Berita Mobil

Tiru Prestasi Ford, Mesin Ferrari Jadi yang Terbaik di Dunia

Ferrari (Foto: iOL)

Jakarta – Mesin V8 twin-turbo 3.9 litre milik Ferrari berhasil menyandang gelar sebagai mesin terbaik di dunia. Gelar ini disabet dalam ajang International Engine of the Year (IEOTY) 2018.

Ferrari sudah meraih penghargaan tersebut selama tiga kali berturut-turut. Prestasi yang sama juga pernah di raih oleh Ford lewat mesin 1.0 litre Ecoboost pada 2014.

Ferrari menggunakan mesin V8 twin-turbo Ferrari 3.9 litre sebagai sumber tenaga untuk Ferrari 488, 488 Spider, dan 488 Pista. Menariknya mesin yang sama juga meraih gelar di kategori Best 3 litre sampai 4 litre.

“Mesin 3,9 litre delapan silinder yang digunakan pada Ferrari adalah contoh mesin hampir mendekati kata sempurna dari sebuah mesin turbocharged berkinerja tinggi. Tapi mesin tersebut dikembangkan kembali dan ditingkatkan performanya untuk digunakan ke 488 Pista. Sekarang menjadi mesin terbaik di dunia. Ferrari V8 ini adalah sebuah karya seni,” kata co-chairman IEOTY Awards Dean Slavnich seperti dikutip dari Paultan.

Di tempat kedua ada mesin enam silinder 3.0 litre turbocharged yang dimiliki oleh Porsche. Mesin ini dikembangkan khusus, digunakan di beberapa model Porsche termasuk 911, Macan dan Cayenne.

Di posisi ketiga kembali dihuni oleh Ferrari, kali ini lewat mesin V12 6.5 litre. Mesin bertenaga buas itu dirancang sedemikian rupa untuk mengisi bagian kap mobil Ferrari 812 Superfast.

Selain mesin terbaik, diumumkan pula pemenang IEOTY 2018 dalam berbagai kategori. Volkswagen memanangkan kategori sub 1 liter category, BMW meraih kategori 1.4 sampai 1.8 litre, Tesla meraih kategori best green engine dan best electric powertrain categories, Peugeot-Citroen mendapat penghargaan di kategori 1.0 sampai 1.4 litre, Porsche memenangkan penghargaan dalam kategori 1.8 sampai 2.0 litre, dan Audi meraih penghargaan dikategori 2.0 sampai 2.5 litre.

Penghargaan IEOTY diadakan satu kali dalam setahun yang diselenggarakan oleh majalah Engine Technology International. Pemenang dipilih berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh 70 orang juri dengan latar belakang jurnalis otomotif di seluruh dunia.

Berikut ini daftar lengkap peraih penghargaan IEOTY dari berbagai kategori:

International Engine of the Year

1. Ferrari twin-turbo 3.9-litre V8

2. Porsche turbocharged 3.0-litre six-cylinder

3. Ferrari 6.5-litre V12

4. Tesla full-electric powertrain

5. Volkswagen 999cc three-cylinder turbo

6. BMW 1.5-litre three-cylinder petrol-electric hybrid

Best Performance Engine

1. Ferrari twin-turbo 3.9-litre V8

2. Porsche 4.0-litre boxer six

3. Ferrari 6.5-litre V12

4. Mercedes-AMG twin-turbo 4.0-litre V8

5. Audi 5.2-litre V10

6. BMW M twin-turbo 4.4-litre V8

Best New Engine

1. Ferrari 6.5-litre V12

2. BMW M twin-turbo 4.4-litre V8

3. Mercedes-Benz twin-turbo 3.0-litre six-cylinder 48V

4. Porsche turbocharged 4.0-litre V8 electric-petrol hybrid

5. Audi turbocharged 2.9-litre six-cylinder

6. McLaren twin-turbo 4.0-litre V8

Best Green Engine

1. Tesla full-electric powertrain

2. BMW 1.5-litre three-cylinder electric-petrol hybrid

3. BMW full-electric powertrain

4. General Motors full-electric powertrain

5. Volvo turbocharged, supercharged 2.0-litre electric-petrol hybrid

6. Renault-Nissan full-electric powertrain

Best Electric Powertrain

1. Tesla full-electric powertrain

2. BMW full-electric powertrain

3. General Motors full-electric powertrain

4. Renault-Nissan full-electric powertrain

5. Volkswagen full-electric powertrain

6. Hyundai-Kia full-electric powertrain

Sub 1.0-litre

1. Volkswagen turbocharged 1.0 three-cylinder

2. Ford turbocharged 1.0 three-cylinder

3. BMW 647cc two-cylinder electric-petrol range-extender

4. Honda turbocharged 988cc three-cylinder

5. Renault-Nissan turbocharged 898cc three-cylinder

6. General Motors turbocharged 999cc three-cylinder

1.0-litre to 1.4-litre

1. PSA Peugeot Citroën turbocharged 1.2-litre three-cylinder

2. Volkswagen 1.4-litre TFSI ACT

3. Volkswagen 1.4-litre TFSI

4. Volkswagen 1.4-litre TFSI petrol-electric hybrid

5. Toyota turbocharged 1.2-litre

6. Fiat Chrysler turbocharged 1.4-litre MultiAir

1.4-litre to 1.8-litre

1. BMW 1.5-litre three-cylinder petrol-electric hybrid

2. BMW turbocharged 1.5-litre three-cylinder

3. Volkswagen 1.5-litre TSI Evo

4. Audi 1.8-litre TFSI

5. Honda turbocharged 1.5-litre

6. Toyota/Lexus 1.8-litre electric-petrol hybrid

1.8-litre to 2.0-litre

1. Porsche turbocharged 2.0-litre

2. Mercedes-AMG turbocharged 2.0-litre

3. Honda turbocharged 2.0-litre

4. Audi 2.0-litre TFSI

5. BMW twin-turbo 2.0-litre four-cylinder

6. Volvo 2.0-litre turbocharged, supercharged four-cylinder

2.0-litre to 2.5-litre

1. Audi turbocharged 2.5-litre five-cylinder

2. Porsche turbocharged 2.5-litre

3. Ford turbocharged 2.3-litre

4. Toyota/Lexus 2.4-litre petrol-electric hybrid

5. Mercedes-Benz 2.1-litre CDI

6. Subaru turbocharged 2.5-litre

3.0-litre to 4.0-litre

1. Ferrari twin-turbo 3.9-litre V8

2. Mercedes-AMG twin-turbo 4.0-litre V8

3. Porsche 4.0-litre boxer

4. Porsche turbocharged 3.8-litre boxer

5. McLaren twin-turbo 4.0-litre V8

6. Audi/Bentley tri-turbo 4.0-litre TDI V8

Above 4.0-litre

1. Ferrari 6.5-litre V12

2. Audi 5.2-litre V10

3. BMW M 4.4-litre twin-turbo V8

4. Lamborghini 6.5-litre V12

5. Ferrari 6.3-litre V12

6. Jaguar Land Rover 5-litre V8 supercharged

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts