BeritaMobilProdukSumber informasi

Buktikan Performa, Komunitas Honda Civic Type R “Ngebut” di Sentul

Penulis: Dony Lesmana

Sentul – Ada yang spesial disela-sela gelaran Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) hari ini (26/11). Pasalnya sebanyak delapan pemilik Honda Civic Type R yang tergabung dalam R Club mengadakan National Gathering pertamanya. Dengan melakukan Sunday Circuit Driving dengan Honda Civic Type R.

Seperti diketahui PT Honda Prospect Motor (HMP) meluncurkan Honda Civic Type R pertamakali di Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2017. Dengan banderol Rp995 juta on the road Jabodetabek, sebanyak 48 unit terjual di bulan pertama.

Tak butuh terjual ratusan unit pecinta mobil varian ini sudah membentuk komunitas bernama R Club. Komunitas R Club yang diketuai Luckas Tjandra berdiri 5 November 2017 ini menjadi wadah bagi para pemilik Honda Civic Type R. Untuk melakukan berbagai kegiatan positif dan memperluas jaringan pertemanan.

“Acara ini dibuat untuk mempererat hubungan antar anggota saja. National gathering R Club di Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) ini yang pertama kali. Ini kesempatan kita untuk mencoba sensasi mengemudi di dalam sirkuit, tadi ada 8 mobil,” ujar Luckas di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, (26/11).

One Make Race Honda Civic Type R

Terkait hal ini Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM, mengatakan, dengan terlibatnya R Club di ajang ISSOM merupakan dukungan Honda terhadap komunitas. Menurutnya ini menandakan kalau mereka merupakan konsumen yang loyal terhadap produk Honda.

“Uji coba di di sirkuit ini jiga membuktikan ketangguhan Honda Civix Type R di lintasan balap, sekaligus memberikan unique experience bagi pemiliknya. Kedepannya kami akan terus mendukung keberadaan komunitas melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat,” ujarnya.

Ini sangat memancing pertanyaan, apakah pihak HPM berencana untuk menjadikan Honda Type R sebagai bagian tim balap seperti Jazz dan Brio? Jonfis hanya mengatakan kalau pengguna varian ini tak banyak seperti dua varian yang ada sekarang yaitu Jazz dan Brio.

“Untuk saat ini jumlah mobil ini belum banyak juga. Kita sih belum kepikiran, untuk one make race tapi kalau untuk pesertanya mau turun sendiri yah silahkan. Mobil ini juga enggak usah di balapan ibaratnya collectible lah,” ujarnya.

Honda Civic Type R adalah pengembangan dari generasi ke-10 Honda Civic. Bahkan tercatat sebagai pemegang rekor mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Nürburgring, Jerman. Dengan mencatat Lap Time 7 menit 43.80 detik.

Mobil ini dibekali mesin 2.0 liter VTEC Turbo menghasilkan tenaga maksimal 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. Honda Civic Type R hadir dengan transmisi manual 6 percepatan. Untuk mendukung berbagai kondisi berkendara, Honda Civic Type R mempunyai 3 mode berkendara, yaitu +R, Sport dan Comfort.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts