Berita

Hyundai Santa Cruz Pikap Berpeluang Diproduksi Massal

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai, dikabarkan tengah serius memertimbangkan untuk memproduksi kendaraan berjenis pikap untuk dimasukkan ke pasar Amerika Serikat. Keputusan untuk memasuki segmen mobil pikap, setelah memerkenalkan prototipe Hyundai Santa Cruz pikap, yang mendapatkan respon positif di ajang Detroit Motor Show 2015.

Hyundai Santa Cruz Pikap

Mobil Konsep Hyundai Santa Cruz Pikap

Pertimbangan untuk Produksi Hyundai Santa Cruz Pikap

Respon yang cukup positif, ketika memerkenalkan Santa Cruz pikap di salah satu pameran otomotif bergengsi tersebut, membuat Hyundai merasa optimistis untuk memasuki segmen truk pikap di pasar Amerika Serikat. Optimisme itu diungkapkan sendiri oleh direktur R&D, Park Byung-Cheol. Meski begitu, halangan akan datang dari para pemain lawas di segmen ini, termasuk the Detroit Three yaitu Ford, General Motors, dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Hyundai Santa Cruz Pikap

Mobil Konsep Hyundai Santa Cruz Pikap

Sementara itu, rumor mengenai rencana pengembangan truk pikap yang dilakukan oleh Hyundai dan Kia, sudah mencuat selama beberapa tahun terakhir ini. Pabrikan asal Negeri Ginseng itu mengatakan sudah pernah mendekati Chrysler pada 2010, untuk membicarakan mengenai potensi kerja sama untuk merek Ram. Sedangkan pada 2013 lalu, pendekatan secara eksekutif sudah dilakukan dan pengembangan truk pikap sedang dipelajari secara detil, tapi Hyundai masih menunda untuk memerkenalkannya.

Hyundai Santa Cruz Pikap, Perpaduan Crossover dan Truk Pikap

Hyundai mengklaim kalau Santa Cruz pikap konsep di desain setelah mereka mendapatkan masukan dari publik. Pabrikan asal Korea Selatan itu bersedia mendengarkan apa yang diinginkan oleh konsumen, yang menginginkan sebuah kendaraan perpaduan antara crossover dan truk pikap, yang mampu membawa banyak barang.

Hyundai Santa Cruz Pikap

Mobil Konsep Hyundai Santa Cruz Pikap

Namun, Hyundai mengatakan kalau mereka masih harus bisa mengatasi kekurangan yang ada sebelum mobil konsep tersebut menjadi model produksi. Model gril hexagonal dan pelek berbahan alloy yang disematkan pada Hyundai Santa Cruz pikap, dikatakan menjadi perhatian utama untuk dirombak. Keduanya dianggap kurang menarik perhatian calon konsumen, setidaknya untuk pasar Amerika Serikat.

Selain itu, Hyundai dikabarkan ingin mengembangkan kapasitas pabrik perakitannya di Negeri Paman Sam tersebut, yang akan meningkatkan produksi kendaraan-kendaraan berjenis SUV, di antaranya Hyundai Santa Fe. Jika segala sesuatunya memungkinkan, maka para konsumen tinggal menunggu realisasi dari Hyundai. Kehadiran Hyundai Santa Cruz pikap dipastikan akan semakin memanaskan persaingan untuk segmen truk pikap di Amerika Serikat.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts