Berita Sepeda motor Sumber informasi

Ini Sepeda Motor Honda yang Diminati Pasar Luar Negeri, Vario Terbanyak

Ekspor sepeda motor Honda (Foto: AHM)

Jakarta – Tidak hanya jago kandang saja, PT Astra Honda Motor (AHM) juga menorehkan angka penjualan positif di pasar ekspor. Pada Februari 2019 tercatat ekspor sepeda motor Honda buatan anak negeri mengalami lonjakan sekira 122 persen dibandingkan bulan yang sama di 2018 menjadi 20.035 unit.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan lonjakan pengiriman sepeda motor Honda merupakan bukti komitmen AHM untuk mendukung upaya peningkatan ekspor pemerintah.

“Pertumbuhan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menggarap pasar ekspor dengan produk-produk kompetitif karya anak bangsa. Kami harapkan berkontribusi mempercepat pulihnya neraca perdagangan kita,” ujar Kurniawati.

Lebih rinci, Honda membeberkan bahwa pengiriman sepeda motor dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) terbanyak berasal dari Honda Vario series. Total pengiriman mencapai 11.616 unit. Kontribusi lainnya berasal dari Honda BeAT series, Honda Sonic 150, Honda CRF150, dan Honda CBR150. Pengiriman ekspor CBU pada bulan lalu didominasi tujuan negara Bangladesh dan Filipina.

Selain ekspor dalam kondisi CBU, AHM juga melakukan pengiriman komponen sepeda motor Honda secara terurai atau Completely Knocked Down(CKD) ke luar negeri, antara lain Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja. Tercatat sebanyak 18.060 set CKD sepeda motor Honda terkirim sepanjang Februari 2019.

Sementara itu secara total, ekspor sepeda motor buatan Indonesia yang dikirim ke luar negeri pada Februari sebanyak 54.750 unit. Data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan angka tersebut tumbuh 42 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu dengan total pengiriman hanya 38.679 unit.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts