Berita Event Mobil Sumber informasi

Generasi Terbaru New Dyna, Makin Perkasa Tapi Tetap Efisien

Tangerang  – Tanpa ada seremonial khusus, Toyota merilis 6 line-up terbaru New Toyota Dyna di segmen truk 2 ton. Segmen ini sering disebut truk engkel.

Peremajaan model Dyna hadir baik dari sisi eksterior maupun interior, termasuk performa engine.

Dyna

Toyota di GIIAS 2017 juga meluncurkan varian baru kendaraan komersial, Toyota Dyna (Istimewa)

Saat ini, Toyota Dyna hadir dalam 18 pilihan. Enam line-up terbaru New Toyota Dyna, yaitu 130 HT Ekspedisi Std, 130 HT EkspedisiHigh Gear, 130 HT Ekspedisi LWB, untuk truk dengan beban berat (Heavy Duty).

Kemudian untuk pemakaian beban sedang (Medium Duty) yakni 130 XT LWB, 130 XT BUS LWB dan 110FT LWB.

“Toyota juga memperkenalkan 6 line-up baru untuk memperkuat jajaran New Dyna, menggantikan 11 line-up sebelumnya agar semakin sesuai untuk mendukung kebutuhan usaha pelanggan. Kami hanya menawarkan line-up terbaik mendukung kinerja usaha pelanggan agar lebih optimal,” ujar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto.

Sejalan dengan perkembangan kebutuhan transportasi di dunia usaha saat ini, penyegaran dilakukan untuk memperkuat kinerja New Dyna agar kapasitas beban (loading capacity) dan kapasitas muatan (payload capacity) yang lebih besar serta efisiensi pemakaian bahan bakar yang lebih tinggi.

Untuk engine, New Dyna masih tetap mempertahan dua pilihan, yaitu mesin WO4D-TR dengan kapasitas 4.000 cc yang mampu menghasikan tenaga maksimal 130 PS dantourque maksimal 38 Nm dan mesin WO4D-TP yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 110 PS dan torsi 29 Nm.

New Toyota Dyna 130 HT, 110 ET dengan 6 ban ini diposisikan sebagai truk untuk mengangkut beban berat di jalanan tanah atau berbatu (off road).

Khusus untuk 130 HT Off Road, sudah menggunakan teknologi Torse LSD yang membagi momen puntir ke setiap roda sesuai kebutuhan. Teknologi ini mencegah terjadinya slip saat melalui jalan tanah, berbatu atau berlubang.

Selanjutnya truk enam ban 130 HT Ekspedisi diposisikan sebagai truk untuk mengangkut beban berat di jalan raya (on road) dengan kapasitas muatan lebih besar. Bagian belakang (Rear Over Hang) ditingkatkan sehingga kapasitas muatan (Payload Capacity) menjadi lebih besar.

Sementara itu, 130 XT dan 110 FT yang juga menggunakan 6 ban diposisikan untuk truk dengan beban sedang (Medium Duty) dengan kapasitas muatan lebih besar.

Ubahan terdapat pada Rear Over Hang yang lebih panjang dengan gear ratio juga lebih ditingkatkan agar kapasitas beban bisa lebih besar. Penggunaan bahan bakar lebih hemat karena menggunakan transmisi manual teknologi terbaru.

Sedangkan Dyna 110 ST adalah truk 4 ban, diposisikan untuk mengangkut beban ringan (Light Duty) dengan Rear Over Hang yang lebih panjang untuk meningkatkan volume dan kapasitas beban yang lebih besar.

Eksterior dan interior New Dyna juga mengalami penyegaran.

“Penyegaran berdasarkan masukan pelanggan dan tidak hanya dilakukan pada line-up terbaru, tapi juga untuk line-up Toyota Dyna yang lain. Semua line-up Dyna kini dilengkapi dengan manual sliding control dan sebagian besar juga hadir dengan Rear Over Hang,” tutup Soerjo. (CW/Zie)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts