Berita

Punya Mobil Listrik, Penjualan Nissan Masih Bergantung Mobil Konvensional

Jakarta — Penjualan Nissan di Indonesia masih bergantung pada mobil konvensional. Butuh waktu bertahun-tahun bagi mobil listrik untuk bisa mengambil alih posisi tulang punggung penjualan.

Penjualan Nissan

Penjualan Nissan di Indonesia masih bergantung pada mobil konvensional terutama Livina. (Foto: Nissan)

Hal tersebut disampaikan Direktur Sales dan Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) Tan Kim Piauw dalam jumpa pers, Jumat (3/6/2022) di Jakarta.

“Kalau bicara Indonesia, memang pasarnya masih (didominasi) mobil konvensional atau ICE (Internal Combustion Engine). Jadi perlu waktu untuk bisa mengubah kepada mobil listrik. Baik Nissan maupun merek-merek lain, kita masih fokus ke mobil-mobil ICE,” jelasnya.

Untuk diketahui, Nissan merupakan salah satu brand yang memperkenalkan mobil listrik dalam setahun belakangan melalui kehadiran Nissan Leaf pada 18 Agustus 2021.

Selain mobil full electric tersebut, Nissan juga memiliki Kicks e-Power yang mengadopsi teknologi elektrifikasi hybrid.

Nissan Leaf di GIIAS 2021

NMDI merilis Nissan Leaf untuk pasar Tanah Air pada Agustus 2021. (Foto: Carmudi)

Kendati demikian, posisi produk paling laris masih diduduki oleh Nissan Livina. Hal tersebut tercermin dari data wholesales (pengiriman dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) periode Januari—April 2022. 

Selama periode tersebut angka wholesales Nissan Livina tercatat sebanyak 711 unit. Komposisinya didominasi varian tertinggi 1.5 VL AT sebanyak 532 unit. Disusul varian 1.5 VE AT sebanyak 158 unit dan varian terendah 1.5 EL MT sebanyak 21 unit. 

Pada kesempatan yang sama, Tan menjelaskan dominasi mobil konvensional di dalam pasar otomotif Indonesia masih akan bertahan hingga 5-10 tahun mendatang.

Harga Nissan Livina 2022

Sebagai informasi, pada saat ini Nissan Livina ditawarkan dalam 3 varian. Mobil ini lahir dengan menggunakan basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander, tapi nasibnya sedikit berbeda.

Sebab Nissan Livina belum mendapatkan facelift seperti yang diterima oleh Mitsubishi Xpander pada 8 November 2021 lalu.

Dalam hal spesifikasi, Nissan Livina dibekali mesin 1.499 cc 4-silinder yang bisa menghasilkan tenaga 102,5 hp dan torsi tertinggi 141 Nm.

Sementara untuk daftar harga terbaru Nissan Livina dapat disimak pada informasi berikut ini, dirangkum dari situs web Nissan.

  • Nissan Livina 1.5 EL MT – Rp253.900.000
  • Nissan Livina 1.5 VE AT – Rp283.000.000
  • Nissan Livina 1.5 VL AT – Rp297.500.000

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts