Berita Mobil Modifikasi Sumber informasi

Ikonik, Ini Nasib Mobil Filosofi Kopi Sekarang

filosofi kopi

Mobil Filosofi Kopi kini terparkir dan hanya digunakan pada event tertentu. (Foto: carmudi.co.id)

Jakarta – Siapa yang tidak tahu dengan film Filosofi Kopi 2 besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko? Penggemar foodtruck mungkin akan sangat familiar dengan mobil ikonik tersebut. Mobil yang digunakan Ben dan Jody untuk mewujudkan obsesi mereka keliling Indonesia dalam menyajikan kopi terbaik. Ya, Volkswagen Combi Brazil 1981 yang disulap menjadi minibus tingkat adalah jawabannya.

Bagi para penggemar film hasil adaptasi novel karya Dewi “Dee” Lestari tersebut, menyisakan pertanyaan di mana sekarang mobil itu berada? Tidak sulit bagi tim Carmudi untuk menemukannya.

VW Combi Brazil tahun 1981 hasil modifikasi tersebut ditemukan nganggur di bengkel cafe Carburator Spring Automotive milik Bingky di wilayah Bintaro. Mobil ikonik tersebut diakui bukan hasil karya sang pemilik bengkel tapi hanya dititipi saja.

“Iya, itu yang ada di film,” terang Bingky. “Tapi itu hasil builder dari Bandung,” lanjutnya yang enggan menyebutkan nama builder sesungguhnya.

Telah Mengalami Renovasi

Meskipun bukan hasil karyanya, Bingky tahu banyak seputar proses pembuatannya. Pria berambut gondrong dan nyentrik itu menjelaskan beberapa proses building VW Combi Brazil 1981 tersebut.

“Sebenarnya cuma ditambahkan bodi VW Combi lagi saja di atasnya. Tapi ada hal lain yang harus disesuaikan,” ujarnya. “Misal, ground clearance-nya harus direndahkan lagi agar tidak limbung karena dimensinya yang jauh jadi lebih tinggi ke atas.”

Bingky juga sempat mengatakan mobil Filosofi Kopi ini sempat direnovasi di bagian kaki-kakinya agar lebih kuat karena secara teknis mengangkut dua bodi. Bukan itu saja, bagian eksteriornya pun disebut telah dicat ulang dua kali untuk kebutuhan shooting.

“Sebelum film itu, mobil ini dipakai untuk iklan TV. Jadi sebelum dia main film, dicat lagi agar sesuai dengan tema Filosofi Kopi.”

Ditemani Dua Mobil Kembar Lainnya

Mobil tingkat tersebut nyatanya tidak sendirian, pasalnya armada kedai kopi keliling Filosofi Kopi masih ada dua lagi tapi berbeda bentuk. Masih di tempat yang sama, bengkel cafe yang juga bengkel motor custom Biker’s Station itu menyimpan VW Combi Filosofi Kopi pikap kabin ganda dan minibus custom ‘double panjang’ atau Limousine.

“Kalau pikap itu full ori VW Dakota, tidak ada modifikasi. Biasanya dipakai buat perform musik. Kalo yang panjang itu hasil custom saya sendiri,” Bingky menerangkan seraya menjelaskan kesulitannya memodifikasi VW dengan panjang total 6 meter tersebut.

“Ini dari dua VW Dakota saya jadikan satu. Saya jamin pengerjaan minibus ini jauh lebih sulit daripada yang tingkat,” pungkasnya. Kedua mobil Filosofi Kopi tersebut memang sengaja dibuat untuk memenuhi kontrak bisnis.

filosofi kopi

VW Combi Dakota super panjang hasil karya Bingky. (Foto: carmudi.co.id).

Sebagai informasi, Rio Dewanto yang bermitra dengan sutradara Angga Dwimas Sasongko, Chicco, dan produser film Handoko Heryono Hendroyono mendirikan usaha patungan bernama PT. Filosofi Kopi Mandiri.

Perusahaan ini menaungi Kedai Filosofi Kopi dan Kopikini.com, sebuah portal berita tentang kopi. Angga duduk sebagai Direktur Pengelola, dan Handoko menjabat sebagai Creative Director. (dol)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts

Comments are closed.

/