BeritaMobil

Kaum Milenial Target Pembeli Honda PCX Hybrid di Indonesia

Harga Honda PCX Hybrid sekitar Rp40 jutaan (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Sepeda motor dengan teknologi hybrid untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia di bawa oleh PT Astra Honda Motor (AHM) lewat produknya yang diberi nama PCX Hybrid. Sebelum masuk ke Indonesia PCX Hybrid pertama kali meluncur di dunia tahun lalu di pameran otomotif Tokyo Motor Show di Jepang.

Rencannya skuter matik (skutik) berbadan bongsor itu mulai dipasarkan sekaligus diproduksi secara lokal di Sunter, Jakarta Utara pada semester dua tahun ini. Sayangnya AHM tidak bisa mengungkapkan seberapa besar penerimaan pasar terhadap skutik tersebut. Sebab ketika dihadirkan pertengahan bulan lalu perusahaan belum melakukan survey secara langsung ke konsumen.

Namun berhubung PCX Hybrid merupakan skutik yang memiliki teknologi diatas sepeda motor standar, maka target pasarnya adalah kaum milenial. Dimana yang mengedepankan teknologi terbaru pada sebuah roda dua.

“Tergetnya ya orang yang suka teknologi tinggi saja. Kita melihat ada konsumen-konsumen yang suka dengan high advance technology. Kalau dari segi usia mugkin bisa semua usia, milenial kan juga suka teknologi baru,” ujar Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya.

Terkait target penjualan, Thomas mengatakan bahwa saat ini pihaknya ingin menunjukkan sebuah teknologi terbaru yang ada di produk Honda. Jadi lanjut dia tujuan menghadirkan PCX Hybrid utamanya bukan ke arah besar atau kecilnya penjualan.

“Kita tidak menargetkan dan fokus pada target penjualan sih, karena kita ingin mencoba era baru, teknologi baru, kita lihat pasarnya seperti apa,” terang Thomas.

Sama seperti mobil, Honda PCX berteknologi hybrid tidak memerlukan infrastruktur khusus. Sebab untuk mengisi daya baterai yang dibutuhkan hanya menyalakan mesin saja.

Bila mesin menyala secara otomatis baterai yang kosong akan dialiri oleh arus listrik untuk mengisi daya.

“Teknologi hybrid ini punya dua sistem power, kedua ini yang sudah irit akan menjadi sedikit lebih irit. Konsumen akan merasakan sensasi power di tarikan awal,” papar Thomas.

Spesifikasi Honda PCX Hybrid

Honda PCX Hybrid semakin canggih dengan adanya mode berkendara yang berada di stang sebelah kiri. Setidaknya ada tiga mode pilihan berkendara dengan fungsi yang berbeda-beda.

Huruf D untuk pengendara yang ingin merasakan performa bertenaga namun hemat bahan bakar. Huruf S merupakan sport mode untuk pengendara yang ingin merasakan akselerasi lebih responsif. Sedangakan mode idling, pengendara dapat menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (performa tenaga sama seperti mode D).

Honda PCX Hybrid dibekali mesin tipe 4 stroke, SOHC, PGM-FI, Liquid Cooled, ESP, berkapasitas 149.3 cc. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 14,7 ps pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13.2 pada 6.500 rpm.

Skutik premium ini memiliki kapasitas tanki bahan bakar 8 liter. Kaki-kaki PCX Hybrid menggunakan suspensi telescopic and twin di depan, sedangkan bagian belakang twin.

Roda depannya berukuran 100/80-14M/C, belakang 120/70-4M/C tubeless. Soal sistem pengereman di roda depan depan Honda telah menyematkan disc brake dengan anti-lock braking system (ABS) untuk pengereman yang maksimal dan belakang menggunakan disc barke.

Honda PCX Hybrid akan dipasarkan dengan kisaran harga yang sangat kompetitif yakni sekira Rp40 Juta-an.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts