Mobil

Daihatsu Pastikan Mesin 3 Silinder yang Terpasang di Rocky Minim Getaran

Jakarta –Daihatsu Rocky baik itu versi 1.0L Turbo maupun 1.2L telah dibekali mesin berkonfigurasi 3 silinder. Banyak kalangan yang menilai mesin 3 silinder memiliki ciri khas berupa getaran yang cukup kasar dan kurang bertenaga. Namun, Daihatsu memastikan bahwa, kekurangan dari mesin itu tidak ditemukan pada Rocky.

Anjar Rosadi, Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membenarkan jika mesin 3 silinder getar dan membuat tidak nyaman. Tetapi seiring perkembangan teknologi, karakter dari mesin tersebut sudah banyak berubah.

Mesin 3 Silinder

Mesin Daihatsu Rocky minim getaran (Foto: Carmudi/Badjo)

“Mesin pada Rocky jauh lebih halus dan lebih baik tentunya. Teknologi yang digunakan, terkait internal balance di dalam mesin itu sendiri dan juga peredaman, bisa memberikan mesin dengan kondisi geratan yang minimal,” terang Anjar, belum lama ini.

Tak cuma itu saja, bobot mesin 3 silinder terkenal lebih ringan ketimbang 4 silinder, seperti terpasang di produk Daihatsu lain, khususnya yang berkapasitas 1.2L.

Mesin yang dipasang di Rocky merupakan keluaran terbaru yang telah dikembangkan sedemikian rupa, supaya dapat menghasilkan performa yang lebih bertenaga, tapi tetap hemat bahan bakar.

“Bukan berarti mesin 3 silinder lebih jelek dari 4 silinder. Dengan teknologi yang baru walaupun dia 3 silinder, secara power dan efisiensi menjadi lebih baik,” timpal Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM.

Daihatsu Rocky 1.0L Turbo dibekali mesin 998 cc 1KR-VET 3 silinder turbocharger bertenaga 96,5 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada rentang 2.400 sampai 4.000 rpm.

(Foto: Carmudi/Badjo)

Sedangkan Rocky 1.2L menggunakan mesin 1.198cc WA-VE 3 silinder yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga 86 daya kuda dan torsi 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Hasil Pengujian Daihatsu Rocky

Sebelum resmi dipasarkan ke konsumen, ADM lebih dahulu melakukan pengujian terhadap Rocky khususnya versi 1.2L. Pengujian dilakukan dengan menyusuri beberapa jalan yang memiliki karakter berbeda-beda.

“Kami lakukan pengujian di beberapa kondisi jalan seperti Dago Pakar, Bandung atau Cangar, Malang dengan kemiringan tanjakan jalan bisa mencapai 15 sampai dengan 18 derajat. Hasilnya Rocky 1.2L ini responsif dan juga bertenaga saat digunakan di jalan menanjak,” tutur Anjar.

Test drive Daihatsu Rocky

Daihatsu mengklaim Rocky paling irit di kelasnya (Foto: Carmudi/Badjo)

Sementara itu terkait konsumsi bahan bakar, hasil pengujian internal Daihatsu menyimpulkan bahwa, Rocky paling irit dan terbaik di kelasnya.

“Di kondisi jalan di Indonesia, apakah itu jalan raya, atau jalan umum, di mana pencapaian konsumsi bahan bakar Rocky bisa mencapai 18 sampai 19 km per liter,” pungkas dia.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts