Berita Mobil Sumber informasi

Kenapa Honda Brio Dikembangkan di Thailand Bukan di Indonesia?

kenaikan harga honda brio

All New Honda Brio (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Dari mobil versi konsep kemudian berkembang menjadi mobil siap untuk diproduksi butuh proses dan tahapan panjang. Seperti yang dilakukan oleh Honda dalam melakukan pengembangan terhadap All New Brio.

Honda melalui divisi penelitian dan pengembangan atau Honda Research and Development (R&D) Asia Pacific Co, Ltd (HRAP) mulai mengembangkan Honda Brio generasi ke-2 di wilayah Asia & Oceania pada 2018.

Sebelum menentukan dimensi maupun bentuk mobil, tim R&D melakukan survei pasar terlebih dahulu di beberapa kota besar dan daerah pedesaan.

Tujuannya untuk mendapatkan lebih banyak masukan dan memahami kebutuhan konsumen, demi menciptakan mobil dengan desain dan fungsi yang ramah pengguna. Di samping itu supaya sesuai dengan kondisi lalu lintas di beberapa negara.

Tahap akhir dari pengembangan All New Brio dilakukan di Honda R&D Asia Pacific Prachinburi proving ground, berlokasi di Thailand. Penelitian dan pengembangan All New Brio lebih banyak dilakukan di Thailand bukan di Indonesia.

Kenapa Honda Brio Dikembangkan di Thailand? Menurut Honda, fasilitas yang ada di Negeri Gajah Putih sudah sangat lengkap, berbeda dengan Honda R&D di Indonesia.

“Perlu diketahui bahwa Honda R&D Asia Pacific untuk Asia ini adanya di Thailand, termasuk untuk Indonesia juga. Untuk pengembangan model itu memang lokasinya di Thailand. Di Indonesia ada juga Honda R&D, tapi untuk saat ini itu hanya untuk digunakan sebagai tolak ukur dalam peningkatan daripada part atau namanya tingkatan kandungan lokal. Jadi belum mempunyai kemampuan untuk melakukan pengembangan mobil secara menyeluruh,” ujar Tsutomu Harano, Development Leader Honda R&D Asia Pacific Co. Ltd, baru-baru ini.

Sampai sekarang, lanjut dia, Honda belum terpikir untuk membuat lokasi R&D seperti yang ada di Thailand ke Indonesia. “Tapi untuk Honda R&D Asia Pacific itu memang adanya di Thailand,” terang Harano.

Hasil penelitian dan pengembangan tim Honda, terciptalah All New Honda Brio yang diyakini dapat memenuhi kebutuhan pembeli mobil pertama dan keluarga di kota-kota kecil. Honda berkomitmen mengembangkan kendaraan terbaik di segmen ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Honda Brio Dikembangkan di Thailand, Sejak Kapan Honda R&D Asia Pacific Prachinburi Proving Ground Dibuka?

Honda R&D Asia Pacific Prachinburi Proving Ground di Thailand, resmi dibuka pada Juli 2017. Di lokasi tersebut terdapat berbagai fasilitas untuk menguji mobil, salah satunya proving ground.

Fasilitas satu ini berdiri di atas lahan seluas 800.000 meter persegi dengan delapan trek berbeda untuk menguji kendaraan. Bila ditotal, panjang trek sekira 8 kilometer. Pembangunan fasilitas proving ground menelan biaya sangat besar yaitu 1,7 miliar baht (Rp676 miliar). (dna)

Honda Research and Development (R&D) Asia Pacific (Foto: Paultan)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/