Serbuan Model City Car di Pasar Indonesia 2017
Jakarta – Tahun 2017 diwarnai dengan parade city car berbagai merek yang meramaikan pasar kendaraan roda empat di Tanah Air. Meski para pemerhati pasar memprediksi bahwa model MPV masih merupakan model populer dan terlaris tahun ini.
Karakter simpel dan lincah membuat kendaraan city car masih diminati konsumen. Apalagi yang banyak beraktifitas di perkotaan dengan kondisi macet yang melelahkan. City car masih dianggap sebagai solusi mobilitas kaum urban.
Berikut adalah lima model city car yang cukup mencuri perhatian di tahun 2017 ini :
Isi Konten
1. Honda Brio
Bentuknya yang kompak menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen. Honda sengaja membuat desain mobil ini minimalis namun terlihat atraktif.
Aura sportinya tercermin dari desain headlight multireflektor 3 dimensi yang lumayan lebar sehingga mampu memancarkan cahaya maksimal saat berkendara malam hari. Bagian grill depan, mempunyai karakter agresif lewat frame yang berbentuk sabuk dengan sentuhan warna krom.
Sementara bagian tengah frame dilengkapi dengan emblem logo Honda dan terlihat ekslusif. Pada foglamp Honda Brio (kecuali tipe Brio Satya), didesain tanpa ada bingkai.
Bagian belakang Honda Brio kali ini dilengkapi dengan rear wiper seperti mobil modern. Juga terdapat chrome bumper garnish membuat tampilan belakang terlihat lebih mewah.
Sedangkan untuk stop lamp Honda Brio, penempatan lampu rem yang diletakkan di sudut luar kendaraan semakin menambah citra sporty untuk tampilan body belakang.
Dilengkapi dengan spoiler berdesain tail gate yang penuh gaya. Pantas bila mobil ini masih laris, apalagi di line up Honda mobil ini mempunyai kontribusi besar di penjualan.
Baca juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Honda Brio RS
Spesifikasi Honda Brio
TIPE MESIN | 1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW |
KAPASITAS SILINDER | 1198 cc |
SITEM BAHAN BAKAR | Fuel Injection |
JENIS BAHAN BAKAR | Bensin |
TENAGA MAKSIMAL | 88 PS/6.000 rpm |
TORSI MAKSIMAL | 109 Nm/4.500 rpm |
TRANSMISI | Manual / Automatic 5-speed |
STANDAR EMISI | EURO 4 |
DIMENSI PxLxT | 3.610 x 1.680 x 1.485 mm |
JARAK POROS RODA | 2.345 mm |
KAPASITAS PENUMPANG | 5 Orang |
SUSPENSI DEPAN – BELAKANG | MacPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam |
BAN | 175 / 65 R14 |
VELG | Steel Wheel 14” |
VELG/BAN | Alloy Wheel 165 / 60 R14 |
2. Kia Picanto Facelift 2017
Parade city car berikutnya diisi oleh Kia Picanto facelift 2017. Didesain agar lincah meliuk di jalan perkotaan, city car dari pabrikan asal Korea ini punya bentuk mungil serta minimalis. Cocok untuk dimiliki pengemudi wanita dan juga para lelaki aktif yang punya mobilitas tinggi.
Kia Picanto facelift hadir dengan konsep yang lebih elegan dan sporty. Grill dengan ukuran kecil dengan ornamen red line di bagian pinggirnya menghiasi wajah Picanto baru. Sementara di bagian buritan, city car ini sudah mengadopsi tailgate yang bentuknya cukup futuristik.
Belum lagi model spoiler sebagai dudukan lampu stop menambah kental aura sporty dari Kia Picanto facelift 2017.
Melangkah masuk ke ruang kabin, desain interior Kia Picanto facelift yang mungil tetap menawarkan kenyamanan untuk 4 penumpangnya. Penggunaan material berkualitas menjamin rasa nyaman tersebut.
Bentuk dashboard futuristik dan mudah diakses dalam mengaktifkan fitur-fitur yang dimuatnya, membuat mobil city car ini sedikit unggul dibanding kompetitor di kelasnya.
Baca juga: Melihat Kia New Picanto yang “Hidup Segan Mati Tak Mau”
Performa mesin 1.200 cc yang ditanam di Picanto facelift 2017 juga tidak bisa dianggap enteng. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 87 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 12.3 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.
Urusan harga jual, Kia Picanto ini menjadi sangat kompetitif karena berbanderol harga tidak sampai Rp 200 juta, kecuali untuk tipe Platinum yang dijual dengan harga Rp 205 juta.
Spesifikasi Kia Picanto facelift 2017
TIPE MESIN | 1.2 L Dual CVVT DOHC |
KAPASITAS | 1.248 cc |
TENAGA MAKSIMUM | 87 / 6.000 rpm |
TORSI MAKSIMUM | 12.3 / 4.000 rpm |
TRANSMISI | 4 Speed Automatic / 5 Kecepatan M/T |
KEMUDI | Electronic Power Steering w/ Tilting |
DIMENSI P X L X T | 3595 x 1595 x 1490 mm |
JARAK PIJAK DEPAN/BELAKANG | 1455/1465 mm |
JARAK POROS RODA | 2,385 mm |
KAPASITAS PENUMPANG | 5 orang |
SUSPENSI DEPAN | Mc Pherson Strut dengan Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber |
SUSPENSI BELAKANG | Torsion Beam dengan Gas Shock Absorber |
REM DEPAN | Disc |
REM BELAKANG | Drums |
VELG/BAN | Alloy Wheel 165 / 60 R14 |
3. All New Mitsubishi Mirage
Carmudi Indonesia menjadi salah satu awak media yang beruntung menjajal keunggulan city car asal Thailand ini. Di atas kertas mobil ini punya segudang keunggulan dari para pesaingnya.
Meski perubahan Mirage lebih didominasi di sektor luarnya saja, namun secara keseluruhan versi baru city car andalan Mitsubishi ini sangat menjanjikan dan terlihat lebih sporty dibanding generasi sebelumnya.
Sasaran konsumennya juga semakin luas, kini lebih menyasar ke kawula muda yang aktif dan gaya.
Kesan sporty tersebut ditangkap dari wajah baru Mirage dengan grill desain yang baru beraksen krom menyatu dengan fog lamp yang juga tidak mau kalah dengan bentuk terbaru.
Ubahan besar yang juga sangat kelihatan adalah desain headlamp tajam dilengkapi cahaya lampu berteknologi halogen. Sementara bagian belakang dilengkapi spoiler minimalis. Cukup indah memikat setiap mata yang melihatnya.
Sekarang Carmudi Indonesia mengajak melihat bagian dalam dari Mitsubishi Mirage. Senada dengan yang ditawarkan pada Kia Picanto, Mirage pun tidak mau kalah dengan kualitas material yang digunakannya.
Malah sedikti unggul, Mirage sudah disematkan fitur instrument panel under tray dan gear shift lamp pada dashboardnya yang sanggup memberikan kemudahan ketika oper gigi dengan lampu indikator terbaru pada bagian transmisi.
Layar Multi Info Display (MID) memberikan informasi lengkap mulai dari service reminder, trip computer, serta indikator penunjuk bahan bakar.
Baca juga: Mitsubishi Mirage Baru Pakai Platform yang Sama dengan Nissan
Dapur pacu All New Mitsubishi Mirage mengusung mesin tipe DOHC MIVEC (3A92) berkapasitas silinder 1.193 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 77.5 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi 0.2 Nm pada 4.000 rpm.
Keiritan konsumsi BBM Mitsubishi Mirage didukung system injeksi berteknologi ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection). Teknologi ini tidak hanya bikin irit tetapi juga menghasilkan power lebih maksimal.
Hebatnya untuk mobil city car ini, meski merupakan kendaraan yang diimpor dari Thailand tetapi harganya hampir setara dengan kendaraan LCGC. Malah dari tiga varian All New Mitsubishi Mirage, semuanya berbanderol dibawah Rp 200 jutaan melengkapi parade city car di 2017.
Spesifikasi All New Mitsubishi Mirage
TIPE MESIN | 1.2 – liter 12-valve 3-cylinder DOHC MIVEC (3A92) |
KAPASITAS | 1,193 cc |
TORSI MAKSIMUM | 10.2 (100 Nm) / 4000 |
TENAGA MAKSIMUM | 77.5 (57 kW) /6000 |
KAPASITAS BBM | 35 L |
SISTEM SUPLAI BBM | ECI-MPI (Electronic Control Injection-Multi Point Injection) |
DIMENSI P x L x T | 3,795 x 1,665 x 1,510 mm |
KAPASITAS PENUMPANG | 4 |
JARAK SUMBU RODA | 2450 mm |
JARAK TERENDAH | 160 mm |
SUSPENSI DEPAN | MacPherson strut suspension with Coil Spring |
SUSPENSI BELAKANG | Torsion beam suspension with Coil Spring |
REM DEPAN | 13″ ventilated disc |
REM BELAKANG | 7″ leading and trailing drums |
UKURAN BAN DEPAN | 175 / 55r15 tires + 15″ Alloy wheel |
UKURAN BAN BELAKANG | 175 / 55r15 tires + 15″ Alloy wheel |
SISTEM KEMUDI | Rack and pinion with electronic power assist (Tilt column steering wheel function) |
4. Proton Iriz
Di awal tahun pasar otomotif Indonesia kembali digoyang oleh kemunculan Proton Iriz di segmen hatchback. Melihat konsepnya desain mobil mungil ini memang kurang lebih sedikit mirip dengan beberapa kendaraan seklasnya.
Namun Proton Iriz lebih terkesan memiliki karakter feminim dan pas untuk para pengguna kaum hawa. Hal ini tak lepas dari bentuknya yang cukup mungil yang menjadikan mobil ini lebih agresif dan mudah dikendalikan di tempat-tempat sempit.
Pada sisi lain, detail tampilan dari Proton Iriz sendiri bisa dibilang cukup menarik. Seperti penggunaan head lamp yang didesain menyipit tajam sudah berteknologi LED Projector.
Baca juga: Proton Pangkas Setengah Harga untuk Stok Mobil Baru yang Tak Laku
Pada Grille depan dirancang dengan lubang kisi-kisi lebih kecil dan halus semakin memperlihatkan keanggunannya. Mobil yang dibanderol mulai Rp 175,250 Juta – Rp 185.283 Juta dibagian tengah grille disematkan logo Proton dengan flat chrome.
Sedangkan pada bagian sisi samping, terlihat desain minimalis dan handle door dengan sedikit lekukan . Ada garis lembut pada pintunya yang memberikan kesan menarik.
Sementara penggunaan stop lamp LED Rear Combi Lamp mempunyai ukuran lebih besar serta melebar dari bagian spoiler hingga pada bagian tengah. Proton Iriz ini makin terlihat lebih kokoh dengan under guard tersebut.
Spesifikasi Proton Iriz
TIPE MESIN | 1.3 L, In line 4 |
KAPASITAS | 1,332 cc |
TORSI MAKSIMUM | 120Nm@4000 |
TENAGA MAKSIMUM | 70kW@5750 |
KAPASITAS BBM | 40 L |
BBM | Bensin |
DIMENSI P x L x T | 3920 x 1722 x 1554 mm |
KAPASITAS PENUMPANG | 5 penumpang |
JARAK SUMBU RODA | 2555 mm |
JARAK TERENDAH | 155 mm |
SUSPENSI DEPAN | MacPherson Strut with Stabiliser Bar |
SUSPENSI BELAKANG | Torsion Beam Axle |
REM DEPAN | Ventilated Disc, 14′ |
REM BELAKANG | LT Drum, 8′ |
UKURAN BAN DEPAN | 175/65 R14 Alloy x 5.5JJ |
UKURAN BAN BELAKANG | 175/65 R14 Alloy x 5.5JJ |
SISTEM KEMUDI | Electric Power Steering (EPS) |
5. Suzuki Ignis
Heboh soal citycar baru dari Suzuki, gaungnya memang sudah ada sejak bulan lalu. Tapi sekarang Suzuki Ignis bikin heboh lagi karena ternyata meski belum diluncurkan secara resmi, para wiraniaga sudah berani buka bukaan harga dan mulai terima pesanan.
Suzuki Ignis merupakan model anyar yang diboyong oleh Suzuki Indonesia dengan status sebagai salah satu finalis mobil terbaik dunia di kelas urban. Bahkan dari hasil uji tabrak yang dilakukan terhadap Ignis, mendapat predikat sebagai citycar paling aman dengan sertifikat bintang lima EURO NCAP.
Bermodalkan dua hal tersebut, maka pantaslah kalau Suzuki Indomobil Sales, APM resmi Suzuki di Indonesia merasa jumawa dan yakin Ignis akan jadi incaran konsumen yang menginginkan mobil perkotaan kompak dan lincah.
Menjelang peluncurannya di Tanah Air, para tenaga pemasar Suzuki memanfaatkan momentum. Mereka langsung menawarkan pemberian tanda jadi kepada konsumen yang menaruh minat pada Suzuki Ignis.
Berbekal mesin 1.200 cc, Ignis ditawarkan dalam dua tipe berbeda, GL dan GLX sebagai varian tertinggi. Sementara untuk transmisi juga ada dua, manual dan Automated Manual Transmission (AMT).
Baca juga: Test Drive Suzuki Ignis 2017 Anti Mainstream yang Layak Diperhitungkan!
Namun bukan hal tersebut yang menjadi sumber kehebohan Suzuki Ignis, melainkan harga banderolnya yang sudah duluan bocor sebelum dirilis resmi. Harga tersebut bertebaran di sosial media para tenaga pemasar Suzuki sampai dengan SMS blast yang dikirimkan.
Mereka menawarkan dengan harga yang sangat bersaing di kelasnya. Untuk Suzuki Ignis tipe GL dibanderol Rp 139,5 juta, GLX dibanderol Rp 159,5 juta dan GLX AT dibanderol Rp 169,5 juta.
Spesifikasi Suzuki Ignis
TIPE MESIN | 1.2 L |
KAPASITAS | 1,250 cc |
TORSI MAKSIMUM | 50 Nm |
TENAGA MAKSIMUM | 90PS/6.000rpm |
KAPASITAS BBM | 40 L |
BBM | Bensin |
DIMENSI P x L x T | 3700 x 1660x 1595 mm |
KAPASITAS PENUMPANG | 5 penumpang |
JARAK SUMBU RODA | 2435 mm |
JARAK TERENDAH | 180 mm |
SISTEM PENGEREMAN | ABS |
BAN | R18 |
VELG | Alloy Wheel |
JENIS BAN | Radial |
TURNING RADIUS Min | 4.7 m |
SISTEM BAHAN BAKAR | MPFI |
SUSPENSI BELAKANG | Multi-Link |
Team Carmudi Indonesia