Berita

Gunakan Lagi Xpander AP4, Rifat Sungkar Akan Berlaga di APRC 2022

Jakarta — Rifat Sungkar tengah bersiap mengikuti ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC) yang digelar pada 23—25 September 2022 di kawasan Aek Nauli, Sumatera Utara.

Ajang ini termasuk kejuaraan reli bergengsi di tingkat Asia Pasifik di mana hanya berada satu tingkat di bawah World Rally Championship (WRC) atau ajang kejuaraan reli dunia.

Rifat Sungkar ikut APRC

Rifat Sungkar akan turun di APRC 2022. (Foto: Karyaku)

Kehadiran pereli Indonesia di APRC sendiri cukup disegani meskipun belum mendapatkan podium tertinggi di ajang tersebut.

Nama Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, serta Subhan Aksa cukup diperhitungkan di APRC. Pada 2006 lalu, Rifat berada di posisi 4 Overall APRC.

Setahun kemudian, Rifat masuk 10 besar di APRC 2007 di mana semakin banyak pereli WRC yang turun di APRC.

Rifat mendapat prestasi tertinggi di APRC pada 2011 yang keluar sebagai juara ketiga. Posisinya di bawah dua pereli WRC; Allister McRae dan Chris Atkinson.

Tahun 2022 kini merupakan tahun pertama Rifat kembali turun di ajang reli setelah lebih banyak bertarung di arena Drifting, Sprint Rally, dan Sprint Offroad 12 tahun terakhir.

Pengalaman di Rally Danau Toba pada Agustus 2022 kemarin, menurut Rifat, memberikan banyak informasi mengenai kondisi kawasan Aek Nauli. Meski demikian, Rifat tidak ingin gegabah.

“Saya mengenal lintasan yang akan dilalui sepanjang APRC. Saya tidak menganggap enteng karena apapun bisa terjadi di reli,” ujar Rifat dalam keterangan resmi yang diterima Carmudi.

Yang jelas, lanjut Rifat, dirinya akan berjuang mendapatkan hasil terbaik serta menunjukkan mobil yang digunakannya kembali di APRC nanti, Mitsubishi Xpander AP4, merupakan mobil luar biasa.

Persiapan Jelang APRC 2022

Mitsubishi Xpander AP4

Mitsubishi Xpander AP4. (Foto: Karyaku)

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Rifat dan timnya dalam mengikuti ajang APRC mendatang, termasuk perbaikan pada Xpander AP4 yang rusak setelah digunakan di Rally Danau Toba sebelumnya.

“Perbaikan mobil kami ini sudah selesai dilakukan. Mobilnya kembali segar dan siap untuk menunjukkan performa terbaiknya,” tutup Rifat.

Sebagai informasi, Indonesia sering tercatat sebagai tuan rumah APRC, mulai dari 1989-1997, 2000,2005-209, dan 2019. Ada dua provinsi yang sudah jadi lokasi ajang tersebut digelar, yakni Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts