Home » Sepeda motor » Daftar Harga Honda PCX, Simak Harga Baru dan Bekasnya

Daftar Harga Honda PCX, Simak Harga Baru dan Bekasnya

Honda PCX Glorious Matte Black (Foto: Honda)

Jakarta – Skutik berukuran besar beberapa tahun belakangan ini kian menjadi trend di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Yamaha N-Max dan Honda PCX yang merupakan dua produk terlaris di Indonesia. Kali ini, kami akan membahas detail lengkap mengenai harga Honda PCX, fitur dan kelebihan dan kekurangannya. Kira-kira, hal apa saja yang membuat Honda PCX ini menjadi laris di pasaran?

Fitur Honda PCX

PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan beberapa fitur terkini pada Honda PCX. Fitur Honda PCX inilah yang dianggap oleh sebagian orang sebagai salah satu keunggulan oleh skutik di Indonesia. Salah satunya adalah penggunaan kunci keyless yang menjadikan Honda PCX sebagai salah satu pelopor kunci keyless. Sayangnya, kunci keyless ini hanya ada pada varian tertingginya saja.

Kunci keyless ini sudah terintegrasi dengan alarm dan answer back system yang ada pada varian sepeda motor Honda lainnya. Pada kunci tersebut juga sudah tersemat tombol pembuka tangki serta jok yang terintegrasi pada kunci tersebut. Fitur tersebut tentunya cukup memudahkan pengguna, lewat satu tombol berbagai pengaturan sudah tersedia.

Fitur Honda PCX lain yang tak kalah keren adalah penggunaan instrument cluster full digital yang menghadirkan multi informasi. Layar full digital ini membuat Honda PCX terlihat lebih modern dan mewah dibanding skuter matik yang ada di Indonesia. Sepeda motor ini juga memiliki wheelbase sepanjang 1.313 mm, sehingga tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek. Memudahkan pengendara untuk bermanuver.

Honda PCX
Agar aki tidak ngedrop karena knop bermasalah, sebaiknya kunci setang Honda PCX saat parkir.. Foto/Carmudi.

Di bagian depan dan belakang sudah memakai velg berukuran 14 inci. Untuk bagian depan, velg tersebut dibalut dengan ban 100/80, sedangkan di bagian belakang memakai ban ukuran 120/70. Pengguna juga tak perlu khawatir pada saat melakukan pengereman mendadak, karena Honda PCX sudah dibekali dengan rem di bagian depan dan belakang. Rem tersebut juga sudah mengadopsi ABS pada varian ABS.

Oh iya, ada dua varian yang ditawarkan, yakni Honda PCX non ABS, dan ABS. Selain itu, Honda PCX juga sudah menggunakan lampu LED pada semua system pencahayaan. Mulai dari lampu depan, lampu sein, dan lampu belakang seluruhnya sudah memakai LED. Sehingga cahaya yang dihasilkan akan cukup terang.

Spesifikasi Mesin Honda PCX

Untuk mesinnya sendiri, Honda PCX dibekali mesin berkapasitas 150 cc, 1 silinder, 4 tak SOHC, PGM FI dengan pendingin air. Mesin tersebut menggunakan transmisi otomatis V-Matic yang mampu menghasilkan tenaga hingga 14,7 ps dengan torsi 13,2 Nm.

Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dari mesin tersebut juga terbilang irit, bisa mencapai kisaran 1:45 km/liter. Kapasitas tangki bahan bakar yang dimilikinya pun termasuk besar, mampu membawa 8 liter bahan bakar dalam satu kali pengisian.

All New Honda PCX warna Sophisticated Matte Silver (Foto: AHM)

Varian Honda PCX

Di Indonesia, AHM menawarkan Honda PCX dalam 3 varian berbeda. Yakni Honda PCX dengan rem ABS, Honda PCX tanpa rem ABS dan Honda PCX Hybrid. Untuk varian selain hybrid, ditawarkan dalam 5 varian warna mulai dari majestic matte red, wonderful white, glorious matte black, royal matte blue dan magnificent matte brown. Sedangkan Honda PCX Hybrid hanya ditawarkan dalam 1 warna saja yakni hybrid blue.

Harga Honda PCX

Untuk harganya sendiri, Honda PCX memiliki harga yang berbeda-beda. Mulai dari Honda PCX non ABS yang dijual seharga Rp29,8 jutaan, Honda PCX ABS dengan harga Rp32,8 jutaan dan Honda PCX Hybrid yang merupakan tipe tertinggi seharga Rp43,2 jutaan. Ketiganya merupakan harga yang tertera dalam website resmi AHM per bulan April 2020. Harga tersebut tentunya tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Bagi sebagian orang, harga Honda PCX baru terbilang cukup mahal. Sehingga tak sedikit pula yang ingin membeli Honda PCX dalam kondisi bekasnya. Harga Honda PCX bekas bagi sebagian orang terbilang lebih terjangkau dan lebih masuk di kantong ketimbang harga barunya yang sudah melebihi angka Rp28 jutaan. Kira-kira, berapa harga bekas Honda PCX yang ada di pasaran?

Bagi kamu yang ingin membeli Honda PCX bekas, ada baiknya juga jika kamu memperhatikan tahun pembuatan dari sepeda motor tersebut. Jika ingin membeli yang tahun muda, kamu bisa menentukan pilihan pada motor dengan tahun pembuatan maksimal 3 tahun yang lalu. Namun jika tidak mempermasalahkan tahun pembuatan, kami tentunya bisa membeli Honda PCX lansiran di bawah 2015 dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Berdasarkan penelusuran, harga Honda PCX bekas lansiran 2019 atau tahun lalu memiliki harga pasaran di angka Rp25 jutaan hingga Rp28 jutaan. Varian yang ditawarkan pun bervariasi antara tipe ABS dan non ABS. Untuk Honda PCX bekas lansiran 2018, harga bekasnya terpantau lebih murah. Harganya berkisar antara Rp23 jutaan hingga Rp25 jutaan. Tipe yang ditawarkan pun bervariasi dan menyesuaikan dengan kondisi motor yang dijual juga pastinya.

Namun yang cukup menarik untuk disimak, harga Honda PCX 2017 terpantau lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan unit motor tersebut masih didatangkan dari Thailand dengan status CBU. Sehingga harga jual Honda PCX 2017 hampir setara dengan PCX baru di tahun 2020. Harga bekas Honda PCX 2017 berkisar di angka Rp27 jutaan hingga Rp35 jutaan.

Kekurangan Honda PCX

Salah satu kekurangan dari sepeda motor satu ini adalah harga. Dengan harga lebih dari Rp25 juta, bagi sebagian orang harga tersebut dianggap sangat mahal untuk ukuran sebuah motor. Kekurangan lain yang menjadi penyakit dari motor ini adalah mesin. Mesin yang digunakan oleh Honda PCX sama dengan yang digunakan Honda Vario dan ADV150.

Mesin tersebut terkadang menimbulkan gejala bergetar atau “gredek”, dan cukup membuat pengguna merasa tidak nyaman. Gejala ini berupa getaran yang terjadi saat akselerasi awal yang berasal dari mangkok CVT. Getar ini disebabkan karena kampas kopling sentrifugal kurang menggigit mangkok kopling karena adanya debu sehingga muncul sedikit selip.

Penyakit gredek ini umumnya muncul pada motor yang ada di perkotaan. Kondisi jalan yang sering macet membuat gesekan antara kampas sentrifugal dan mangkok kopling lebih sering terjadi. Penyakit ini bisa hilang bila kita rutin membersihkan mangkok kopling atau melakukan modifikasi di bagian tersebut. Kekurangan lain adalah harga komponen yang cukup mahal bagi sebagian orang.

Melihat harga baru dan bekas dari Honda PCX tersebut, semoga dapat memberikan gambaran bagi kamu yang sedang ingin membeli. Kenyamanan Honda PCX memang sudah terbukti, sehingga banyak orang yang ingin menikmatinya. Tak heran jika skuter berukuran besar ini kerap menjadi sepeda motor incaran untuk beraktifitas harian.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Virtual Daihatsu Festival, Beli Mobil Baru Gratis Biaya Admin
Next post
Penerapan Kendaraan Listrik di Indonesia Temui Sejumlah Permasalahan