Tips dan Trik

Dinamo Starter: Fungsi, Cara Kerja, dan Penyebab Kerusakan 

Dinamo starter atau lebih dikenal dengan nama motor starter menjadi salah satu komponen penting yang ada di mobil.

Pada artikel ini kami akan membahas lebih detail mengenai apa itu dinamo starter serta fungsi, dan penyebab komponen ini menjadi rusak.

Adanya artikel ini diharapkan bisa menambah pengetahuan Anda tentang dinamo starter yang ada di mobil.

Fungsi Dinamo Starter

Menurut kamus Bahasa Indonesia, dinamo merupakan generator atau mesin yang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Konsep kerja yang ada pada dinamo sama persis dengan generator, yakni memutar kumparan dalam medan magnet atau memutar medan magnet di dalam kumparan.

dinamo starter

Prinsip kerja dinamo ini berlandaskan pada Hukum Faraday yang membuktikan apabila lilitan kawat yang bisa mengantarkan listrik berada pada medan magnet yang dapat berubah-ubah.

Maka dari itu, lilitan kawat tersebut nantinya akan membentuk gaya gerak listrik (GGL) secara induksi.

Lalu, apa fungsi utama dari dinamo starter?

Dinamo starter ini berfungsi untuk melakukan pemutaran mesin untuk pertama kalinya atau ketika hendak menyalakan mesin.

Komponen ini akan menggerakkan pemutar gigi flywheel ketika mesin mobil akan dinyalakan, makanya dinamakan dinamo starter.

Tanpa adanya komponen ini, maka pemilik mobil tidak akan bisa menyalakan mobil dengan mudah dan cepat.

Masih ingat dengan mobil klasik yang cara menyalakan mesinnya harus dengan cara diengkol? Nah, seperti itulah mobil jika dinamo starter tidak diciptakan.

Baca juga: Cari Bengkel Dinamo Ampere Terdekat di Jakarta, Ini Lokasinya

Komponen Dinamo Starter

Secara bentuk, komponen untuk menyalakan mesin mobil ini bisa dibilang cukup kecil namun terdiri dari banyak bagian.

Untuk menjalankan fungsinya secara utuh, dinamo ini didukung beberapa komponen yang saling terhubung.

Berikut ini komponen-komponennya.

Aki atau Baterai 

Baterai atau aki yang ada di mobil punya peranan penting dalam menyuplai atau penyedia arus listrik.

aki

Kelebihan dan kekurangan aki kering. (Foto: Ilustrasi)

Arus listrik inilah yang nantinya akan disalurkan ke seluruh komponen sistem starter yang ada pada mobil.

Listrik yang dialirkan ini nantinya akan dikonversi menjadi tenaga putar oleh starter kendaraan sehingga mesin mobil bisa berputar.

Saklar Starter

Bagian lain yang ada di dalam dinamo starter ada saklar yang memiliki peranan untuk mengalirkan arus listrik ke semua bagian starter.

Saklar inilah yang akan mengantarkan listrik dengan arus yang besar untuk memutar atau menggerakkan mesin kendaraan.

Relay 

Relay sendiri merupakan komponen yang akan mengalirkan arus listrik dari saklar utama ke komponen listrik lainnya seperti klakson dan lampu utama.

relay lampu mobil

Namun relay tidak bekerja sendirian, ia dibantu oleh fuse atau sekring untuk membatasi arus untuk menghindari resiko terbakar dan kelebihan arus.

Sementara relay yang ada di starter ini memiliki peranan untuk menjadi penghubung antara ignition switch dengan starter agar lebih aman dan awet.

Motor Starter

Komponen ini memiliki tugas untuk merubah tenaga listrik yang sudah dialirkan agar menjadi momen putar yang ada di mesin.

Starter motor ini nantinya akan memutar roda gigi yang terdapat di flywheel, sehingga mesin mobil bisa memiliki kompresi, hidup, dan berputar.

Ignition Switch

Lainnya ada ignition switch atau kunci kontak sebagai penghubung dan juga pemutus arus listrik dan tegangan dari aki menuju starter motor.

Penyebab mobil tidak bisa distarter

Penyebab mobil tidak bisa distarter

Beberapa poin di atas merupakan komponen-komponen yang ada di dalam bagian dinamo yang berfungsi menyalakan mesin mobil.

Cara Kerja Sistem Dinamo 

Lalu, bagaimana cara kerja dari dinamo yang ada di mobil ini? Apakah simpel atau rumit?

Menurut laman resmi Hyundai, ada beberapa tahapan atau cara kerja dari sistem dinamo starter pada mobil.

  • Ketika switch kontak diputar ke arah start maka akan ada aliran listrik yang dikirimkan aki menuju ke sekring dan relay untuk diteruskan ke arah terminal S di starter.
  • Listrik yang dikirim ke terminal S akan menggerakkan magnetic switch agar menjadi ON atau menyala sehingga arus listrik yang besar dari aki akan mengalir ke kabel besar menuju terminal B.
  • Pada saat yang sama, magnetic switch akan mendorong roda gigi pada starter motor hingga terkait dengan roda gigi di mesin atau flywheel.
  • Listrik yang ada di terminal B akan mengalir ke terminal M dan membuat komponen dalam starter motor menjadi berputar sekaligus memutar roda gigi yang terkait dengan mesin akan berputar.

Gambaran di atas merupakan gambaran mudah mengenai cara kerja dari komponen dinamo starter pada mobil.

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak 

Sejatinya setiap komponen yang melekat di mobil memiliki usia pakai yang tak bisa diprediksi, begitu juga dinamo starter ini.

dinamo starter

Alat yang berfungsi menyalakan mesin mobil ini juga bisa mengalami kerusakan. Namun,ada beberapa penyebab yang menjadi pemicunya.

Dipaksa 

Komponen ini bisa rusak jika dipaksa bekerja dalam kondisi tertentu. Contoh, aki mobil yang soak dipaksakan untuk terus distarter hingga mesin mobil nyala.

Cara ini justru membuat usia pakai dinamo bisa menjadi lebih pendek dan sebaiknya dihindari oleh pemilik mobil.

Jika mobil sulit distarter dalam waktu yang lama sebaiknya jangan dipaksakan untuk terus dinyalakan.

Lebih baik mencoba beberapa saat dengan melakukan starter yang disertai interval waktu misalnya 2 menit sekali atau 10 menit sekali.

Saat dipaksakan, maka dinamo ini akan menjadi panas dan berpotensi membuat komponen di dalamnya menjadi rusak atau terbakar.

Carbon Brush Gosong 

Efek dari memaksakan melakukan starter tadi membuat bagian dalam dinamo menjadi panas dan terbakar.

Nah, bagian yang akan terbakar itu merupakan carbon brush yang ada di dalam.

Jika sudah benar-benar tidak bisa menyala atau rusak, maka Anda bisa melakukan penggantian bagian carbon brush ini.

Aki Mobil Soak 

Seperti yang dijelaskan sedikit di atas, memaksakan starter ketika aki mobil soak bisa memperbesar kemungkinan dinamo ini menjadi rusak.

Ketika suplai listrik yang dikirimkan oleh aki berkurang, maka dinamo tidak akan menyala dengan optimal.

Baca Juga: Ciri Alternator Mobil Bermasalah, Mobil Bisa Terasa “Aneh”

Ciri-ciri Dinamo Lemah

Sebelum mengalami dinamo ini menjadi rusak, Anda bisa mengetahui beberapa tanda dari komponen ini yang sudah mulai melemah.

Baca juga: Aki Mobil Soak? Ini Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya

Timbul Suara Keras 

Jika mendengar suara gemeretak, bisa jadi itu adalah tanda dari dinamo yang sudah mulai melemah atau rusak.

Suara keras ini biasanya berasal dari benturan dari 2 gigi aus yang berasal dari bantalan satu arah di gear pinion.

Sulit Distarter Saat Panas

Mesin yang sangat sulit dihidupkan dalam kondisi mobil yang sudah lama digunakan atau masih dalam kondisi panas merupakan ciri dari dinamo mobil yang mulai melemah atau rusak.

Berkendara saat berpuasa

Berkendara saat sedang berpuasa harus lebih waspada (Foto: SIS)

Hal ini disebabkan oleh tahanan pada koil yang menjadi lebih banyak dari biasanya.

Ketika panas mesin mengenai badan solenoida, nilai resistansi pada kumparan akan meningkat. 

Ini akan berdampak pada arus listrik yang tertahan dan tidak akan dapat mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. 

Arus listrik tersumbat atau tersendat, otomatis mesin akan menjadi lebih sulit untuk dihidupkan.

Kesimpulan 

Setelah membahas mengenai semua hal mengenai dinamo starter, diharapkan mampu menambah informasi bagi Anda.

Jika mengalami kerusakan, tak perlu khawatir untuk melakukan perbaikan sebab bisa dilakukan di bengkel terdekat.

Bisa juga mendatangi bengkel spesialis dinamo yang ada di sekitar Anda untuk dicek secara keseluruhan.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts