HomeSepeda motorIni Kisaran Harga BMW R18 Classic yang Bakal Meluncur di Indonesia

Ini Kisaran Harga BMW R18 Classic yang Bakal Meluncur di Indonesia

BMW r18 classic
BMW R18 Classic resmi diperkenalkan. (Foto: BMW Motorrad)

Jakarta – BMW Motorrad merilis BMW R18 Classic beberapa waktu lalu di Jerman. Motor yang mengisi segmen cruiser ini kabarnya juga akan segera menyapa para pecintanya di Indonesia.

Sebenarnya motor baru yang punya desain jadul ini sama seperti BMW R18 tipe standar. Perbedaannya dibuat dengan aura dari BMW R5 keluaran 1936.

BMW R18 Classic ini punya perbedaan di beberapa bagian. Misalnya seperti bekalan windshield besar ala motor patroli polisi.

Ada juga dua buah lampu tambahan yang dipasang di sebelah lampu utama. Kalau dilihat dari depan, motor ini memang memiliki tampilan motor cruiser sejati yang sering dipakai touring.

BMW r18 classic
Lampu depan ditemani 2 buah lampu kabut tambahan. (Foto: BMW Motorrad)

Tampilan lain yang membedakan adalah bagian joknya. Kalau BMW R18 standar punya jok yang kecil, sedangkan versi classic ini joknya dibuat lebih besar dan lebar.

Di bagian atas knalpot dipasangkan tas samping atau side pannier untuk membawa barang. Uniknya lagi, jok bagian belakang bisa dilepas agar lebih leluasa saat berkendara sendirian.

Karena mengusung opsi yang lebih besar dan banyak, maka bebannya pun berbeda. BMW R18 standar lebih ringan 22 kg dibanding motor cruiser modern ala jadul ini.

Sebab lainnya adalah karena kaki-kaki antara kedua motor tersebut berbeda. Jika versi classic pakai pelek 16 inci, maka R18 standar memakai pelek 19 inci yang jauh lebih besar.

BMW r18 classic
Di sisi samping terdapat pannier berbahan kulit. (Foto: BMW Motorrad)

Perbedaan lainnya adalah knalpot. Knalpot R18 Classic dibuat lebih lurus. Sedangkan tipe standar dibuat seperti bentuk perut ikan yang sedikit menggembung.

Bagian mesin sama sekali tidak ada perbedaan. Mesinnya memakai mesin boxer 1.800 cc, 2 silinder, OHV bertenaga 91 hp dengan torsi 117 Nm.

Harga BMW R18 Classic

Di Jerman sepeda motor ini dijual dengan harga 22.225 Euro atau setara dengan Rp386,5 jutaan. Sayangnya, lantaran belum dijual resmi di Indonesia maka belum ada harga pasti sepeda motor ini.

Namun harga BMW R18 Classic diprediksi jauh lebih mahal dibandingkan harga jual di negara asalnya.

Tertarik membeli sepeda motor yang punya desain keren unik ini?

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Rayakan 40 Tahun Kiprah GS, BMW Motorrad Rilis Edisi Spesial

Previous post
Waspadai Titik-Titik Kemacetan Saat Cuti Bersama Besok
Nissan Buka Lowongan
Next post
Pabrik di Indonesia Tutup, Nissan Thailand Malah Buka Lowongan Kerja