Home » Reviews » Dijual Rp155 Jutaan, Apa Hebatnya Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi?

Dijual Rp155 Jutaan, Apa Hebatnya Daihatsu Ayla Tipe Tertinggi?

Harga Daihatsu Ayla Tetap Valuable (Foto: Carmudi)

JakartaDaihatsu pada bulan lalu kembali melakukan penyegaran pada Ayla. City car yang masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC) ini mendapat beberapa update fitur dan penampilan. Dengan harga lebih dari Rp 150 jutaan pada tipe tertinggi, seberapa pantas Daihatsu Ayla kita pilih dibanding mobil lain?

Sejak diluncurkan pertama pada 2013, Ayla telah terjual lebih dari 214 ribu unit hingga Februari 2020 kemarin. Wajah baru Ayla kian modis dengan desain yang diadopsi langsung dari konsep Ayla Turbo. Kesan Ayla Turbo bisa kita kenali dari gril dan bumper depan.

“Kami melakukan perubahan pada beberapa bagian. Ubahan ini kami lakukan berdasarkan mobil konsep Ayla Turbo yang dipajang di ajang GIIAS 2 tahun lalu,” ungkap Mark Wijaya, Head of Styling PT ADM saat peluncurannya.

Desain headlamp masih sama seperti Ayla versi 2017 yang bergaya lancip dengan LED DRL. Desain lampu belakang juga masih belum berubah, hanya saja kini terdapat garnish mika bergaya smoke untuk membuat penampilannya lebih gahar.

Desain lampu belakang New Ayla (Foto: Carmudi)

Bicara soal Ayla Turbo, Mark jugalah yang ikut menggarap konsep ini. Ubahan pada penampilan New Ayla yaitu di bumper depan menggunakan desain yang baru dengan didominasi warna hitam.

Kemudian di bagian belakang, desain bumper juga mendapatkan tambahan aksen hitam doff di bagian bawah dengan desain rear combination lamp serta aksen smoke. Untuk menyesuaikan gaya sporty, Daihatsu Ayla kini memakai pelek ukuran 14 inci dengan desain yang juga baru.

Harga Daihatsu Ayla Makin Mahal

New Daihatsu Ayla Yellow Metallic (Foto: Daihatsu)

Bicara soal harga, Daihatsu menjual Ayla tipe tertinggi di angka Rp155,35 juta. Harga tersebut naik signifikan dari tahun lalu yang dijual Rp147,85 juta. Kenaikan sekitar Rp8,5 juta tentu harus dikompensasi dengan peningkatan fitur dan desain yang mutakhir tentunya.

Daftar Lengkap Harga New Daihatsu Ayla

Berikut ini daftar lengkap harga New Daihatsu Ayla dari tipe terendah hingga tertinggi:

  • NEW AYLA 1.0 D MT E4 Rp 101,650,000,-
  • NEW AYLA 1.0 D+ MT E4 Rp 113,850,000,-
  • NEW AYLA 1.0 M MT E4 Rp 118,150,000,-
  • NEW AYLA 1.0 M AT E4 Rp 127,150,000,-
  • NEW AYLA 1.0 X MT E4 Rp 125,500,000,-
  • NEW AYLA 1.0 X MT DLX E4 Rp 132,850,000,-
  • NEW AYLA 1.0 X AT E4 Rp 134,550,000,-
  • NEW AYLA 1.0 X AT DLX E4 Rp 141,900,000,-
  • NEW AYLA 1.0 X AB MT E4 Rp 129,100,000,-
  • NEW AYLA 1.0 X AB AT E4 Rp 138,150,000,-
  • NEW AYLA 1.2 X MT E4 Rp 134,350,000,-
  • NEW AYLA 1.2 X AT E4 Rp 144,350,000,-
  • NEW AYLA 1.2 R MT E4 Rp 141,350,000,-
  • NEW AYLA 1.2 R MT DLX E4 Rp 145,350,000,-
  • NEW AYLA 1.2 R AT E4 Rp 151,350,000,-
  • NEW AYLA 1.2 R AT DLX E4 Rp 155,350,000,-

Peningkatan Fitur New Daihatsu Ayla

Dasbor New Ayla kian modern dengan AC digital (Foto: Carmudi)

Saat peluncurannya, Mark menyebut bila di bagian interior, Daihatsu mengurangi banyak knob.

“Sebagai gantinya kami memasangkan tombol-tombol yang mana memang menjadi fokus utama bagi pemakai,” ucapnya.

Pada bagian center cluster, knob AC diubah menjadi digital, sehingga tampil lebih kekinian dan memudahkan pengguna dalam mengatur suhu kabin dalam mobil. Fitur keren lainnya yang hadir di New Ayla yakni 2-Din touchscreen audio, electric retractable mirror, backsonar & parking camera (1.2R) memberikan kenyamanan lebih untuk pengguna Ayla.

Head unit yang menempel juga kini memakai layar sentuh dengan konektivitas bluetooth dan mirrorlink. Tak kalah menarik, spion New Ayla kini bisa dilipat secara elektrik.

Pada varian tertinggi, 1.2R A/T, Daihatsu menambahkan fitur keamanan berupa ABS (Anti-Lock Braking System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution). Dua fitur ini untuk memberikan performa keamanan yang maksimal.

Panel AC digital di New Ayla (foto: Carmudi)

Fitur milik New Ayla tipe tertinggi ini dinilai tak kalah keren dibandingkan city car merek lain non LCGC. Sebut saja fitur AC digital yang dimiliki New Ayla juga ada di New Ignis atau Brio RS.

Di kelas mobil LCGC, kehadiran fitur hiburan yang mumpuni jelas menjadi barang mewah. Untuk membuatnya tetap valuable, Daihatsu membekali head unit yang terintegrasi dengan radio, MP3/CD/WMA, AUX Port, dan USB. Dengan fitur-fitur canggih pada head unit-nya, pengguna tidak mati gaya di perjalanan karena bisa memutar musik melalui gawai (gadget) yang dibawa.

Secara value for money, harga New Ayla lebih murah dengan fitur yang tak kalah lengkap dibanding dua model tadi. Kelemahan New Ayla hanyalah pada sisi mesin yang tidak mengalami peningkatan di sisi tenaga.

Soal kenyamanan, Ayla memang masih kalah bila dibandingkan dengan city car non LCGC. Untuk ukuran LCGC, interior Ayla sudah proporsional untuk aktivitas harian. Hadirnya New Ayla tentu membuat peta persaingan tiga besar di segmen LCGC begitu sengit melawan Honda Brio Satya dan Toyota Agya.

Harga Naik, Mesin New Ayla Tidak Berubah

Mesin di New Ayla hingga tipe tertinggi masih sama (foto: Carmudi)

Pada facelift pertama di generasi kedua, Daihatsu tidak melakukan ubahan apapun di sisi mesin. Jenis mesin yang digunakan masih sama, begitu juga output tenaganya.

Daihatsu menyiapkan dua varian mesin untuk Ayla, yakni 1,0 liter dan 1,2 liter.

Secara spesifikasi, mesin 1,0 liter berkubikasi 998 cc DOHC, 3 silinder dan 12 katup. Mesin 1NR dapat menghasilkan tenaga sebesar 65 Hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi mencapai maksimal 85 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Tidak seperti LCGC lainnya, Daihatsu memasarkan mobil yang termasuk komplet variannya. Salah satu opsi yang banyak dicari oleh masyarakat perkotaan ialah transmisi CVT yang bikin mengemudi bebas pegal. Opsi matik ini tersedia di tiap tipe, mulai dari mesin 1.0 dan 1.2 liter.

Menyinggung soal dapur pacu mobil Ayla, dapat dikatakan bahwa mobil ini memiliki mesin yang kurang bertenaga. Bahkan, Ayla masih memiliki opsi mesin 1,0 liter yang hanya menghasilkan tenaga sebesar 63 hp.

Patut disayangkan, mesin Ayla kurang mumpuni untuk perjalanan luar kota. Mesinnya pasti bakal ‘ngos-ngosan’ apabila dipacu dalam kecepatan tinggi secara terus-menerus.

Harga Ayla Bekas Tetap Tinggi

Setelah membahas soal harga New Ayla beserta fitur unggulannya, kini kita perlu membahas soal harga bekasnya. Sebagai salah satu city car terlaris, harga jual kembali Ayla masih cukup tinggi. Depresiasi dari city car terlaris Daihatsu ini terbilang rendah.

Dipantau dari listing Carmudi, harga Daihatsu Ayla bekas untuk keluaran tahun 2019 berkisar antara Rp84 – 140 juta untuk tipe R. Depresiasi sangat kecil, mulai Rp7,85 juta untuk setahun pemakaian.

Sementara untuk Ayla 2018, harga pasarannya berkisar antara Rp82,5 – 135 juta untuk yang termahal. Tentu kondisi unit untuk pemakaian pribadi dalam dua tahun pada umumnya bisa dibilang cukup baik.

Carmudian pun bisa berburu unit Ayla bekas tahun muda untuk mendapat unit dengan harga lebih terjangkau. Namun, dengan nilai depresiasi yang kecil, tidak ada salahnya untuk membeli unit yang baru bila ingin memiliki Ayla dengan desain lebih fresh.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Simak 5 Kekurangan Daihatsu Sigra Sebelum Kamu Membelinya

Previous post
Perawatan Mobil di Rumah Sambil Nunggu Buka Puasa
Next post
Infografis: Titik Pemeriksaan Larangan Mudik