Home » Berita » New Isuzu MU-X Ada Pilihan 4×4, Bisakah Bersaing dengan Pajero Sport dan Fortuner?

New Isuzu MU-X Ada Pilihan 4×4, Bisakah Bersaing dengan Pajero Sport dan Fortuner?

Jakarta – Lama tak eksis di pasar SUV diesel Tanah Air, PT Isuzu Astra Motor Indonesia berusaha mengejar ketinggalannya dengan menyegarkan Isuzu MU-X. Kini disebut New Isuzu MU-X 2017, SUV diesel ladder-frame kembaran Chevrolet Trailblazer ini dapat penyegara eksterior, interior dan fitur.

Dari luar, ubahan yang diterima mengambil acuan Isuzu MU-X versi Thailand. Lampu depan kini menggunakan sumber Bi-LED alias LED untuk lampu dekat dan jauh, juga DRL yang terintegrasi di dalam batok headlights. Desain bumper dan kap mesin diperbarui sehingga dikatakan lebih impact friendly ke pejalan kaki.

Desain velg pun berganti dibanding sebelumnya menggunakan diameter 17 inci. Kini lebih besar 1 inci untuk varian Premiere dan bahkan 20 inci untuk varian New MU-X Royale.

Dari belakang, desain bumper menjadi sedikit lebih agresif, ada spoiler baru dan lampu kecilnya kini dibuat LED. Oh iya, warna eksterior coklat sebelumnya kini juga diperbarui menjadi Havana Brown yang sedikit lebih gelap.

Ubahan di dalam mengutamakan improvement NVH (Noise Vibration Harshness) karena dikatakan kabin kini lebih senyap 19 persen dibanding sebelumnya. MID di tengah instrument cluster pun dibuat lebih atraktif.

Namun yang terpenting, pemakaian material interior ditingkatkan dengan bahan soft touch dan leather pad di bagian kiri dasbor. Yang menarik, di antara panel kayu barunya kini terdapat logo mini “MU-X” menunjukkan bahwa Isuzu di segmen komersial pun bisa memberi detail yang baik.

Ada tambahan USB port, satu di bawah fascia tengah dan satu lagi di belakang konsol tengah untuk penumpang belakang.

Penasaran dengan varian Premiere dan Royale? Baca artikel kami selanjutnya ya.

Fitur dan Tenaga

Dari sisi keselamatan, tetap lengkap dengan dua airbag di depan, empat rem cakram dengan ABS, EBD, BA hingga TCS (Traction Control System), HSA (Hill Start Assist) dan HDC (Hill Descent Control).

Namun yang menunggu kehadiran mesin baru 1.9L Blue Power harus bersabar lebih lama lagi. Karena di bawah kap mesin kini masih digunakan mesin diesel 4JK1-TC Hi-Power 4-silinder segaris.

Bersama teknlogi common-rail direct injection dan intercooled Variable Geometry System Turbocharger (VGS). Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 134 hp di 3.400 rpm dan torsi 320 Nm di 1.800-2.800 rpm alias yang paling rendah di kelasnya.

Bagi yang ingin menggunakannya di medan yang sedikit lebih ekstrem, kali ini tersedia juga pilihan berpenggerak roda empat alias Isuzu New MU-X 2.5L M/T 4×4.

Sayangnya, tampilan varian penjelajah setiap medan ini justru tidak mendapat ubahan kosmetik yang didapat saudara berpenggerak roda belakangnya. New Isuzu MU-X 4×4 hadir dengan mesin 4JK1-TC, sama dengan New Isuzu MU-X 4×2. Namun hanya tersedia dalam opsi transmisi manual 5-percepatan saja.

Untungnya sama dengan para pesaingnya, pemindah penggerak roda sudah dalam bentuk kenop. Cukup diputar dengan opsi mode 2H untuk penggerak roda belakang saja, 4H untuk penggerak empat roda hingga 4L alias low gear untuk kondisi menanjak atau menurun yang ekstrem di medan off-road.

Tidak ada differential lock manual, namun sudah ada fitur HDC (Hill Descent Control), HSA (Hill Start Assist). Serta TCS (Traction Control System) seperti di varian New Isuzu MU-X 4×2 juga.

Soal harga, PT Isuzu Astra Motor Indonesia belum merilis angka final. Namun harga pre-facelift memang masih ada di bawah All New Mitsubishi Pajero Sport Detail Dakar 4×2 dan All New Toyota Fortuner VRZ 4×2. Detailnya, tunggu pengumuman resminya di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017.

Toyota Kijang
Previous post
Awal Mula Toyota Kijang Buaya Hingga Jadi Innova (Bagian Pertama)
Toyota Kijang
Next post
Awal Mula Toyota Kijang Buaya Hingga Jadi Innova (Bagian Kedua)