Mobil

Siapkan Mental, Segini Harga Nissan Silvia S15 Bekas di Pasaran

Nissan Silvia dengan kode bodi S15 memang menjadi salah satu mobil incaran bagi penggemar mobil tua, tetapi sayangnya harga mobil tersebut tidaklah murah.

Nama Nissan Silvia bagi penggemar mobil dianggap sebagai salah satu mobil Japanese Domestic Market (JDM) yang ikonik. Hal tersebut dikarenakan bodi dari sedan dua pintu ini mudah dimodifikasi dan diberkati tenaga mesin mumpuni.

Nggak heran kalau Nissan Silvia ini juga sering dijadikan kendaraan untuk olahraga drifting. Tak cuma itu, pada beberapa konsol game mobil ini juga menjadi incaran para gamers.

Dari sekian banyak generasi, mengapa Nissan Silvia S15 yang menjadi favorit? Apa alasannya mereka memburu mobil satu ini?

Sejarah Nissan Silvia S15

Secara silsilah, Silvia hadir selama tujuh generasi yang produksi pertamanya dimulai pada tahun 1965.

  • Nissan Silvia Gen 1 – CSP311

Di tahun 1965, Nissan memperkenalkan generasi pertama dari Silvia yang lahir dengan kode bodi CSP311. Mobil tersebut memiliki basis yang diambil dari Fairlady SP311, sehingga kode bodinya pun sama.

Menariknya, di tahun 1962 Nissan menggaet Albrecht Goertz, desainer yang sebelumnya bekerja untuk BMW. Di tahun itu ia melihat ada potensi besar dari pabrikan otomotif asal Jepang untuk bisa menyaingi merek Eropa.

harga nissan silvia s15

Ia pun lalu diminta untuk mendesain sebuah mobil bersama dengan desainer Nissan bernama Kazuo Kimura. Hingga di tahun 1964 Nissan Silvia CSP311 diperkenalkan secara resmi di ajang Tokyo Motor Show.

Kala itu Nissan masih memakai nama Datsun Coupe 1500. Mobil tersebut dibekali mesin R Series berkapasitas 1.600 cc bertenaga 96 hp.

Mesinnya memakai karburator Twin SU. Uniknya, generasi pertama ini hanya berhasil diproduksi sebanyak 554 unit saja.

Oiya, sebanyak 59 unit diimpor ke luar Jepang seperti 49 unit dikirimkan ke Australia dan 10 unit lainnya dikirim ke negara lain. Wajar kalau generasi pertama ini jarang terlihat.

  • Nissan Silvia Gen 2 – S10

Kemudian di tahun 1975 Nissan memperkenakan generasi kedua dari Silvia dengan kode bodi S10. Ini merupakan Nissan Silvia yang pertama kalinya diproduksi secara masal hingga tahun 1979.

harga nissan silvia s15

Secara tampilan Nissan Silvia S10 ini punya desain yang agak aneh, terutama di bagian belakang. Nissan Silvia S10 dibangun di atas platform S-Chassis yang dinilai serba baru dan modern.

Mesinnya berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder yang juga digunakan oleh Datsun 610 atau Bluebird 180 B.

  • Nissan Silvia Gen 3 – S110

Lalu pada tahun 1979 Nissan memperkenalkan Silvia generasi ketiga dengan kode chasis S110. Mobil tersebut menggunakan chasis yang sama dengan Mazda Cosmo.

Dibalik kap, Silvia S110 dibekali mesin Z-Series berteknologi turbocharge dan injeksi. Tenaganya diprediksi mencapai 133 hp.

harga nissan silvia s15

Pada generasi ini banyak masyarakat yang mulai mengenal nama Silvia. Terlebih di tahun 1983 dan 1985 mobil tersebut menyabet gelar juara di ajang reli.

  • Nissan Silvia Gen 4 – S12

Di tahun 1983, Nissan memberi penyegaran dengan melahirkan Silvia generasi keempat dengan kode bodi S12. Secara desain, tampilan mobil ini terlihat mirip dengan Toyota Corolla Levin.

Soal mesin, Nissan menawarkan 2 pilihan mesin yang terdiri dari 1.800 cc, SOHC dan 2.000 cc, DOHC dengan opsional turbo.

Tenaga mesinnya pun cukup besar mencapai 169 hp dengan torsi 212 Nm yang dijual dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Uniknya, Nissan membuat Silvia generasi keempat ini menjadi terlihat berbeda dengan penggunaan lampu depan model pop-up, atau bisa membuka dan menutup.

  • Nissan Silvia Gen 5 – S13

Memasuki tahun 1988, Nissan memperkenalkan generasi kelima dengan kode bodi S13. Ketika diluncurkan, mobil tersebut bahkan langsung menyabet gelar Car of The Year Japan Award.

Jika di Jepang mobil ini disebut dengan kode bodi Silvia S13, maka di Eropa mobil ini punya sebutan sebagai Nissan 200SX. Lampu depan dari mobil ini tak lagi menggunakan model pop-up, melainkan konvensional dengan projector sebagai opsional.

Uniknya, Nissan Silvia S13 ini menjadi mobil pertama yang memakai suspensi belakang multi-link ala Nissan. Nggak cuma itu, mobil ini juga punya fitur four wheel steering dengan nama HICAS-II.

Untuk mesin, awalnya S13 dibekali dengan mesin CA18DE dan CA18DET. Kemudian mesin tersebut digantikan dengan SR20DE dan SR20DET dengan tenaga yang makin berlimpah.

  • Nissan Silvia Gen 6 – S14

Selanjutnya ada generasi keenam dari Nissan Silvia dengan kode bodi S14. Mobil tersebut pertama kali dikenalkan ke publik pada 1999 silam.

Jika sebelumnya mengusung desain yang boxy atau mengotak, maka di generasi ini Silvia hadir dengan lekuk bodi halus. Hal ini membuat tampilannya terlihat lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

Mesin yang digunakan pada Silvia ini pun juga baru. Di generasi ini Nissan menghadirkan variable valve timing system (VTC), intake camshaft, dan turbo yang lebih besar.

Hal ini membuat performa mesinnya pun juga jadi lebih buas, mencapai 270 hp. Kala itu Nissan menawarkan S14 dengan tipe Nismo 270R, dan Autech Version K’s MF-T.

  • Nissan Silvia Gen 7 – S15

Sementara itu, ada Nissan Silvia dengan kode bodi S15 menjadi mobil generasi ketujuh atau generasi terakhir. Mobil ini pertama kali meluncur pada 1999 sampai 2.000 silam.

Bisa dibilang ini merupakan generasi Nissan Silvia yang paling mutakhir dan canggih. Nggak cuma itu aja, desainnya pun terlihat paling modern dibanding yang lainnya.

S15 hadir dengan mesin SR20DET bertenaga 247 hp dengan torsi 275 Nm. Silvia generasi ini hanya dijual di beberapa negara seperti Jepang, Australia, dan Selandia Baru.

Untuk pasar Australia, Silva hadir dalam 2 varian yang terdiri dari Spec-S dan Spec-R.

Harga Nissan Silvia S15

Jika bicara soal harga tentu saja Nissan Silvia S15 menjadi yang termahal di antara semua generasi. Model paling muda dan mesin paling bertenaga menjadi alasan utama dari harga mahal Nissan Silvia S15 tersebut.

Umumnya Nissan Silvia yang kerap ditemui di Indonesia terdiri dari S13, S14, dan S15. Ketiga generasi tersebut bahkan punya harga yang cenderung ‘gelap’.

Artinya, harga yang ditawarkan tak memiliki kisaran. Ada yang menjual terlalu murah ada juga yang menjual cukup tinggi, semua berdasarkan keinginan penjual.

harga nissan silvia s15

Harga Nissan Silvia S15. (Foto: Wikipedia)

Namun jika boleh memprediksi, kisaran harga Nissan Silvia S15 ini berkisar antara Rp300 jutaan sampai di atas Rp400 jutaan. Namun ini hanyalah prediksi kami yang bisa saja meleset dan tidak berdasarkan kepada realita.

Terkadang ada yang menawarkan harga Nissan Silvia S15 dengan murah lantaran tak memiliki surat-surat lengkap. Berbeda cerita kalau Nissan Silvia S15 tersebut surat-suratnya lengkap, tentu banderol harga akan tinggi.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts