesia.

mobil rocky lama

Pada era 1990-an, mobil ini sangat laris di pasaran bersama dengan keluarga lainnya, yakni Daihatsu Taft, Feroza, dan Hiline.

Ada beberapa alasan mengapa ada sebagian orang yang lebih menyukai versi lawasnya dibandingkan Daihatsu Rocky generasi terbaru.

Baca Juga: Test Drive Daihatsu Rocky, 1.2L Istimewa dan Daya Tanjak Mumpuni

Alasan Mobil Daihatsu Rocky Versi Lama Lebih Disukai

Nah, berikut ini beberapa alasan kenapa mobil Daihatsu Rocky versi lama masih banyak disukai.

Desain Tangguh

Alasan pertama mengapa mobil Daihatsu Rocky versi lama lebih disukai tentu dari sisi desainnya dong.

Desain mobil ini terlihat macho, kotak, dan dianggap punya kesan yang sangat tangguh untuk melibas berbagai jalan.

Pada era tersebut memang lebih mengutamakan fungsional dibanding performa, makanya mobil ini didesain bergaya off-road.

mobil rocky lama

Bagian lampu depan yang kotak, over fender, hingga lengkungan di atap bagian belakang menjadi alasan sebagian orang menyukai mobil ini.

Uniknya, atap bagian belakang ini bisa dilepas-pasang karena terbuat dari bahan resin yang hingga kini dianggap ikonik.

Mobil Daihatsu Rocky Lama Punya Torsi Besar

Mengacu pada catatan brosurnya, mobil Daihatsu Rocky versi lama dibekali mesin berkode DL41 dengan spesifikasi di bawah ini.

Spesifikasi mesin Daihatsu Rocky DL41

Kode mesin DL41
Kapasitas  2.765 cc
Jumlah silinder 4 silinder segaris 
Tenaga  75 hp @3.600 rpm
Torsi  170 Nm @2.200 rpm 
Transmisi  Manual 5-percepatan 
Tipe penggerak  Roda belakang dan depan (4WD)
Bahan bakar  Diesel 

Melihat spesifikasi mesin diesel Daihatsu Rocky di atas, masih ada sebagian orang yang mengagumi kemampuannya.

Baca juga: Biaya Servis Daihatsu Rocky, Ini Daftarnya

Terlebih mesin berkode DL42 yang disematkan pada versi penyegaran beberapa tahun dari generasi pertamanya meluncur.

Spesifikasi mesin Daihatsu Rocky DL42

Kode mesin  DL42
Kapasitas  2.765 cc
Jumlah silinder 4 silinder segaris 
Tenaga  76 hp @3.600 rpm
Torsi  245 Nm @2.200 rpm 
Transmisi  Manual 5-percepatan 
Tipe penggerak  Roda belakang dan depan (4WD)
Bahan bakar  Diesel 

Angka torsi mesin DL41 di 170 Nm pada saat itu termasuk cukup besar lho untuk ukuran mobil SUV berdesain kompak.

Terlebih pada mesin versi barunya torsi maksimumnya ini menyentuh angka 245 Nm, artinya torsinya gede banget!

Mesin Bandel 

Kalau Anda mencari mobil lama untuk hobi dengan kriteria SUV, maka Daihatsu Rocky sangat layak masuk ke dalam list.

Mesin diesel yang tertanam pada Daihatsu Rocky terkenal sangat bandel dan jarang sekali bermasalah.

mobil rocky lama

Bahkan mesin ini juga tidak memiliki isu tentang penggunaan solar seperti mobil modern seperti sekarang yang cukup manja dengan kualitas solar. 

Di era Rocky lama berjaya, kualitas solar di Indonesia bisa dibilang tak seperti sekarang, tapi mobil ini bisa terus berjalan tanpa hambatan.

Nggak percaya? Coba deh tanya kepada temanmu yang pernah memakai Rocky apakah mesin mobilnya sering bermasalah. Biasanya sih bandel-bandel.

Mobil Daihatsu Rocky Lama Minim Fitur 

Salah satu alasan kuat mengapa masih ada orang yang suka dengan mobil Daihatsu Rocky versi lama karena mobil ini minim fitur.

Mobil yang minim fitur dianggap tidak memiliki banyak masalah atau durabilitasnya tinggi, makanya mobil ini masih disukai sampai sekarang.

Baca juga: Setelah Rocky, Daihatsu Taft Reborn Resmi Meluncur

Pada dasarnya Rocky memang diciptakan untuk ‘bekerja’ sehingga PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun tak banyak menyematkan fitur di dalamnya.

Tujuannya supaya mobil ini lebih tahan banting dan nggak banyak rewel ketika dipakai berkegiatan.

Fitur yang ada di mobil ini pun terbilang sedikit seperti AC, radio, power steering, dan central lock. Simpel kan?

Bisa Diajak Off-road!

Pecinta off-road tentu banyak nih yang menaruh hati sama mobil Rocky versi lama karena bisa diajak bermain lumpur.

Hal ini dikarenakan Daihatsu Rocky dibekali dengan penggerak roda depan dan belakang atau biasa disebut 4 wheel drive (4WD).

Tuas 4WD diposisikan di bagian bawah tuas transmisi yang terdiri dari 4H, 4L, N, dan 2H.

Cukup memindahkan tuas lever transfer, mobil pun siap diajak bermain off-road ringan maupun berat.

Perlu diingat, saat memindahkan tuas lever transfer ini pastikan mobil dalam kondisi diam terlebih dahulu ya.

Harga Daihatsu Rocky Bekas Stabil

Bisa dibilang harga bekas Daihatsu Rocky versi lama tetap stabil, bahkan cenderung mengarah ke mahal.

Rentang harga bekas dari mobil ini mulai dari Rp45 jutaan hingga di atas Rp150 juta tergantung kondisi.

Mobil yang dijual dengan harga mahal biasanya ada 2 tipe, yakni orisinil dan yang sudah mengalami modifikasi atau penyegaran komponen agar performanya terjaga.

Kebayang dong mobil yang sudah ada dari tahun 1980, 1990-an harganya bisa hampir Rp200 jutaan.

Jok Belakang Hadap Depan

Berbeda dengan mobil SUV boxy pada umumnya, Daihatsu Rocky versi lawas ini sudah menganut konfigurasi jok belakang hadap depan.

Jika biasanya jok belakang ini hadap samping, tapi di Rocky sudah memakai jok ke arah depan yang terasa lebih nyaman.

mobil rocky lama

Penumpang belakang bisa masuk untuk duduk ke dalam dengan cara melipat jok depan terlebih dahulu.

Sayangnya, ruang bagasi dari penggunaan konfigurasi jok model ini terbilang kecil dan sempit sehingga tak bisa membawa banyak barang.

Perawatan Murah dan Mudah 

Faktor terakhir mengapa banyak orang yang masih cinta dengan mobil Daihatsu Rocky versi lama tentu karena perawatannya mudah dan murah.

Sebagai pemilik, Anda tak membutuhkan biaya banyak untuk melakukan perawatan karena basis mesinnya sudah bandel.

Umumnya perawatan rutin dari mobil ini terdiri dari penggantian oli mesin, oli transmisi, oli gardan, filter solar, hingga servis rutin.

Bahkan jika tidak rusak, mobil ini pun tak usah diservis juga tak masalah karena memang biasa dipakai untuk bekerja berat.

Kesimpulan 

Mobil lama Daihatsu Rocky saat ini masih banyak diburu untuk dijadikan mobil hobi, off-road, maupun mobil harian. 

Jantung pacu diesel yang dikenal bertenaga ini diklaim mampu memberikan kesenangan berkendara yang asyik.

Tapi harus ingat, sebagai mobil yang berusia tua tentunya sudah banyak komponen yang harus diremajakan.

Beberapa di antaranya tentu sektor mesin, kaki-kaki, transmisi, dan bahkan bodi yang mulai timbul karat.

Semua ini rasanya akan menjadi tidak masalah jika Anda memang berniat memelihara mobil satu ini.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts