BeritaSepeda motorSumber informasi

Ini Perbedaan All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125

Jakarta – PT Honda Astra Motor (AHM) resmi luncurkan All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125 . Kedua model andalan AHM itu memiliki desain lebih sporty dengan menyasar konsumen yang berjiwa muda.

Walaupun sama-sama memiliki kesan sporty, namun bila diperhatikan lebih dalam lagi keduanya memiliki perbedaan cukup mencolok. Berikut penjelasan singkat perbedaan antara All New Honda Vario 150 dengan All New Honda Vario 125:

1. Desain Velg

All New Honda Vario 150 memiliki desain baru lebih sporty sedangkan untuk All New Honda Vario 125 masih mengunakan desain velg yang sama seperti model terdahulu.

Ban Depan Honda Vario

Perbedaan ban depan Honda All new Honda Vario 150 dan 125. Foto/Carmudi.

Sedangkan ukuran peleknya sama ring 14 hanya saja ukuran ban berbeda. Ukuran ban depan All New Honda Vario 150 90/80-14M/C 43P tubeless, belakang 100/80-14M/C 48P tubeless.

Sedangkan untuk ukuran ban depan Vario 125 80/90-14M/C 40P tubeless dan belakang 90/90-14M/C 46P tubeless.

Ban Belakang Honda Vario

Perbedaan ban belakang Honda All new Honda Vario 150 dan 125. Foto/Carmudi.

“Pertama kami ingin membuat ada perbedaan dari segi harganya. Dari segi fungsi untuk Vario 150, untuk output power di tambah sehingga untuk size tirenya harus mengikuti, agar memenuhi dan menghasilkan kemampuan output power yang besar dan itu yang menyebabkan velg-nya harus mengikuti sehingga besarnya harus di sesuaikan,” ujar Ryoji Imai Honda R&D Southeast Asia Co, Ltd, sekaligus Large Project Leader Vario 150 / 125, disela peluncuran di Jakarta, Senin (16/4)

2. Honda Smart Key System

Fitur ini berfungsi memudahkan pengendara untuk menyalakan sepeda motor, sekaligus mencegah dari pencurian. Pengendara tidak perlu repot-repot memasukkan kunci ke dalam kontak. Sedangkan untuk Vario 125 masih menggunakan kunci untuk menyalakan mesin.

Kunci Honda Vario

Perbedaan kunci antara Honda All New Honda Vario 150 dan 125. Foto/Carmudi.

“Ini juga dari hasil beberapa pertimbangan dari masing-masing model. Jadi kita juga ingin membuat konsumen best selection dari yang mereka inginkan dari model itu. Ini yang membuat kami memutuskan di Vario 125 tidak pakai Smart Key System. Sedangkan yang Vario 150 pakai,” ujar Marketing Director AHM Shigeto Kimura pada kesempatan yang sama.

Dirinya juga mengatakan meski tidak menggunakan fitur Smart Key System, untuk Vario 125 tetap disematkan alarm.

3. Mesin All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125

Bicara soal mesin, AHM masih mempertahankan mesin lama hanya saja khusus All New Honda Vario 150 ada beberapa perbaikan. Melalui perbaikan tersebut AHM mengklaim bahwa akselerasinya semakin baik ketimbang sebelumnya.

“Hanya dilakukan di Vario 150 untuk di Vario 125 itu tidak. Perubahan yang dilakukan air cleaner di saringan udara. dimana volumenya itu juga di tambah. Kemudian bagian dalam atau pembuangan terkait dengan saringan udara dilakukan perubahan kontruksi dibagian dalam. Sehingga akan menambah performa dari power yang di keluarkan dari mesin tersebut,” terang Imai.

All New Honda Vario 150 dibekali mesin tipe 4 langkah, SOHC, eSP berpendingin carian dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI berkapasitas 150. Mesin ini bertenaga 13,1 PS pada 8.500 rpm, dan torsi puncak 13,4 Nm pada 5.000 rpm.

Sedangkan Vario menggunakan tipe mesin yang sama berkapasitas 125 cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 11,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

4. Pijakan Kaki Penumpang

Perbedaan lainnya yang cukup mencolok adalah pijakan untuk penumpang. Pada Vario 150 mengunakan alumunium sehinga terkesan eksklusif sedangkan untuk 125 dibungkus oleh karet hitam.

5. Rem Cakram

Kedua model baik itu Vario 150 dan 125 sudah menggunakan rem cakram pada bagian depannya. Hanya saja soal desain rem cakram berbeda.

Untuk All New Vario 150 rem cakramnya memiliki desain bergelombang sedangkan 125 tidak. Namun keduanya memiliki berat yang sama supaya performanya lebih bagus.

Salah satu pertimbangan mengunakan rem cakram bergelombang karena ukuran ban All New Vario 150 lebih besar dari pada Vario 125.

All New Honda Vario 150 memiliki desain yang lebih sporti diwujudkan pada desain cover stang yang lebih ramping dengan panel berkarakter sport. Rear fender yang memiliki lampu sein terpisah dengan lampu belakang, serta diperkaya warna bodi monotone yang berkelas.

Model ini hadir semakin canggih melalui fitur baru full digital panel meter dengan multi informasi. Penyematan fitur baru Honda Smart Key System terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm.

Kesan eksklusif pun hadir dengan lampu LED di semua sistem pencahayaan serta cover muffler dan pilion step yang dilapisi dengan alumunium.

Sedangkan All New Honda Vario 125 Tampil lebih sporti untuk pengunaan sehari-hari. Model ini kini dilengkapi rear fender yang memiliki lampu sein terpisah dengan lampu belakang.

Juga dilengkapi beragam fitur baru seperti full digital panel meter dengan multi informasi dan lampu LED pada semua sistem pencahayaan. Varian CBS-ISS pada model ini juga dilengkapi dengan Anti Theft Alarm sebagai fitur keamanan kendaraan.(dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts