HomeBeritaIndonesia Jadi Negara Kedua yang Meluncurkan Kia Sonet

Indonesia Jadi Negara Kedua yang Meluncurkan Kia Sonet

Kia Sonet Indonesia
Kia Sonet resmi meluncur di Indonesia (Foto: Youtube/Kia Indonesia)

Jakarta – Indonesia tercatat sebagai negara kedua yang diberi kepercayaan oleh Kia untuk memasarkan Sonet.

Sebelumnya Kia Sonet telah hadir terlebih dahulu untuk pertama kalinya di dunia di India pada Agustus 2020. Siapa sangka, kehadirannya mendapat sambutan positif dari konsumen di sana.

“Indonesia boleh bangga, karena menjadi negara kedua setelah India yang meluncurkan Kia Sonet. Jadi memang Indonesia lumayan hebat,” ungkap Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha (KIA), saat acara peluncuran, Rabu (11/11/2020).

Tak cuma jadi yang kedua, Indonesia juga diklaim sebagai negara pertama yang menggunakan mesin baru 1.5L Gamma II Smartstream Engine yang sudah tersemat pada Kia Sonet.

Mesin tersebut berkapasitas 1.493 cc empat silinder dengan kemampuan mengeluarkan tenaga sekuat 113 hp dan torsi puncak 144 Nm. Mesin disandingkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear.

Kia Sonet Indonesia
Setelah India Kia Sonet hadir di Indonesia (Foto: KIA)

Kia Sonet telah membuka kelas baru di Indonesia sebagai SUV kompak dengan kemampuan menampung hingga lima orang penumpang di dalam kabin.

Sonet diposisikan berada tepat dibawah Kia Seltos yang telah lebih dahulu meluncur di Tanah Air awal tahun ini.

Soal dimensi sudah sangat jelas bila Kia Sonet punya ukuran yang sidikit lebih kecil dibandingkan Seltos. Panjang keseluruhan bodinya mencapai 4.120 mm, lebar 1.790, tinggi 1.642, dan jarak sumbu roda 2.500 mm. Sedangkan Seltos punya panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.645 mm.

“Kami menyiapkan Kia Sonet sebagai SUV Kompak yang akan menjadi tolak ukur baru, baik dalam desain, pengalaman berkendara dan teknologi. Serta dengan banyak fitur baru di segmen ini untuk pertama kalinya,” kata Artur Martins, Head of Global Brand and Customer Experience dari Kia Global Headquarters.

Kia Sonet
Kia Sonet (Foto: KIA)

Harga Kia Sonet

Kia Sonet sudah tersedia di seluruh diler resmi KIA dengan penawaran lima varian dan dua pilihan transmisi yang dibanderol dengan harga (On The Road/OTR DKI Jakarta) cukup kompetitif.

  • Sonet 1.5 iVT Premiere Rp289 juta
  • Sonet 1.5 iVT Dynamic Rp265juta
  • Sonet 1.5 iVT Smart Rp251,5 juta
  • Sonet 1.5 M/T Smart Rp238,5 juta
  • Sonet 1.5 M/T Active Rp204,5 juta
  • Sonet 1.5 M/T Standard Rp193 juta

Sonet juga tersedia dalam 6 pilihan seperti Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Steel Silver, Intense Red, Intelligency Blue, dan Beige Gold.

Sonet
Interior Kia Sonet yang dijual di Indonesia (Foto: KIA)

PT KIA selalu berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna mobil Kia melalui jaringan aftersales service dan ketersediaan suku cadang.

“Sesuai dengan komitmen di awal tahun 2020, meskipun kita dihempaskan oleh situasi pandemi ini, PT KIA akan memiliki 38 jaringan 2S dan 3S di seluruh indonesia. Selain itu akan terus berencana untuk mengembangakan jaringannya tahun depan,” pungkas Andrew.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Segera Meluncur di Indonesia, Kia Sonet Mulai Menggoda

modifikasi honda scoopy
Previous post
All New Honda Scoopy Tambah Fitur Tapi Masih Pakai Mesin 110cc
Next post
Harga Vespa GTV Sei Giorni II Edition, Tambah Rp15 Juta Dapat Honda Brio E CVT