Berita

Antisipasi Kemacetan, Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan di Jalur Puncak

Jalan tol

Ilustrasi antisipasi kemacetan Jalan tol. Foto/Antara.

Jakarta – Libur panjang kembali datang akhir pekan ini bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah dan cuti bersama. Diperkirakan mulai besok, Kamis (20/8/2020), banyak masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke tempat wisata. Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi, terutama oleh warga Jakarta dan sekitarnya adalah Puncak, Bogor.

Sebagai bentuk antisipasi kemacetan lalu lintas di jalur puncak selama libur panjang, Polres Bogor akan mengerahkan 360 personel gabungan. Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fitra Zuanda mengatakan, ratusan personel gabungan terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga BPBD Kabupaten Bogor. Masing-masing personel akan ditempatkan di beberapa titik rawan kemacetan.

“Ada 10 titik yaitu Simpang Gadog, Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamendung, Cisarua, Jatiwangi, Taman Safari Indonesia, Ciburial, Gunung Mas dan Masjid Attaawun,” kata Fitra, seperti dilansir dari NTMC Polri, Rabu (19/8/2020).

Fitra menambahkan, pihaknya memprediksi hari Kamis dan Jumat merupakan puncak arus wisatawan yang berlibur di kawasan Puncak.

“Hari Sabtu titik krodit kepadatan jalur puncak karena pertemuan antara arus wisatawan yang mengarah ke Puncak dengan arus balik ke Jakarta,” terangnya.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat supaya tertib berlalu lintas dan tidak mengambil jalur lawan arah terutama bagi para pengendara sepeda motor. Tak lupa, perhatikan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata.

“Kami minta pengendara yang mendapat giliran penghentian kendaraan karena pemberlakuan oneway agar bersabar. Kalau tidak mau bersabar urungkan niat ke Puncak,” tandasnya.

Mengurai Kemacetan di Jakarta

Tak cuma jalur puncak, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan menerjunkan 749 personel. Nantinya ratusan personel tersebut akan disebar di beberapa titik rawan kemacetan di Jakarta.

“Para anggota yang disebar selain mengamankan jalan juga diharapkan mengurai kemacetan yang akan terjadi,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo.

Sambodo menambahkan pihaknya mulai melakukan pengamanan sejak sore hari ini. Selain itu, jajarannya juga telah menyiapkan pos-pos pengamanan.

Pos pengamanan berada di beberapa titik mulai dari pintu masuk tol elevated, dan rest area Km 19. Ada juga di simpang Susun Cikunir, Cawang, Tomang, Kebon Jeruk, dan di Simpang Cibubur. Sedangkan di tempat wisata, pos pengamanan ada di Ragunan, Monas, TMII, Ancol, hingga Kota Tua.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/