Home » Mobil » Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi “B” di Tuas Transmisi Mobil Hybrid Toyota

Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi “B” di Tuas Transmisi Mobil Hybrid Toyota

Tuas transmisi dan tampilan head unit Toyota Prius (Foto: Santo/Carmudi)

Banyuwangi – Setidaknya ada empat model mobil Toyota yang sudah mengadopsi teknologi hybrid. Keempatnya adalah Toyota Camry Hybrid, Alphard Hybrid, C-HR Hybrid, dan yang baru saja diluncurkan pada 12 September 2019 yaitu Corolla Altis Hybrid. Menariknya dari semua model yang sudah dipasarkan di Indonesia itu mengusung transmisi otomatis.

Beda dari mobil bertransmisi manual, umumnya menggunakan angka. Tapi tidak di mobil dengan transmisi otomatis. Kebanyakan tuasnya menggunakan huruf seperti P (parking), R (reverse), N (neutral), D (drive), dan L (low) yang punya fungsi berbeda. Khusus mobil hybrid Toyota ada sedikit perbedaan, selain terdapat beberapa huruf tadi, tertera pula huruf B (brake).

Lantas apa sebenarnya fungsi B pada tuas transmisi otomatis di mobil hybrid Toyota? Faozan Saptadi, service head Auto2000 Banyuwangi, Jawa Timur mengatakan tuas transmisi B berfungsi untuk memaksimalkan proses pengisian baterai (fast charging) dari energi kinetik yang dihasilkan putaran roda terutama pada saat kendaraan melewati jalan menurun.

“Ibarat kayak saklar jadi ketika kondisi jalan menurun kita pindahkan tuas transmisi ke B saja supaya pengisian baterainya lebih maksimal,” kata Faozan.

Faozan menambahkan sebenarnya memindahkan tuas transmisi ke posisi B bisa dilakukan kapan saja, bahkan ketika mengemudi di jalan mendatar. Namun fungsi fast charging tidak begitu maksimal karena pengemudi akan lebih sering menginjak pedal gas ketimbang melakukan pengereman.

“Enggak ada tenaga yang terbuang dari roda,” tegasnya.

Fungsi “B” pada transmisi mobil hybrid Toyota. (Foto: Carmudi/Santo)

Daftar Harga Mobil Hybrid Toyota

Toyota mulai memperkenalkan mobil listrik berteknologi hybrid ini sejak 2009 dengan mendatangkan Toyota Prius. Kemudian disusul dengan Camry Hybrid pada 2012, Alphard Hybrid pada 2015, C-HR Hybrid dan Corolla Altis Hybrid pada 2019. Masing-masing dibanderol dengan harga beragam. Berikut ini daftar lengkap harga mobil hybrid Toyota yang dijual saat ini.

Toyota Camry Hybrid

  • Camry 2.5 HV Rp809,4 juta

Toyota Alphard Hybrid

  • Alphard Hybrid 2.5 G A/T Rp1,419,8 miliar

Toyota C-HR Hybrid

  • C-HR Single Tone Rp523,35 juta
  • C-HR Dual Tone Rp524,85 juta

Toyota Corolla Altis Hybrid

  • Corolla Altis Hybrid A/T Rp566,3 juta.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

4 Hal yang Harus Dieksplorasi Ketika Berkendara Mobil Hybrid Toyota

Aprilia Shiver 900 resmi mendarat di Indonesia.
Previous post
Piaggio Akan Luncurkan Motor Baru Seharga Rp600 Jutaan
Next post
Komunitas Daihatsu Bekasi Bertekad Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan Raya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *