Berita

Beberapa Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang Hyundai Alcazar

Mumbai –Hyundai berencana meluncurkan Alcazar di India pada 29 April 2021, namun niat tersebut terpaksa ditunda hingga akhir Mei, lantaran kasus infeksi virus corona (Covid-19) di negara tersebut melonjak.

Sebenararnya Hyundai Alcazar sudah diperkenalkan ke publik pada awal April 2021, hanya saja masih dalam bentuk prototipe. Sedangkan versi produknya masih belum diperlihatkan.

Hyundai Alcazar

Versi prototipe Hyundai Alcazar (Foto: Indianautosblog)

Alcazar adalah model baru yang sengaja dihadirkan perusahaan untuk pasar India supaya bisa masuk ke dalam segmen SUV tiga baris menengah. Saat ini segmen tersebut dikuasai oleh beberapa model, tiga di antaranya Mahindra XUV500, MG Hector Plus, dan Tata Safari.

Dari segi tampilan luar, Alcazar terlihat sangat mirip sekali dengan Hyundai Creta. Hal ini wajar karena mobil tersebut dibangun dari basis Creta.

Nah, sambil menunggu waktu peluncurannya secara global akhir bulan ini, simak dahulu beberapa hal penting yang harus diketahui tentang Hyundai Alcazar.

Jarak Sumbu Roda Terpanjang

Versi produksi dari Alcazar punya jarak sumbu roda terpanjang di antara para pesaingnya. Ini artinya kabin mobil baru Hyundai itu akan lebih lega dan mampu mengakomodasi hingga 7 penumpang.

Hyundai Alcazar

Versi prototipe Hyundai Alcazar (Foto: Indianautosblog)

Hyundai tidak hanya memperpanjang overhang belakang, tapi juga menambah jarak wheelbase hingga melebihi Creta. Jarak sumbu roda Alcazar sekira 2.760 mm atau lebih panjang 10 mm dari Hector Plus dan 19 mm dari Safari.

Desain Unik

Bicara soal desain, Alcazar terbilang unik, karena bagian depannya terlihat mirip dengan Creta. Meskipun Alcazar mendapat gril bertabur krom yang lebih menonjol dan desain rumah lampu kabut terbaru.

Bumper juga mendapat skid plate berukuran lebih kecil dibandingkan yang tersemat di Creta. Di bagian belakang, tampak pintu yang lebih tegak, dan lampu berukuran besar dengan gaya konvensional.

Alcazar punya desain eksterios unik mirip Creata (Foto: Indianautosblog)

Mobil ini juga dibekali pelek 18 inci atau lebih besar 1 inci dibanding Creta 17 inci.

Konfigurasi Jok

Seperti kebanyakan SUV tiga baris di segmennya, Hyundai Alcazar akan hadir dengan dua konfigurasi jok, yaitu enam dan tujuh tempat duduk.

Khusus versi enam tempat duduk, Hyundai menawarkan konsep captain seat di bangku baris kedua. Bangku ini dapat direbahkan dan disesuaikan untuk menambah lega ruang kaki.

Selain itu, terdapat pula ruang penyimpanan barang bawaan di tengah antara jok kanan-kiri, sandaran tangan tengah, dan tempat botol minuman.

Kabin Alcazar (Foto: Indianautosblog)

Mesin 2.0 Liter

Mengenai mesin dan transmisi, kemungkinan besar SUV terbaru Hyundai ini mengendong mesin 2.0 liter 4 silinder bertenaga 156 hp dan torsi 192 Nm. Ada juga pilihan mesin diesel berkapasitas 1.5 liter 4 silinder dengan tenaga maksimal 152 hp dan torsi puncak 250 Nm.

Kedua mesin dikawinkan ke transmisi manual atau otomatis 6 percepatan. Demikian seperti dilansir Autocar, Selasa (5/4/2021).

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *