Mobil

10 Mobil Murah Rp 20 Jutaan, MPV Sampai Sedan

Mitsubishi Lancer SL

Mitsubishi Lancer SL menjadi salah satu pilihan mobil bekas harga terjangkau. (Foto: Wikimedia)

Jakarta – Mobil murah Rp 20 jutaan masih bisa ditemui di pasar mobil bekas. Mayoritas pilihannya datang dari model-model lawas yang justru memiliki peminatnya tersendiri.

Untuk tipenya pun cukup beragam. Walau kebanyakan hadir dalam wujud sedan, tapi ada juga beberapa pilihan yang punya bentuk hatchback hingga MPV. Anda sebagai konsumen tinggal menentukan pilihan sesuai selera.

Di tengah situasi seperti sekarang, beli mobil murah Rp 20 jutaan juga menjadi keputusan yang cukup masuk akal. Anda tetap bisa menjalani mobilitas tanpa harus berkerumun. Di sisi lain Anda juga bisa menghemat pengeluaran.

Baca Juga:

Walaupun mesti diakui, membeli mobil tua pasti ada saja pengeluaran untuk perbaikan. Maka itu disarankan untuk memilih mobil dengan kondisi terawat.

Mobil Murah Rp 20 Jutaan Bekas

Adapun untuk pilihan mobilnya sendiri bisa disimak lewat informasi di bawah ini.

Mobil Murah 20 Jutaan

Toyota Kijang keluaran tahun lawas salah satu opsi untuk budget 20 jutaan. (Foto: Ortizaku.com)

1. Toyota Kijang Super 1988-1990 harga Rp 28 jutaan

Siapa enggak kenal Toyota Kijang? Multi Purpose Vehicle (MPV) ini merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia. Khusus Kijang Super produksinya berlangsung sejak tahun 1986 sampai 1996.

Sosoknya menjadi salah pilihan mobil bekas murah yang bisa didapat dengan harga Rp 20 jutaan. Sebagai contoh, Kijang Super tahun 1990 bisa dijumpai di sebuah situs jual beli mobil dengan banderol Rp 28 jutaan.

Kijang Super menggunakan mesin 1.500 yang dibawa dari generasi sebelumnya. Tapi mendapat penyempurnaan untuk sistem pasokan bahan bakar. Mobil ini menjadi Kijang pertama dengan transmisi 5 kecepatan.

Daihatsu Espass Zebra

Ilustrasi Daihatsu Espass (Foto: Daihatsu)

2. Daihatsu Espass 1996-2000 harga Rp 22 jutaan

Daihatsu Espass pertama kali hadir di Indonesia tahun 1995 untuk menggantikan Daihatsu Zebra. Pada masa-masa kemunculannya mobil ini mendapat sambutan cukup positif.

Sebagai mobil keluarga, Daihatsu Espass menggunakan pintu geser yang membuatnya cukup menarik. Luas ruang kabin pun berani diadu dengan mobil-mobil MPV seperti Toyota Kijang.

Ada tiga jenis mesin Daihatsu Espass seiring perjalanan sejarah mobil ini, mulai dari 1.300 cc, 1.600 cc, dan 1.500 cc. Mesinnya tergolong irit bensin. Sedangkan kekurangannya adalah bantingan yang keras karena menggunakan suspensi sama dengan model pikapnya.

Dari berbagai sumber, harga pasaran Daihatsu Espass mulai dari Rp 22 jutaan.

Sedan Timor

Ilustrasi mobil sedan Timor S515i. (Foto: FJB Kaskus)

3. Sedan Timor 1997-2000 harga Rp 23 jutaan

Walau usianya pendek, Indonesia pernah punya mobil nasional dengan merek Timor. Nama “Timor” itu sendiri adalah singkatan Teknologi Industri Mobil Rakyat. Model yang beredar di pasaran antara lain tipe S515.

Pada waktu diluncurkan tahun 1996 sedan ini ditawarkan dengan harga Rp35 jutaan. Dan untuk saat ini, Timor S515 pun masuk dalam salah satu mobil murah Rp 20 jutaan.

Timor S515 punya desain bodi yang mengikuti zaman untuk mobil seusianya. Sekilas mirip Toyota Great Corolla. Mesinnya menggunakan sumber tenaga 4-silinder berkapasitas 1.988 cc.

Dilihat dari berbagai platform lokapasar digital, Timor S515 bekas ada yang mulai dijual dari harga Rp 23 jutaan.

Suzuki Carry

Ilustrasi Suzuki Carry (Foto: Wikimedia)

4. Suzuki Carry 2000-2004 harga Rp 25 jutaan

Mobil ini menjadi andalan Suzuki untuk segmen kendaraan niaga ringan dan penumpang di era 1990-an.

Untuk tipe minibus, Suzuki menggandeng sejumlah perusahaan karoseri untuk membuat bodi Carry. Mulai dari Adiputro, Alexander, New Armada, dan lainnya.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan mobil ini adalah kabinnya yang tergolong luas. Bisa digunakan mengangkut hingga 9 orang. Bodinya yang mungil juga membuatnya cukup lincah di jalan.

Dengan bujet Rp 25 jutaan, tipe yang bisa Anda pilih antara Carry Extra atau Carry 1.0 PV. Sedangkan untuk Carry Futura terpantau harganya masih 30 jutaan.

Suzuki Esteem

Ilustrasi Suzuki Esteem (Foto: Harga.web.id)

5. Suzuki Esteem 1992-1995 harga Rp 22 jutaan

Bagi Anda yang menyukai mobil jenis sedan, di angka Rp 20 jutaan ada Suzuki Esteem yang bisa menjadi salah satu pilihannya. Mobil yang dibangun menggunakan basis Suzuki Amenity ini memiliki tampilan kental nuansa 1990-an.

Bodinya terlihat boxy, berbeda dengan rival-rivalnya seperti Toyota Great Corolla atau Honda Civic Genio.

Suzuki Esteem memiliki dua pilihan mesin, meliputi mesin 1.300 cc dan mesin 1.600 cc. Keduanya sama-sama masih menggunakan karburator untuk suplai bahan bakarnya. Mesin 1.600 cc milik Esteem identik dengan yang menempel pada Escudo.

Di situs web mobil bekas Carmudi, Suzuki Esteem dihargai mulai dari Rp 22 jutaan.

Peugeot 306, mobil murah 20 jutaan

Peugeot 306 cocok untuk mereka yang baru ingin memiliki mobil Eropa. (Foto: Wikimedia)

6. Peugeot 306 1996-1999 harga Rp 25 jutaan

Enggak semua mobil murah Rp 20 jutaan datang dari merek Jepang karena ada juga pilihan buat mereka yang menginginkan kendaraan Eropa. Sebut saja sedan Peugeot 306. Sedan ini bisa dibilang salah satu produk Peugeot yang cukup banyak ditemui di Indonesia.

Desain bodinya yang ringkas cukup sedap dilihat. Walau sudah berumur tapi bentuknya belum terlalu ketinggalan zaman.

Di antara merek Eropa lainnya, harga jual bekas mobil-mobil Peugeot memang lebih miring. Termasuk untuk tipe 306 empat pintu ini sehingga menjadikannya cocok untuk Anda yang baru ingin mencoba memiliki mobil Eropa.

Di situs web mobil bekas Carmudi, Peugeot 306 dihargai mulai dari Rp 25 jutaan.

Suzuki Amenity, mobil bekas 20 jutaan

Suzuki Amenity punya bodi yang kompak. (Foto: Blogspot)

7. Suzuki Forsa 1987-1989 harga Rp 22 jutaan

Dulu Toyota memiliki Starlet yang sangat populer sebagai jagoannya di segmen hatchback. Sayangnya, harga bekas mobil itu sekarang masih bertahan.

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih Suzuki Forsa jika menginginkan mobil murah Rp 20 jutaan dengan tipe hatchback. Populasinya di jalan raya memang sudah terbilang jarang. Tapi itu yang membuatnya cukup istimewa. Terlebih jika bisa mendapatkan model dua pintunya.

Mobil ini cocok untuk digunakan oleh mereka yang masih sendiri. Kalau mau dijadikan bahan modifikasi, acuannya bisa melihat Suzuki Cultus yang beredar di Jepang.

Bersumber dari beberapa situs web mobil bekas, harga pasaran Suzuki Forsa mulai dari Rp 22 jutaan.

Mitsubishi Lancer SL mobil bekas 20 jutaan

Ilustrasi Mitsubishi Lancer SL (Foto: Wikimedia)

8. Mitsubishi Lancer SL 1981-1983 harga Rp 18 jutaan

Mitsubishi Lancer SL merupakan generasi kedua dari “keluarga” Lancer. Untuk di Indonesia sendiri mobil ini terhitung sebagai generasi pertama yang dipasarkan secara resmi. Posisinya di pasar berada di bawah Galant Sigma.

Lancer SL hadir sebagai sedan compact dengan desain body yang boxy. Walau begitu tampilannya juga mencerminkan kesan sporty. Mobil ini banyak menjadi pilihan mereka yang hobi mobil-mobil lawas. Walaupun ketersediaan onderdilnya enggak sebanyak mobil-mobil dari Toyota.

Di balik kap mesinnya, mobil ini menggendong dapur pacu 4-silinder dengan kapasitas 1.400 cc.

Di situs web mobil bekas Carmudi, Mitsubishi Lancer SL dihargai mulai dari Rp 18 jutaan.

Daihatsu Charmant, mobil murah 20 jutaan

Daihatsu Charmant 1979 yang dipasarkan di Jepang. (Foto: Wikimedia)

9. Daihatsu Charmant 1983-1987 harga Rp 19 jutaan

Masih dari kategori sedan kompak, pilihan mobil murah Rp 20 jutaan lainnya adalah Daihatsu Charmant. Mobil ini statusnya mirip dengan Daihatsu Xenia saat ini, yaitu merupakan produk hasil kolaborasi dengan Toyota.

Lebih tepatnya Charmant merupakan re-badge dari Toyota Corolla DX. Hanya saja segmentasinya berbeda. Charmant lebih menyasar kalangan dengan kantong tebal, sedangkan Corolla DX konsumen utamanya adalah anak muda.

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1983, harga bekasnya pada 2021 terpantau ada di angka Rp 19 jutaan sampai Rp25 jutaan.

Baca Juga:

Toyota Corolla DX

Toyota Corolla DX (Foto: Youtube)

10. Toyota Corolla DX 1980-1982 harga Rp 21 jutaan

Pilihan yang terakhir adalah Toyota Corolla DX itu sendiri atau Corolla generasi ke-4 (KE70). Sebenarnya rentang harga untuk mobil ini tergolong luas. Bahkan ada yang menjualnya di angka Rp 90 jutaan.

Tapi kondisinya memang istimewa dari hasil modifikasi yang serius. Wajar, mobil ini memang menjadi salah satu favorit para pehobi kendaraan retro.

Walau begitu Anda tetap bisa menemukan Corolla DX di harga Rp 20 jutaan dengan kondisi yang masih “polos”. Enggak sulit untuk merawat atau memodifikasi Corolla DX lantaran onderdil dan aksesorinya cukup mudah ditemui di pasaran.

Di situs web mobil bekas Carmudi, Toyota Corolla DX dihargai mulai dari Rp 21 jutaan.

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts