Berita Mobil Sumber informasi

Benarkah Nissan Terra Hanya Sanggup Melewati Banjir Setinggi 450 Milimeter?

New Nissan Terra

PT NMI Resmi Luncurkan New Nissan Terra di GIIAS 2018

Manila – Nissan Terra melakukan debut Asia Tenggara pada Mei 2018 di Filipina. Terra merupakan medium Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru yang siap menantang model lain di segmen sama, sebut saja satu di antaranya Mitsubishi Pajero Sport.

Sama seperti SUV lainnya, Nissan Terra memiliki kemampuan untuk melewati genangan air atau banjir. Tetapi setiap model ada batasan ketinggian air yang mampu dilalui.

Menurut Chief Engineer Nissan Terra Engine, Hinori Awano pada saat peluncuran Terra di Filipina sempat mengkalim bahwa mobil SUV terbarunya itu mampu melewati banjir hingga setinggi 450 milimeter saja atau sekita 0.45 meter.

Baca juga: Melimpah, Fitur Nissan Terra Mampu Gulingkan Pajero dan Fortuner?

“Kami dapat menjamin bahwa Nissan Terra Nissan bisa melalui genangan air setinggi 450 mm air,” kata Awano, seperti dikutip dari Autoindustriya.

Namun selang beberapa bulan setelah peluncuran, Awano merubah pernyataannya saat itu. Dirinya mengklarifikasi bila Terra dapat mengarungi banjir setinggi 500, hingga 600 milimeter.

Sebagai pembuktian, pada suatu kesempatan Mitsubishi menunjukkan gambar pengujian Terra ketika melibas banjir setinggi 700 milimeter. Mobil tersebut masih mampu melewati banjir meski batas maksimal yang disarankan pabrikan adalah 600 milimeter.

Tentunya dibutuhkan kemampuan mengemudi tingkat tinggi untuk melibas banjir dengan ketinggian air lebih dari 500 milimeter, sebab tanpa itu percuma saja bisa jadi mesin mati dan mobil terjebak di tengah banjir.

Pada kedalaman 700 milimeter dapat dipastikan air akan masuk ke dalam kabin melalui celah pintu. Namun Nissan mengatakan bahwa wiring harness di Terra adalah kedap air, jadi air tidak masuk ke kabin saat melalui bajir dengan ketinggian 700 milimeter.

Nissan Terra libas banjir setinggi 700 mm (Foto: Autoindustriya)

Bila dibandingkan dengan pesaing terberatnya yaitu Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra kalah telak. Pasalnya Mitsubishi mengklaim mobil medium SUV-nya itu mampu melibas banjir dengan ketinggian hingga 1.000 milimeter atau 1 meter.

Corporate General Manager Global Pickup Promotion Office Mitsubishi Motor Corporation, Koichi Namiki, sebagaimana dikutip dari Detikoto, memaparkan bila Mitsubishi Pajero Sport terbaru telah dibekali dengan baru dan lebih canggih, sehingga mampu melewati banjir hingga 1 meter.

Nissan Terra Sudah Masuk Indonesia, Harga Masih Rahasia

Memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan Nissan Terra. SUV yang dibangun menggunakan basis mobil pikap kabin ganda Navara ini dibanderol mulai dari Rp 460 juta. Harga mobil baru Nissan itu pun diakui masih sementara.

Nissan membekali Terra dengan fitur canggih seperti Nissan Intelligent Mobility, Intelligent Rear View Mirror, Blind Spot Warning dan Lane Departure Warning.

Tak hanya itu, mobil yang sudah dibekali dengan kapasitas mesin sebesar 2.500 cc juga mencoba menawarkan fitur penunjang off road lainnya. Sebut saja Hill Descent Control, Hill Start Assist dan 4WD More Switch. Dengan fitur-fitur tersebut diharapkan mampu membantu pengendara menempuh medan yang sangat berat sekalipun.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts