Tips dan Trik

Tips Aman Berkendara di Musim Hujan, Visibilitas Harus Diutamakan

Kini kebanyakan wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan sehingga pengemudi pun harus ekstra hati-hati ketika berkendara, karena kondisi jalan yang licin dan basah.

Memastikan kendaraan kita berada dalam kondisi terbaik sebelum dikendarai tidak bisa ditawar lagi.

Senada dengan itu, Vice President PT VKOOL Indo Lestari, Linda Widjaja pun menyampaikan bahwa kita harus menyiapkan kondisi berkendara terbaik pada kendaraan di musim hujan, terlebih soal visibilitas.

“Sangat penting untuk memperhatikan soal visibilitas, karena kalau visibilitas tidak bagus, maka otomatis membuat kewaspadaan berkendara akan berkurang,” kata Linda, Rabu (3/11/2021) kemarin.

“Pemilihan kaca film sangat penting. Jika terlalu gelap, pandangan akan terganggu ataupun buram. Pastikan kaca film Anda berkualitas baik, sehingga kejelasan daya pandang yang dihasilkan tidak berkurang,” lanjutnya.

Tips Aman Saat Hujan Bagi Pemobil

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa kita terapkan untuk mempersiapkan diri sebelum berkendara di musim hujan ala V-Kool.

  1. Memastikan Tekanan Udara Ban Sudah Sesuai

Tips yang pertama adalah pengemudi harus memastikan bahwa ban mobil berada dalam keadaan normal, dan hal ini termasuk dengan tekanan udaranya. Menjaga tekanan udara sangatlah penting agar mobil tetap stabil saat dikemudikan dan menghindari risiko tergelincir.

Biasanya, tekanan udara pada ban sesuai anjuran pabrikan bisa kita lihat pada pilar pintu pengemudi. Selain itu, jika ban sudah tipis, sebaiknya dilakukan penggantian ban juga, karena ban yang tipis dapat mengurangi kemampuan grip pada mobil.

  1. Memeriksa Kondisi Lampu Mobil

Lampu mobil menjadi komponen yang sangat penting saat kita sedang berkendara di musim hujan, karena berguna untuk memperjelas pandangan pengemudi. Agar aman berkendara di musim hujan, kita harus memastikan kondisi semua lampu mobil berfungsi dengan semestinya.

Lampu yang perlu kita cek adalah head lamp, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Selain itu, kita juga harus memastikan lampu sign dan lampu darurat juga berfungsi dengan baik.

Bukan hanya lampu, tetapi pelindung lampu juga perlu dicek. Pastikan pelindung lampu ini ada dalam kondisi bersih dan bebas dari debu, sehingga penerangan pun tidak akan terganggu.

Arah lampu utama alias head lamp juga perlu kita perhatikan. Jangan sampai arah head lamp mobil kita mengganggu pandangan pengendara lain.

  1. Menjaga Jarak Aman Ketika Berkendara

Kita memang selalu dianjurkan untuk menjaga jarak aman saat berkendara. Tetapi di musim hujan, sebaiknya jarak aman diperbesar, agar risiko terjadinya tabrakan bisa diminimalisir.

Saat kondisi hujan, jarak pandang menjadi terbatas. Karena itu, sangat disarankan untuk membiarkan mobil di depan kita berada di luar jarak pandang kita untuk menjaga batas aman.

  1. Menghindari Berkendara Di Tepi Jalan

Jalanan menjadi lebih rawan keropos dan rusak di musim hujan. Biasanya, bagian tepi jalan ini merupakan bagian yang lebih mudah rusak.

Hal ini karena struktur bagian tepi jalan ini lebih rendah dibandingkan dengan bagian tengah jalan. Jika terus menerus terkena air hujan seringkali muncul genangan air.

Saat berkendara di musim hujan, sebaiknya kita memang menghindari genangan air di tepi jalan tersebut. Berkendara terlalu di tepi jalan kemungkinan bisa mengakibatkan kendaraan kita selip maupun terperosok ke luar jalan, terlebih jika pembatas jalan kurang jelas.

  1. Menjaga Visibilitas Kendaraan Tetap Baik

Visibilitas merupakan hal yang paling vital ketika berkendara di musim hujan. Saat berkendara, kita harus memastikan bahwa pandangan kita tidak terhalang, dan salah satu cara paling efektif untuk melakukan hal ini adalah membersihkan kaca mobil secara rutin.

Selain itu, kita juga perlu untuk membersihkan kaca film di bagian dalam. Seringkali kaca film di bagian dalam tersentuh tangan sehingga kaca film menjadi berminyak.

Kita tidak dianjurkan untuk menggunakan cairan khusus ketika membersihkan kaca film. Hal ini dapat mengakibatkan rusaknya kaca film karena cairan pembersih biasanya mengandung bahan kimia tertentu.

  1. Menggunakan Kaca Film Bening Berkualitas

Tips yang terakhir masih berkaitan dengan meningkatkan visibilitas pengendara, yaitu dengan menggunakan kaca film bening berkualitas. Bicara soal kaca film bening berkualitas, V-Kool punya solusinya.

V-Kool memiliki produk kaca film bening berteknologi tinggi yang disebut VK70. Kaca film satu ini berteknologi tinggi karena tidak ada kaca film lain yang bisa meneruskan cahaya dan menolak panas sebaik dan semaksimal VK70 dari V-Kool, sehingga visibilitas pengendara pun terjamin.

Kaca film buatan V-Kool ini menggunakan teknologi spectrally selective yang efektif mengurangi panas matahari masuk ke dalam kabin, namun tetap mempertahankan tingkat cahaya.

Selain itu, kaca film V-Kool ini juga dibuat dengan material polyester premium demi menghasilkan kaca film bening berkualitas tinggi.

(Foto: V-KOOL)

Bagi konsumen yang ingin memasang kaca film bening untuk persiapan berkendara di musim hujan, V-Kool memberikan penawaran menarik di Pameran Otomotif Online Terlengkap “Tokopedia Garage Otofair” yang berlangsung dari tanggal 11 November 2021 mendatang. Untuk menikmati promo ini, kita bisa membeli kaca film V-Kool di Tokopedia.

Konsumen akan mendapatkan potongan harga sebesar 30% OFF + (6% up to Rp1 Juta) untuk setiap pembelian dengan memasukkan kode promo KOOLNOV pada fitur kode promo.

V-KOOL Andalan 8 APM

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts