Tips dan Trik

Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar, Modal Kuas dan Asam Sitrat

Mesin mobil perlu dilakukan perawatan. (Foto: istimewa)

Jakarta – Semakin sering pemilik menggunakan mobilnya, maka semakin rutin juga seharusnya melakukan perawatan. Salah satunya yang terpenting adalah merawat mesin mobil.

Debu dan serangga di jalan sering menyebabkan mesin mobil jadi kotor dan harus dibersihkan. Namun, membersihkan mesin mobil selalu dianggap menyulitkan karena banyaknya komponen yang ada pada ruang mesin.

Sebagian besar pengguna mobil hanya fokus membersihkan eksterior dan interior mobilnya. Padahal, mesin mobil juga harus dibersihkan agar kondisinya tetap baik dan awet dipakai selama bertahun-tahun.

Sebenarnya pemilik bisa membersihkan mesin mobil sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil atau detailing sehingga menghemat pengeluaran perawatan mobil.

Sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana membersihkan mesin mobil dengan benar. Untuk itu, Carmudi rangkum cara membersihkan mesin mobil sebagai berikut.

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Menggunakan Asam Sitrat

Asam sitrat adalah asam organik lemah yang ada pada tanaman genus citrus. Asam ini sering disebut dengan nama citric acid atau citrun dan merupakan salah satu bahan pengawet alami.

Biasanya, asam sitrat digunakan untuk membersihkan pakaian. Tapi ternyata, asam tersebut juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda kotoran pada mesin mobil.

Cara membersihkan mesin mobil dengan asam sitrat cukup mudah. Sebagai informasi, asam sitrat ini bisa dibeli di toko-toko bahan kimia seharga sekitar Rp20 ribu/kg.

Selain itu, bisa juga dibeli seharga Rp2-5 ribu per sachet . Setelah mendapatkan asam sitrat, siapkan air bersih kurang lebih setengah liter dan sabun cuci piring cair terlebih dahulu.

Setelah itu, teteskan sabun cuci piring ke air bersih yang sudah disiapkan sekitar 4 sendok makan. Kemudian, campurkan asam sitrat dengan 2 sendok makan air ke air yang sudah dicampurkan sebelumnya, lalu aduk sampai merata.

Setelah diaduk rata, campuran asam sitrat dan sabun cuci piringnya dimasukkan ke dalam semprotan yang biasa digunakan untuk menyemprot tanaman.

Membersihkan mesin dengan kuas. (Foto: istimewa)

Siapkan juga kuas, lap kering, dan air bersih. Semprotkan air dari semprotan tersebut ke arah mesin mobil. Kemudian, bersihkan bagian mesin dengan menggunakan kuas yang tadi sudah disiapkan. Lakukan secara berulang-ulang sampai noda kotoran yang menempel pada mesin hilang.

Hindari menyemprotkan banyak air ke kabel dan saklar untuk menghindari korsleting.

Jika sudah hilang semua nodanya, lap mesin dengan menggunakan lap kering. Mesin mobil pun menjadi bersih seperti mendapatkan layanan detailing.

Menggunakan Kuas dan Cairan Pembersih

Membersihkan mesin mobil sebenarnya juga lebih mudah dengan menggunakan blower atau steamer. Namun jika tidak memiliknya bisa menggunakan kuas atau sikat dan cairan pembersih.

Berikut tahap-tahap membersihkannya.

  • Pastikan Mesin Mobil dalam Kondisi Dingin
Mesin Diesel

Mesin yang ingin dibersihkan harus dalam kondisi dingin. (Foto: Google)

Sebelum mulai membersihkan, pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin atau belum dinyalakan sama sekali. Jika mobil sudah dipakai, tunggu sekitar 30-45 menit sampai mesinnya benar-benar dalam kondisi dingin.

  • Melepaskan Aki Mobil

Selanjutnya adalah melepaskan aki mobil. Hal ini bertujuan untuk memutus aliran listrik di mobil yang dapat menyebabkan korsleting, di mana tahap berikutnya akan menggunakan cairan pembersih.

Setelah aki mobil dilepas, simpan aki tersebut dan baut-baut atau komponen lainnya yang menempel di tempat kering dan aman,

  • Membersihkan Bagian Bawah Kap Mesin Mobil

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian bawah kap mesin. Dikarenakan bagian tersebut letaknya berada di atas, tahap ini perlu dilakukan sebelum membersihkan mesin.

Jika dilakukan belakangan, kemungkinan besar kotoran akan jatuh ke permukaan mesin yang sudah dibersihkan.

Sebelumnya, siapkan kuas atau sikat, cairan pembersih serbaguna, dan lap microfiber. Bersihkan kotoran di bagian bawah kap mesin dengan sikat atau kuas yang sudah disiapkan tadi.

Setelah itu, bilas dengan cairan pembersih secara perlahan agar tidak menyebabkan cipratan air yang terlalu banyak di atas permukaan mesin.

Kemudian, keringkan dengan menggunakan lap microfiber. Ini penting dilakukan agar tidak terjadi karat.

  • Membersihkan Debu pada Mesin

Setelah kap mesin bersih, tahap selanjutnya adalah membersihkan debu yang menempel pada mesin dengan kuas, mulai dari bagian permukaan hingga ke sela-selanya. Pada tahap ini, tidak perlu menggunakan air.

  • Membersihkan Mesin

Membersihkan mobil. (Foto: carmudi)

Selanjutnya, membersihkan mesin. Pertama, basahi bagian mesin yang ingin dibersihkan dengan cairan pembersih serba guna atau air sabun. Lalu, gunakan sikat atau kuas untuk mengangkat kotoran yang menempel.

Pada tahap ini, disarankan membersihkan mesin yang permukaannya lebih lebar atau besar, lalu ke bagian yang lebih kecil hingga ke sela-sela mesin.

Setelah benar-benar bersih, jangan lupa dibilas dan dikeringkan dengan lap microfiber untuk menghindari karat.

  • Memasang Aki dan Menyalakan Mesin Mobil

Tahap terakhir adalah memasang aki kembali ke tempatnya dan menyalakan mesin mobil. Proses membersihkan mesin mobil pun telah selesai.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Langkah Sederhana Membersihkan Dasbor Mobil Agar Terlihat Seperti Baru

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts